Sabtu, 16 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Kesehatan / Berita

LAPORAN UNAIDS
Jumat, 01 Desember 2017 23:29 WIB

Terkait AIDS, Pria Beresiko Lebih Tinggi Dibanding Wanita



Bisnisnews.id - Pria cenderung tidak melakukan tes HIV atau terapi antiretroviral dan oleh karena itu, beresiko meninggal lebih cepat karena penyakit terkait AIDS daripada wanita, UNAIDS mengatakan pada hari Jumat 1 Desember.

Di seluruh dunia, kurang dari separuh pria HIV-positif yang mendapatkan perawatan, dibandingkan dengan 60 persen wanita, menurut laporan UNAIDS yang dirilis pada Hari AIDS Sedunia.

Pria juga lebih mungkin terlambat memulai pengobatan dibandingkan wanita dan tidak menindaklanjuti pengobatan.

Sekitar 36,7 juta orang di dunia hidup dengan HIV pada tahun 2016, namun kurang dari 21 juta orang memiliki akses obat antiretroviral, menurut UNAIDS.

AIDS atau penyakit terkait menewaskan 1 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2016 dan diperkirakan 1,8 juta infeksi baru dilaporkan terjadi.

Di Afrika sub-Sahara, pria yang hidup dengan HIV 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengetahui status HIV mereka daripada wanita. Di wilayah yang sama, penggunaan kondom rendah di antara pria yang lebih tua, yang juga lebih mungkin menjadi HIV-positif.

"Data ini konsisten dengan penelitian yang menunjukkan siklus penularan HIV dari pria yang lebih tua ke wanita yang lebih muda, dan dari wanita dewasa ke pria dewasa yang memiliki usia yang sama dengan prevalensi HIV tinggi," kata UNAIDS.

Pria gay 24 kali lebih mungkin tertular HIV daripada pria heteroseksual.

Selain itu, di lebih dari selusin negara, termasuk Meksiko dan Nigeria, lebih dari 15 persen pria gay hidup dengan AIDS.

UNAIDS juga menyesalkan penurunan pemakaian kondom di Australia, Eropa dan Amerika Serikat.

"HIV akan berakar dan harapan kita untuk mengakhiri epidemi AIDS pada tahun 2030 akan pupus," kata Direktur UNAIDS Michel Sidibe dikutip dari AFP. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Kontroversi Yerusalem, 4 Warga Palestina Terbunuh

Bisnisnews.id - Empat orang Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka pada hari Jumat 15 Desember dalam bentrokan dengan pasukan Israel, saat puluhan ribu orang berdemonstrasi menentang pengakuan Washington terhadap Yerusalem . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Konflik Yerusalem Reda, AS Rencanakan Perdamaian Timur Tengah

Gedung Putih akan memperbarui upaya untuk mencapai kesepakatan damai Israel-Palestina, kata beberapa pejabat pada hari Jumat 15 Desember. Pejabat senior pemerintah mengatakan upaya untuk mendorong proses akan dihidupkan kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
AFRIKA SELATAN
ANC Pilih Pemimpin Gantikan Jacob Zuma

Bisnisnews.id - Kongres Nasional Afrika (ANC) di Afrika Selatan sedang bersiap untuk memilih pemimpin partai baru untuk menggantikan Presiden Jacob Zuma. Kandidat utamanya adalah wakil presiden saat ini, Cyril Ramaphosa, dan mantan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
PERU
Skandal Odebrecht: Presiden Kuczynski Hadapi Pemakzulan

Bisnisnews.id - Partai politik di Kongres Peru telah mengajukan sebuah mosi pemakzulan terhadap Presiden Pedro Pablo Kuczynski. Dia telah dituduh menerima pembayaran ilegal oleh perusahaan konstruksi Brasil, Odebrecht. Mosi yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
BENCANA ALAM
Badai Kai-Tak Sambangi Filipina, 3 Nelayan Hilang Puluhan Ribu Mengungsi

Bisnisnews.id - Puluhan ribu orang terdampar karena banjir dan tiga nelayan hilang Sabtu 16 Desember saat Badai Tropis Kai-Tak mengarah ke timur Filipina, kata beberapa pejabat. Badai Kai-Tak berhembus hingga 100 kilometer per . . .
Selengkapnya