Jumat, 28 Juli 2017

Home/ Nasional / Hukum / Berita

Jumat, 30 Juni 2017 03:07 WIB

Sidang Kasus Korupsi Pertamina Segera Digelar


Berkas mantan Presiden Direktur (Presdir) Dana Pensiun PT Pertamina Muhammad Helmi Kamal Lubis dilimahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat

Bisnisnews.id - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta dalam waktu dekat segera menggelar sidang kasus dugaan korupsi di Pertamina yang merugikan keuangan negara lebih dari setengah triliun rupiah.

Pasalnya, berkas mantan Presiden Direktur (Presdir) Dana Pensiun PT Pertamina Muhammad Helmi Kamal Lubis sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat oleh Kejaksaan Agung, baru-baru ini.

Tersangka Muhammad Helmi Kamal Lubis, menurut Kajari Jakarta Pusat  Didik Istiyanta SH,  telah melakukan penempatan investasi dana pensiun Pertamina tanpa kajian dan  analisa sehingga menimbulkan kerugian sebesar Rp 612 miliar. Tersangka Muhammad Helmi Kamal Lubis  diduga mendapat aliran dana sebesar Rp 42 miliar.

Ditetapkannya Muhammad Helmi Kamal Lubis menjadi  tersangka  berdasarkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor: Print-02/F.2/Fd.1/01/2017 tanggal 9 Januari 2017.

Tersangka ditahan hingga 20 hari kedepan dan diduga melanggar pasal 2 (1) subsider pasal 3, kedua pasal 11, 12a, dan 12b Undang-undang (UU) tentang Tindak Pidana Korupsi.

Selain Lubis juga diduga terlibat sejumlah pejabat atau mantan di PT Pertamina. Namun kasusnya sedang dalam penyidikan tim penyidik Kejaksaan Agung. Jika berkas-berkas perkaranya sudah rampung dipastikan mereka akan duduk pula di kursi pesakitan Pengadilan Tipikor Jakarta.  (Gungde Ariwangsa)

Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 28 Juli 2017
LAPORAN KEUANGAN
Kinerja Dua Maskapai Alami Penurunan

Bisnisnews.id - Maskapai penerbangan Singapore Airlines (SIA) melaporkan penurunan laba bersih 8,6 persen untuk kuartal pertama tahun buku 2017-18 dibandingkan tahun lalu, katanya dalam rilis berita pada hari Kamis (27/7/2017). . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
KIM JONG NAM
Dua Tersangka Akan Mengaku Tidak Bersalah

Bisnisnews.id - Dua wanita yang dituduh meracuni saudara pemimpin Korea Utara di bandara akan mengaku tidak bersalah saat berada di pengadilan Malaysia pada hari Jumat 28 Juli, kata pengacara mereka. Warga Indonesia, Siti Aisyah . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 27 Juli 2017
HUB INTERNASIONAL
Lomba Hub Global, Bandara Singapura dan Hong Kong Terancam

Bisnisnews.id - Selama beberapa dekade, Singapura dan Hong Kong telah menjadi titik transit utama yang menghubungkan wisatawan Asia ke dan dari seluruh dunia. Tapi sekarang, banyaknya bandara hub internasional di Asia yang melakukan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
E COMMERCE
Amazon Masuki Asia Tenggara, Dimulai Dari Singapura

Bisnisnews.id - Amazon meluncurkan layanan pengiriman ekspres di Singapura pada hari Kamis 27 Juli, raksasa ritel online AS pertama ke Asia Tenggara dan menempatkannya dalam persaingan langsung dengan Alibaba China. Aplikasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 27 Juli 2017
STRATEGI MASKAPAI
Miliki 12 Anak Perusahaan, AirAsia Akan Konsolidasi Jadi One AirAsia

Bisnisnews.id - CEO AirAsia, Tony Fernandes telah mengatakan bahwa dia ingin mengintegrasikan semua operasi maskapai tersebut ke dalam satu entitas penerbangan tunggal. "Saya mencoba menyatukan AirAsia menjadi satu maskapai menjadi . . .
Selengkapnya