Selasa, 26 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / / Berita

BONGKAR MUAT
Senin, 17 Juli 2017 22:51 WIB

Dwelling Time Pelabuhan Memburuk Jadi 3,5 hari


Durasi bongkar muat di pelabuhan yang lambat menyebabkan kinerja dam daya saing pelabuhan Indonesia menjadi tidak bisa maksimal.

Bisnisnews.id - Upaya pemerintah untuk memperbaiki layanan di pelabuhan telah mengalami kemunduran, dwelling time kian memburuk menjadi 3,6 hari pada paruh pertama 2017 dari sebelumnya 2,9 hari pada akhir 2016.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono mengatakan, dwelling time disebabkan oleh kenaikan volume pengangkutan di pelabuhan, terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

"Ada antrian panjang. Ini mempengaruhi dwell time," kata Tonny sambil menambahkan bahwa kementerian akan mengevaluasi aktivitas di pelabuhan untuk memastikan dwelling time bisa segera dipersingkat.

Jika ada masalah dalam kegiatan bongkar muat, sistem akan diperbaiki, namun jika masalahnya administratif, Tonny menambahkan, dia akan menghukum petugas yang menyebabkan masalah.

Pemerintah pada pertengahan Juli meluncurkan paket ekonomi ke-15, yang bertujuan memperbaiki logistik di dalam negeri melalui peningkatan peran asuransi transportasi, mengurangi biaya untuk penyedia layanan logistik, memperkuat otoritas National Single Window Indonesia (INSW) dan mengurangi jumlah barang terlarang dan terlarang.

BACA JUGA: Pesimis, Paket Kebijakan Ekonomi Ke 15 Berjalan Mulus

Rincian lebih lanjut untuk paket ekonomi tersebut akan ditetapkan dalam paket ekonomi  kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 26 September 2017
INDUSTRI PELAYARAN
Pemerintah Konsisten Menerapkan Asas Cabotage

Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, pemerintah konsisten melaksanakan asas cabotage sebagai upaya melindungi pelayaran nasional sesuai Inpres 5/205 tentang pemberdayaan industri pelayaran nasiona. "Kita . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
Hari Ini, Kirab Pemuda 2017 Menuju Miangas

Bisnisnews.id -Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kukuhkan Kirab Pemuda 2017 yang digelar mulai 26 September sampai 6 Desember 2017, melintasi 34 provinsi . Menpora menjelaskan, kirab pemuda ini dilakukan dalam . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
SENTUL SERIES
Haridarma, Menuju Juara Nasional

Bisnisnews.id - Pembalap Haridarma Manoppo dari Toyota Team Indonesia (TTI) akhirnya tampil mengungguli Alvin Bahar dalam balapan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di Sirkuit Internasional Sentul. Di kelas Kejurnas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 26 September 2017
TRAVEL BAN
Aneka Reaksi Negara Yang Dilarang Masuk AS

Bisnisnews.id - Presiden Donald Trump telah menandatangani perintah yang memberlakukan pembatasan perjalanan terbaru bagi warga dari beberapa negara, termasuk lima negara dari larangan sebelumnya. Pejabat pemerintah mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 26 September 2017
RETORIKA
Korut Tuduh AS Deklarasikan Perang

Bisnisnews.id - Menteri luar negeri Korea Utara menuduh Presiden AS Donald Trump pada Senin 25 September mendeklarasikan perang di negaranya dan memperingatkan bahwa Pyongyang akan mempertahankan diri dengan menembaki pembom AS. "Trump . . .
Selengkapnya