Kamis, 23 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

INVESTASI ASING
Selasa, 18 Juli 2017 00:18 WIB

Pemerintah Permudah Ijin Pekerja Asal China



Bisnisnews.id - Pejabat dari China dan Indonesia mengadakan seminar (17/07/2017) untuk membahas izin kerja orang asing di Indonesia.

Seminar bertajuk "Kebijakan dan Prosedur untuk Tenaga Kerja Asing di Indonesia" ini diselenggarakan bersama oleh Kedutaan Besar China di Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Berbicara di seminar tersebut, Menteri Ekonomi dan Komersial dari kedutaan China, Wang Liping mengatakan bahwa meskipun dengan pesatnya perkembangan hubungan China-Indonesia, masih ada beberapa tantangan, di antaranya adalah penerbitan ijin kerja untuk perusahaan China di Indonesia.

Dia mengatakan kedua belah pihak harus mengatasinya sesuai dengan itu, mengharapkan keseimbangan antara masuknya investor fenomenal asal China dan kecukupan penerbitan izin untuk pekerja terampil China di Indonesia.

Wang menyerukan peningkatan kerjasama antara China dan Indonesia mengenai pelatihan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan pekerja terampil yang mengoperasikan proyek-proyek China.

Sementara itu, Wakil Menteri Kerjasama Ekonomi dan Keuangan Internasional dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Effendi Lukman mengatakan bahwa Indonesia kini telah menyederhanakan prosedur untuk menerapkan ijin kerja bagi pekerja asing, termasuk dari China, yang dapat dilakukan secara online.

Rizal mengatakan proses aplikasi yang disederhanakan sekarang terkait langsung dengan kantor imigrasi setelah pemohon mengajukan lamaran mereka ke kementerian tenaga kerja melalui layanan online.

"Ini akan sangat memudahkan investor China meminta warga negara China untuk melakukan pekerjaan mereka di sini. Memberikan layanan yang mudah dan cepat untuk bekerja adalah harapan pemerintah kita," tambahnya dikutip dari kantor berita Xinhua.

Dia juga memuji usulan Wang untuk meningkatkan pelatihan sumber daya manusia yang akan menguntungkan Indonesia karena lebih banyak penduduk lokal dapat direkrut untuk bekerja dalam proyek-proyek China. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
KECELAKAAN
Delapan Selamat Setelah Pesawat AL AS Jatuh DI Laut Jepang

Bisnisnews.id - Tim penyelamat telah menyelamatkan delapan orang ke tempat yang aman di selatan Jepang setelah sebuah pesawat Angkatan Laut AS dengan 11 orang di kapal jatuh di Laut Filipina. Pasukan Jepang dan Amerika bergegas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
TERORIS
Pakistan Bebaskan Dalang Serangan Mumbai

Bisnisnews.id - Pengadilan Pakistan pada hari Rabu 22 November memerintahkan pembebasan salah satu dalang dugaan serangan Mumbai 2008 yang menewaskan lebih dari 160 orang, setelah berbulan-bulan AS menekan Islamabad atas dugaan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
ZIMBABWE
Mugabe Keluar, Buaya Pulang Ambil Alih

Bisnisnews.id - Wakil presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa akan terbang pulang pada hari Rabu 22 November untuk mengambil alih kekuasaan setelah pengunduran diri Robert Mugabe yang mengakhiri masa pemerintahan 37 tahun yang otoriter. Dia . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
SERBIA
Dipenjara Seumur Hidup, Penjagal Bosnia Dinyatakan Bersalah Atas Genosida

Bisnisnews.id - Juri PBB pada hari Rabu 22 November menghukum mantan komandan Serbia Bosnia, Ratko Mladic untuk menjalani hukuman penjara seumur hidup setelah menemukannya bersalah melakukan genosida dan kejahatan perang dalam . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 22 November 2017
LIBANON
PM Hariri Tidak Jadi Undur Diri

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri mengatakan pada hari Rabu 22 November bahwa dia menangguhkan pengunduran dirinya, sambil menunggu jalan keluar potensial dari sebuah krisis politik yang telah mengguncang negara . . .
Selengkapnya