Sabtu, 18 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / / Berita

BONGKAR MUAT
Senin, 17 Juli 2017 22:51 WIB

Dwelling Time Pelabuhan Memburuk Jadi 3,5 hari


Durasi bongkar muat di pelabuhan yang lambat menyebabkan kinerja dam daya saing pelabuhan Indonesia menjadi tidak bisa maksimal.

Bisnisnews.id - Upaya pemerintah untuk memperbaiki layanan di pelabuhan telah mengalami kemunduran, dwelling time kian memburuk menjadi 3,6 hari pada paruh pertama 2017 dari sebelumnya 2,9 hari pada akhir 2016.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono mengatakan, dwelling time disebabkan oleh kenaikan volume pengangkutan di pelabuhan, terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

"Ada antrian panjang. Ini mempengaruhi dwell time," kata Tonny sambil menambahkan bahwa kementerian akan mengevaluasi aktivitas di pelabuhan untuk memastikan dwelling time bisa segera dipersingkat.

Jika ada masalah dalam kegiatan bongkar muat, sistem akan diperbaiki, namun jika masalahnya administratif, Tonny menambahkan, dia akan menghukum petugas yang menyebabkan masalah.

Pemerintah pada pertengahan Juli meluncurkan paket ekonomi ke-15, yang bertujuan memperbaiki logistik di dalam negeri melalui peningkatan peran asuransi transportasi, mengurangi biaya untuk penyedia layanan logistik, memperkuat otoritas National Single Window Indonesia (INSW) dan mengurangi jumlah barang terlarang dan terlarang.

BACA JUGA: Pesimis, Paket Kebijakan Ekonomi Ke 15 Berjalan Mulus

Rincian lebih lanjut untuk paket ekonomi tersebut akan ditetapkan dalam paket ekonomi  kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
DOPING
WADA Tetap Suspensi Rusia

Bisnisnews.id - Badan Anti-Doping Dunia tetap suspensi sementara Rusia pada hari Kamis (16/11/2017), meningkatkan kemungkinan larangan untuk ikut pada Olimpiade Musim Dingin Februari di Pyeongchang. Pertemuan Dewan WADA di Seoul . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 18 November 2017
LIBANON
Tuduh Saudi Tahan PM, Hariri Lakukan Perjalanan Ke Prancis

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri akan berkunjung ke Prancis dalam beberapa hari mendatang, sebuah sumber kepresidenan Prancis mengatakan pada hari Rabu (15/11/2017), setelah Beirut menuduh Arab Saudi menahannya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 17 November 2017
INFRASTRUKTUR
KEMENKEU: Tiga Sumber Pendanaan Pembangunan

Bisnisnews.id -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan sumber pembiayaan infrastruktur nasional bukan melulu bertumpu pada APBN namun juga dari BUMN dan swasta.  Diperlukan inovasi pembiayaan agar publik bisa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 17 November 2017
POLITIK
Inggris Dukung Papua Tetap Bagian NKRI

Bisnisnews.id - Pemerintah Inggris mendukung wilayah Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, di Sorong, Kamis, mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 17 November 2017
KUDETA
Sang Istri Grace, Pemicu Jatuhnya Robert Mugabe

Bisnisnews.id - Presiden tertua di dunia, Robert Mugabe akhirnya turun tahta juga setelah militer mengambil alih kekuasaan secara paksa dan langsung mengendalikan pemeritahan Zinbabwe. Sedangkan Mugabe dan keluarganya dijamin . . .
Selengkapnya