Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Wisata / Berita

BUDAYA
Jumat, 22 September 2017 01:12 WIB

Kearifan Lokal Dari Semeru Festival 2017



Bisnisnews.id - Semeru Festival 2017  diselenggarakan dalam rangka mengangkat dan memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang adat Tengger sebagai budaya lokal khususnya hari raya Karo.

"Selain itu acara ini memiliki filosofi penting dalam kehidupan masyarakat khususnya bagi suku Tengger," kata Bupati As'at, Rabu(20/9/2017).

Event dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang dibuka pada hari Minggu, 24 September 2017, jam 09.00 WIB hingga selesai di Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro.

Dengan menampilkan seni budaya masyarakat setempat seperti Tayub, Jaranan Ranu Pani, Bantengan serta penampilan seni lainnya yang diawali dengan arak-arakan Gunungan dari penjuru desa dan upacara adat masyarakat Tengger Ranu Pane.

"Kegiatan ini murni dilakukan oleh warga Tengger di Ranu Pani. Apalagi kawasan ini menjadi gerbang utama pendakian ke Puncak Tertinggi di pulau Jawa," tambah As'at.

Tujuan digelarnya Semeru Festival, sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Adat Tengger khususnya di Ranupani dan potensi wisata sekitar Gunung Semeru sebagai salah satu daya tarik wisata unggulan Kabupaten Lumajang.

Semeru Festival yang sudah digelar sejak tahun 2016 tersebut, diharapkan nantinya dengan adanya Semeru Festival ini dapat memberikan dampak positif khususnya pada kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi berbasis wisata dan pengenalan budaya tanpa meninggalkan nilai adat yang sudah ada.

"Kita tidak melihat sektor PAD, justru manfaat keuntungan  ekonomis lah yang diterima masyarakat Ranu Pani dan sekitarnya," papar As'at. (Rayza Nirwan)

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya