Selasa, 26 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

INVESTASI ASING
Selasa, 18 Juli 2017 00:18 WIB

Pemerintah Permudah Ijin Pekerja Asal China



Bisnisnews.id - Pejabat dari China dan Indonesia mengadakan seminar (17/07/2017) untuk membahas izin kerja orang asing di Indonesia.

Seminar bertajuk "Kebijakan dan Prosedur untuk Tenaga Kerja Asing di Indonesia" ini diselenggarakan bersama oleh Kedutaan Besar China di Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Berbicara di seminar tersebut, Menteri Ekonomi dan Komersial dari kedutaan China, Wang Liping mengatakan bahwa meskipun dengan pesatnya perkembangan hubungan China-Indonesia, masih ada beberapa tantangan, di antaranya adalah penerbitan ijin kerja untuk perusahaan China di Indonesia.

Dia mengatakan kedua belah pihak harus mengatasinya sesuai dengan itu, mengharapkan keseimbangan antara masuknya investor fenomenal asal China dan kecukupan penerbitan izin untuk pekerja terampil China di Indonesia.

Wang menyerukan peningkatan kerjasama antara China dan Indonesia mengenai pelatihan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan pekerja terampil yang mengoperasikan proyek-proyek China.

Sementara itu, Wakil Menteri Kerjasama Ekonomi dan Keuangan Internasional dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Effendi Lukman mengatakan bahwa Indonesia kini telah menyederhanakan prosedur untuk menerapkan ijin kerja bagi pekerja asing, termasuk dari China, yang dapat dilakukan secara online.

Rizal mengatakan proses aplikasi yang disederhanakan sekarang terkait langsung dengan kantor imigrasi setelah pemohon mengajukan lamaran mereka ke kementerian tenaga kerja melalui layanan online.

"Ini akan sangat memudahkan investor China meminta warga negara China untuk melakukan pekerjaan mereka di sini. Memberikan layanan yang mudah dan cepat untuk bekerja adalah harapan pemerintah kita," tambahnya dikutip dari kantor berita Xinhua.

Dia juga memuji usulan Wang untuk meningkatkan pelatihan sumber daya manusia yang akan menguntungkan Indonesia karena lebih banyak penduduk lokal dapat direkrut untuk bekerja dalam proyek-proyek China. (marloft)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 26 September 2017
INDUSTRI PELAYARAN
Pemerintah Konsisten Menerapkan Asas Cabotage

Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, pemerintah konsisten melaksanakan asas cabotage sebagai upaya melindungi pelayaran nasional sesuai Inpres 5/205 tentang pemberdayaan industri pelayaran nasiona. "Kita . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
Hari Ini, Kirab Pemuda 2017 Menuju Miangas

Bisnisnews.id -Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kukuhkan Kirab Pemuda 2017 yang digelar mulai 26 September sampai 6 Desember 2017, melintasi 34 provinsi . Menpora menjelaskan, kirab pemuda ini dilakukan dalam . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
SENTUL SERIES
Haridarma, Menuju Juara Nasional

Bisnisnews.id - Pembalap Haridarma Manoppo dari Toyota Team Indonesia (TTI) akhirnya tampil mengungguli Alvin Bahar dalam balapan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di Sirkuit Internasional Sentul. Di kelas Kejurnas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 26 September 2017
TRAVEL BAN
Aneka Reaksi Negara Yang Dilarang Masuk AS

Bisnisnews.id - Presiden Donald Trump telah menandatangani perintah yang memberlakukan pembatasan perjalanan terbaru bagi warga dari beberapa negara, termasuk lima negara dari larangan sebelumnya. Pejabat pemerintah mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 26 September 2017
RETORIKA
Korut Tuduh AS Deklarasikan Perang

Bisnisnews.id - Menteri luar negeri Korea Utara menuduh Presiden AS Donald Trump pada Senin 25 September mendeklarasikan perang di negaranya dan memperingatkan bahwa Pyongyang akan mempertahankan diri dengan menembaki pembom AS. "Trump . . .
Selengkapnya