Sabtu, 23 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Kesehatan / Berita

LAPORAN UNAIDS
Jumat, 01 Desember 2017 23:29 WIB

Terkait AIDS, Pria Beresiko Lebih Tinggi Dibanding Wanita



Bisnisnews.id - Pria cenderung tidak melakukan tes HIV atau terapi antiretroviral dan oleh karena itu, beresiko meninggal lebih cepat karena penyakit terkait AIDS daripada wanita, UNAIDS mengatakan pada hari Jumat 1 Desember.

Di seluruh dunia, kurang dari separuh pria HIV-positif yang mendapatkan perawatan, dibandingkan dengan 60 persen wanita, menurut laporan UNAIDS yang dirilis pada Hari AIDS Sedunia.

Pria juga lebih mungkin terlambat memulai pengobatan dibandingkan wanita dan tidak menindaklanjuti pengobatan.

Sekitar 36,7 juta orang di dunia hidup dengan HIV pada tahun 2016, namun kurang dari 21 juta orang memiliki akses obat antiretroviral, menurut UNAIDS.

AIDS atau penyakit terkait menewaskan 1 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2016 dan diperkirakan 1,8 juta infeksi baru dilaporkan terjadi.

Di Afrika sub-Sahara, pria yang hidup dengan HIV 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengetahui status HIV mereka daripada wanita. Di wilayah yang sama, penggunaan kondom rendah di antara pria yang lebih tua, yang juga lebih mungkin menjadi HIV-positif.

"Data ini konsisten dengan penelitian yang menunjukkan siklus penularan HIV dari pria yang lebih tua ke wanita yang lebih muda, dan dari wanita dewasa ke pria dewasa yang memiliki usia yang sama dengan prevalensi HIV tinggi," kata UNAIDS.

Pria gay 24 kali lebih mungkin tertular HIV daripada pria heteroseksual.

Selain itu, di lebih dari selusin negara, termasuk Meksiko dan Nigeria, lebih dari 15 persen pria gay hidup dengan AIDS.

UNAIDS juga menyesalkan penurunan pemakaian kondom di Australia, Eropa dan Amerika Serikat.

"HIV akan berakar dan harapan kita untuk mengakhiri epidemi AIDS pada tahun 2030 akan pupus," kata Direktur UNAIDS Michel Sidibe dikutip dari AFP. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Sabtu, 23 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Management Traffic Jasa Marga, Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

 Bisnisnews.id - Inovasi teknologi dan management traffic lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk diakui para pemudik berdampak positif terhadap kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa.nSejumlah pemudik mengatakan, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 23 Juni 2018
TENIS
Komang Gina Vs Dian Ayu Menjadi Partai Pamungkas WTA Future Stars

Bisnisnews.id - Pertemuan dua unggulan teratas menjadi partai pamungkas nomor tunggal Kelompok Umur (KU) 14 tahun turnamen berlabel WTA Future Stars 2018 yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, Denpasar, Sabtu (23/6). Petenis . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA
Brasil Injakan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Bisnisnews.id - Brasil kini dapat bernafas lega di Piala Dunia 2018, setelah sukses meraih kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan kedua fase Grup E di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018).   Menguasai . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik dari Sumatera ke Jawa Sudah Mencapai 63 Persen

Bisnisnews.id -  Memasuki H+6 Lebaran,  tercatat  609.099 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang sudah kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus balik penumpang dan kendaraan masih akan terus . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 22 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Penumpang Angkutan Laut Selama Mudik 2.421.260 Orang

Bisnisnews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang turun dan naik kapal angkutan laut Lebaran 2018 mulai dari H-15 (31/5) sampai dengan H+6 (22/6) pukul 06:00 WIB sebanyak 2.421.260 orang. Direktur . . .
Selengkapnya