Sabtu, 18 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hukum / Berita

TIPIKOR
Jumat, 30 Juni 2017 03:07 WIB

Sidang Kasus Korupsi Pertamina Segera Digelar


Berkas mantan Presiden Direktur (Presdir) Dana Pensiun PT Pertamina Muhammad Helmi Kamal Lubis dilimahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat

Bisnisnews.id - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta dalam waktu dekat segera menggelar sidang kasus dugaan korupsi di Pertamina yang merugikan keuangan negara lebih dari setengah triliun rupiah.

Pasalnya, berkas mantan Presiden Direktur (Presdir) Dana Pensiun PT Pertamina Muhammad Helmi Kamal Lubis sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat oleh Kejaksaan Agung, baru-baru ini.

Tersangka Muhammad Helmi Kamal Lubis, menurut Kajari Jakarta Pusat  Didik Istiyanta SH,  telah melakukan penempatan investasi dana pensiun Pertamina tanpa kajian dan  analisa sehingga menimbulkan kerugian sebesar Rp 612 miliar. Tersangka Muhammad Helmi Kamal Lubis  diduga mendapat aliran dana sebesar Rp 42 miliar.

Ditetapkannya Muhammad Helmi Kamal Lubis menjadi  tersangka  berdasarkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor: Print-02/F.2/Fd.1/01/2017 tanggal 9 Januari 2017.

Tersangka ditahan hingga 20 hari kedepan dan diduga melanggar pasal 2 (1) subsider pasal 3, kedua pasal 11, 12a, dan 12b Undang-undang (UU) tentang Tindak Pidana Korupsi.

Selain Lubis juga diduga terlibat sejumlah pejabat atau mantan di PT Pertamina. Namun kasusnya sedang dalam penyidikan tim penyidik Kejaksaan Agung. Jika berkas-berkas perkaranya sudah rampung dipastikan mereka akan duduk pula di kursi pesakitan Pengadilan Tipikor Jakarta.  (Gungde Ariwangsa)

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
DOPING
WADA Tetap Suspensi Rusia

Bisnisnews.id - Badan Anti-Doping Dunia tetap suspensi sementara Rusia pada hari Kamis (16/11/2017), meningkatkan kemungkinan larangan untuk ikut pada Olimpiade Musim Dingin Februari di Pyeongchang. Pertemuan Dewan WADA di Seoul . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 18 November 2017
LIBANON
Tuduh Saudi Tahan PM, Hariri Lakukan Perjalanan Ke Prancis

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri akan berkunjung ke Prancis dalam beberapa hari mendatang, sebuah sumber kepresidenan Prancis mengatakan pada hari Rabu (15/11/2017), setelah Beirut menuduh Arab Saudi menahannya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 17 November 2017
INFRASTRUKTUR
KEMENKEU: Tiga Sumber Pendanaan Pembangunan

Bisnisnews.id -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan sumber pembiayaan infrastruktur nasional bukan melulu bertumpu pada APBN namun juga dari BUMN dan swasta.  Diperlukan inovasi pembiayaan agar publik bisa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 17 November 2017
POLITIK
Inggris Dukung Papua Tetap Bagian NKRI

Bisnisnews.id - Pemerintah Inggris mendukung wilayah Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, di Sorong, Kamis, mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 17 November 2017
KUDETA
Sang Istri Grace, Pemicu Jatuhnya Robert Mugabe

Bisnisnews.id - Presiden tertua di dunia, Robert Mugabe akhirnya turun tahta juga setelah militer mengambil alih kekuasaan secara paksa dan langsung mengendalikan pemeritahan Zinbabwe. Sedangkan Mugabe dan keluarganya dijamin . . .
Selengkapnya