Senin, 24 Juli 2017

Home/ Industri / / Berita

Senin, 17 Juli 2017 22:51 WIB

Dwelling Time Pelabuhan Memburuk Jadi 3,5 hari


Durasi bongkar muat di pelabuhan yang lambat menyebabkan kinerja dam daya saing pelabuhan Indonesia menjadi tidak bisa maksimal.

Bisnisnews.id - Upaya pemerintah untuk memperbaiki layanan di pelabuhan telah mengalami kemunduran, dwelling time kian memburuk menjadi 3,6 hari pada paruh pertama 2017 dari sebelumnya 2,9 hari pada akhir 2016.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono mengatakan, dwelling time disebabkan oleh kenaikan volume pengangkutan di pelabuhan, terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

"Ada antrian panjang. Ini mempengaruhi dwell time," kata Tonny sambil menambahkan bahwa kementerian akan mengevaluasi aktivitas di pelabuhan untuk memastikan dwelling time bisa segera dipersingkat.

Jika ada masalah dalam kegiatan bongkar muat, sistem akan diperbaiki, namun jika masalahnya administratif, Tonny menambahkan, dia akan menghukum petugas yang menyebabkan masalah.

Pemerintah pada pertengahan Juli meluncurkan paket ekonomi ke-15, yang bertujuan memperbaiki logistik di dalam negeri melalui peningkatan peran asuransi transportasi, mengurangi biaya untuk penyedia layanan logistik, memperkuat otoritas National Single Window Indonesia (INSW) dan mengurangi jumlah barang terlarang dan terlarang.

BACA JUGA: Pesimis, Paket Kebijakan Ekonomi Ke 15 Berjalan Mulus

Rincian lebih lanjut untuk paket ekonomi tersebut akan ditetapkan dalam paket ekonomi  kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 24 Juli 2017
PANSUS KPK
Mengagetkan, Komisioner KPK Terima Uang Rp 1 Miliar ?

Wakil Direktur Keuangan Permai Group Yulianis saat diambil sumpahnya agar memberikan keterangan sejujurnya sebelum dimulainya Rapat Dengar pendapat Umum (RDPU) dengan Pansus Hak Angket KPK di ruang KK 1, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 24 Juli 2017
MEGA KORUPSI
Soal Pelindo II, Prima Tuntut Menneg BUMN Ditangkap

Bisnisnews.id - Perhimpunan Masyarakat Madani (PRIMA) akan melakukan aksi demo terkait kasus mega korupsi Pelindo II hari Selasa 25 Juli 2017 di Gedung KPK. Menurut Syaroni, Ketua Presidium PRIMA bahwa demo "Segera Tangkap Rini . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 24 Juli 2017
MILITER DAN INTELIJEN
1.200 Tentara Dari 22 Negara Tiba Untuk Olimpiade Militer Rusia 2017

Bisnisnews.id - Pasukan dari 22 negara telah tiba di Rusia untuk Olimpiade Internasional Militer Rusia. Sekitar 1.200 tentara dari China, India, Iran dan beberapa negara sekutu Rusia atau netral diperkirakan akan ambil bagian, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 24 Juli 2017
OBOR
China Harap Pembangunan Kereta Api Thailand Dipercepat

Bisnisnews.id - Menteri luar negeri China mengatakan dia berharap pembangunan perkeretaapian Thailand yang baru dapat segera dimulai sehingga Thailand akan memiliki akses yang lebih baik ke pasar China. Wang Yi sedang dalam kunjungan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 24 Juli 2017
LAYANAN
Hasil Survei, Tiga Bandara AP I Masuk 10 Besar Dunia

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, raih peringkat II jumlah penumpang terbanyak oleh lembaga pemeringkat ACI Bisnisnews.id-Tiga bandara PT Angkasa Pura I masuk peringkat 10 besar dunia kategori jumlah penumpang, hasil survei penilaian . . .
Selengkapnya