Minggu, 22 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Wisata / Berita

BUDAYA
Jumat, 22 September 2017 01:12 WIB

Kearifan Lokal Dari Semeru Festival 2017



Bisnisnews.id - Semeru Festival 2017  diselenggarakan dalam rangka mengangkat dan memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang adat Tengger sebagai budaya lokal khususnya hari raya Karo.

"Selain itu acara ini memiliki filosofi penting dalam kehidupan masyarakat khususnya bagi suku Tengger," kata Bupati As'at, Rabu(20/9/2017).

Event dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang dibuka pada hari Minggu, 24 September 2017, jam 09.00 WIB hingga selesai di Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro.

Dengan menampilkan seni budaya masyarakat setempat seperti Tayub, Jaranan Ranu Pani, Bantengan serta penampilan seni lainnya yang diawali dengan arak-arakan Gunungan dari penjuru desa dan upacara adat masyarakat Tengger Ranu Pane.

"Kegiatan ini murni dilakukan oleh warga Tengger di Ranu Pani. Apalagi kawasan ini menjadi gerbang utama pendakian ke Puncak Tertinggi di pulau Jawa," tambah As'at.

Tujuan digelarnya Semeru Festival, sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Adat Tengger khususnya di Ranupani dan potensi wisata sekitar Gunung Semeru sebagai salah satu daya tarik wisata unggulan Kabupaten Lumajang.

Semeru Festival yang sudah digelar sejak tahun 2016 tersebut, diharapkan nantinya dengan adanya Semeru Festival ini dapat memberikan dampak positif khususnya pada kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi berbasis wisata dan pengenalan budaya tanpa meninggalkan nilai adat yang sudah ada.

"Kita tidak melihat sektor PAD, justru manfaat keuntungan  ekonomis lah yang diterima masyarakat Ranu Pani dan sekitarnya," papar As'at. (Rayza Nirwan)

Baca Juga

 

Industri  -  Sabtu, 21 April 2018
PESAWAT DELAY
Berikut Penjelasan Lion Group Soal Keterlambatan Puluhan Penerbangannya

Bisnisnews.id -   Puluhan penerbangan  Lion Air Group Sabtu (21/4/201) memgalami keterlambatan  (delayed) dari dan ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan (PLM) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya