Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

INVESTASI ASING
Selasa, 18 Juli 2017 00:18 WIB

Pemerintah Permudah Ijin Pekerja Asal China



Bisnisnews.id - Pejabat dari China dan Indonesia mengadakan seminar (17/07/2017) untuk membahas izin kerja orang asing di Indonesia.

Seminar bertajuk "Kebijakan dan Prosedur untuk Tenaga Kerja Asing di Indonesia" ini diselenggarakan bersama oleh Kedutaan Besar China di Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Berbicara di seminar tersebut, Menteri Ekonomi dan Komersial dari kedutaan China, Wang Liping mengatakan bahwa meskipun dengan pesatnya perkembangan hubungan China-Indonesia, masih ada beberapa tantangan, di antaranya adalah penerbitan ijin kerja untuk perusahaan China di Indonesia.

Dia mengatakan kedua belah pihak harus mengatasinya sesuai dengan itu, mengharapkan keseimbangan antara masuknya investor fenomenal asal China dan kecukupan penerbitan izin untuk pekerja terampil China di Indonesia.

Wang menyerukan peningkatan kerjasama antara China dan Indonesia mengenai pelatihan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan pekerja terampil yang mengoperasikan proyek-proyek China.

Sementara itu, Wakil Menteri Kerjasama Ekonomi dan Keuangan Internasional dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Effendi Lukman mengatakan bahwa Indonesia kini telah menyederhanakan prosedur untuk menerapkan ijin kerja bagi pekerja asing, termasuk dari China, yang dapat dilakukan secara online.

Rizal mengatakan proses aplikasi yang disederhanakan sekarang terkait langsung dengan kantor imigrasi setelah pemohon mengajukan lamaran mereka ke kementerian tenaga kerja melalui layanan online.

"Ini akan sangat memudahkan investor China meminta warga negara China untuk melakukan pekerjaan mereka di sini. Memberikan layanan yang mudah dan cepat untuk bekerja adalah harapan pemerintah kita," tambahnya dikutip dari kantor berita Xinhua.

Dia juga memuji usulan Wang untuk meningkatkan pelatihan sumber daya manusia yang akan menguntungkan Indonesia karena lebih banyak penduduk lokal dapat direkrut untuk bekerja dalam proyek-proyek China. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
SERANGAN KABUL
Taliban Serang Hotel Intercontinental, Enam Tewas

Bisnisnews.id - Orang-orang bersenjata menyerbu sebuah hotel mewah di Kabul dan membunuh setidaknya 6 orang dalam pertempuran 12 jam yang membuat sebagian bangunan terbakar. Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan di . . .
Selengkapnya