Senin, 21 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

INVESTASI ASING
Selasa, 18 Juli 2017 00:18 WIB

Pemerintah Permudah Ijin Pekerja Asal China



Bisnisnews.id - Pejabat dari China dan Indonesia mengadakan seminar (17/07/2017) untuk membahas izin kerja orang asing di Indonesia.

Seminar bertajuk "Kebijakan dan Prosedur untuk Tenaga Kerja Asing di Indonesia" ini diselenggarakan bersama oleh Kedutaan Besar China di Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Berbicara di seminar tersebut, Menteri Ekonomi dan Komersial dari kedutaan China, Wang Liping mengatakan bahwa meskipun dengan pesatnya perkembangan hubungan China-Indonesia, masih ada beberapa tantangan, di antaranya adalah penerbitan ijin kerja untuk perusahaan China di Indonesia.

Dia mengatakan kedua belah pihak harus mengatasinya sesuai dengan itu, mengharapkan keseimbangan antara masuknya investor fenomenal asal China dan kecukupan penerbitan izin untuk pekerja terampil China di Indonesia.

Wang menyerukan peningkatan kerjasama antara China dan Indonesia mengenai pelatihan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan pekerja terampil yang mengoperasikan proyek-proyek China.

Sementara itu, Wakil Menteri Kerjasama Ekonomi dan Keuangan Internasional dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Effendi Lukman mengatakan bahwa Indonesia kini telah menyederhanakan prosedur untuk menerapkan ijin kerja bagi pekerja asing, termasuk dari China, yang dapat dilakukan secara online.

Rizal mengatakan proses aplikasi yang disederhanakan sekarang terkait langsung dengan kantor imigrasi setelah pemohon mengajukan lamaran mereka ke kementerian tenaga kerja melalui layanan online.

"Ini akan sangat memudahkan investor China meminta warga negara China untuk melakukan pekerjaan mereka di sini. Memberikan layanan yang mudah dan cepat untuk bekerja adalah harapan pemerintah kita," tambahnya dikutip dari kantor berita Xinhua.

Dia juga memuji usulan Wang untuk meningkatkan pelatihan sumber daya manusia yang akan menguntungkan Indonesia karena lebih banyak penduduk lokal dapat direkrut untuk bekerja dalam proyek-proyek China. (marloft)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 21 Mei 2018
BOLA
Mourinho: Chelsea Juara Piala FA Dengan 9 Pemain Bertahan

Bisnisnews.id – Tumpulnya lini serang Manchester United, dikonfirmasi oleh sang pelatih Jose Mourinho akibat dari hilangnya sosok Romelu Lukaku pada saat pertandingan final Piala FA di Stadion Wembley, (19/5/2018).   “Agak . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Mei 2018
BOLA
Klopp Dambakan Pertemuan Dengan Zidane

Bisnisnews.id – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengaku bahwa dirinya sudah tidak sabar menghadapai Real Madrid yang ditukangi Zinedine Zidane dalam final Liga Champions 2017/2018 yang akan diselenggarakan di Stadion Olimpiade . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 21 Mei 2018
MASKAPAI ASING
Ethopian Terbangi Langit Jakarta Mulai 17 Juli 2018

Bisnisnews.id - Ethiopian Airlines akan meluncurkan layanan tiga kali seminggu ke Jakarta pada 17 Juli. Rute tersebut akan diterbangkan oleh pesawat B787-8 Dreamliner mewakili koneksi pertama antara Afrika dan Indonesia. CEO Ethiopian . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 21 Mei 2018
MUBALIG
Menag Dinilai Salah Langkah Soal 200 Nama Penceramah

Bisnisnews.id - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didesak segera menarik kembali 200 nama para mubaligh atau peceramah yang telah dirlisnya beberapa waktu lalu. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 21 Mei 2018
INFRASTRUKTUR
Pemerintah Akan Genjot Pengembangan Potensi Wisata di Padang

Bisnisnews.id - Pemerintah mendorong, seluruh potensi pariwisata di Sumatera Barat atau padang harus dikembangkan, seiring perbaikan infrastruktur di kota itu dalam menunjang kelacaran logistik dan perekonomian masyarakat. Terkait . . .
Selengkapnya