Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Wisata / Berita

BUDAYA
Jumat, 22 September 2017 01:12 WIB

Kearifan Lokal Dari Semeru Festival 2017



Bisnisnews.id - Semeru Festival 2017  diselenggarakan dalam rangka mengangkat dan memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang adat Tengger sebagai budaya lokal khususnya hari raya Karo.

"Selain itu acara ini memiliki filosofi penting dalam kehidupan masyarakat khususnya bagi suku Tengger," kata Bupati As'at, Rabu(20/9/2017).

Event dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang dibuka pada hari Minggu, 24 September 2017, jam 09.00 WIB hingga selesai di Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro.

Dengan menampilkan seni budaya masyarakat setempat seperti Tayub, Jaranan Ranu Pani, Bantengan serta penampilan seni lainnya yang diawali dengan arak-arakan Gunungan dari penjuru desa dan upacara adat masyarakat Tengger Ranu Pane.

"Kegiatan ini murni dilakukan oleh warga Tengger di Ranu Pani. Apalagi kawasan ini menjadi gerbang utama pendakian ke Puncak Tertinggi di pulau Jawa," tambah As'at.

Tujuan digelarnya Semeru Festival, sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Adat Tengger khususnya di Ranupani dan potensi wisata sekitar Gunung Semeru sebagai salah satu daya tarik wisata unggulan Kabupaten Lumajang.

Semeru Festival yang sudah digelar sejak tahun 2016 tersebut, diharapkan nantinya dengan adanya Semeru Festival ini dapat memberikan dampak positif khususnya pada kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi berbasis wisata dan pengenalan budaya tanpa meninggalkan nilai adat yang sudah ada.

"Kita tidak melihat sektor PAD, justru manfaat keuntungan  ekonomis lah yang diterima masyarakat Ranu Pani dan sekitarnya," papar As'at. (Rayza Nirwan)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
PENGANGGURAN
Ciptakan Entrepreuner, Facebook Latih 65,000 Orang Perancis

Bisnisnews.id - Facebook mengatakan pada hari Senin 22 Januari bahwa mereka akan melatih 65.000 orang Prancis dalam keterampilan digital secara gratis, untuk membantu wanita dan pengangguran memulai bisnisnya dan bisa kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya