Sabtu, 16 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

REFERENDUM CATALONIA
Jumat, 08 Desember 2017 06:55 WIB

Catalonia Desak UE Hentikan Dukung Spanyol


Lautan manusia demonstrasi di Brussels (AFP)

Bisnisnews,id - Sekitar 45.000 pendukung kemerdekaan Catalan berdemonstrasi di Brussels pada hari Kamis 7 Desember untuk mendukung presiden terguling Carles Puigdemont dan mendesak Uni Eropa berhenti berpihak dengan Spanyol.

Demonstran meneriakkan "Bangun Eropa!" dan melambaikan bendera separatis Catalonia, merah dan kuning saat melewati markas Uni Eropa di ibu kota Belgia.

"Pernahkah Anda melihat demonstrasi seperti ini untuk mendukung penjahat? Tidak !," kata Puigdemont dalam pidato kepada orang banyak, merujuk pada tuntutan pidana Spanyol terhadapnya.

Puigdemont dan empat mantan menteri melarikan diri ke Brussels pada bulan November, dengan mengatakan bahwa mereka ingin membawa masalah mereka ke tingkat Eropa setelah Spanyol menuduh mereka memiliki hasrat pemberontakan mengenai referendum kemerdekaan Catalonia pada bulan Oktober.

Uni Eropa yang beranggotakan 28 negara sejauh ini sangat mendukung pemerintah Spanyol Perdana Menteri Mariano Rajoy dengan mengatakan bahwa masalah Catalan adalah masalah internal bagi Madrid.

Wakil Presiden Komisi Eropa Frans Timmermans berbicara tentang sikap pemrotes yang sangat positif dan sangat menentukan, mengingat posisi Brussels tidak diperbolehkan di bawah peraturan hukum untuk mengabaikan undang-undang tersebut. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Kontroversi Yerusalem, 4 Warga Palestina Terbunuh

Bisnisnews.id - Empat orang Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka pada hari Jumat 15 Desember dalam bentrokan dengan pasukan Israel, saat puluhan ribu orang berdemonstrasi menentang pengakuan Washington terhadap Yerusalem . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Konflik Yerusalem Reda, AS Rencanakan Perdamaian Timur Tengah

Gedung Putih akan memperbarui upaya untuk mencapai kesepakatan damai Israel-Palestina, kata beberapa pejabat pada hari Jumat 15 Desember. Pejabat senior pemerintah mengatakan upaya untuk mendorong proses akan dihidupkan kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
AFRIKA SELATAN
ANC Pilih Pemimpin Gantikan Jacob Zuma

Bisnisnews.id - Kongres Nasional Afrika (ANC) di Afrika Selatan sedang bersiap untuk memilih pemimpin partai baru untuk menggantikan Presiden Jacob Zuma. Kandidat utamanya adalah wakil presiden saat ini, Cyril Ramaphosa, dan mantan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
PERU
Skandal Odebrecht: Presiden Kuczynski Hadapi Pemakzulan

Bisnisnews.id - Partai politik di Kongres Peru telah mengajukan sebuah mosi pemakzulan terhadap Presiden Pedro Pablo Kuczynski. Dia telah dituduh menerima pembayaran ilegal oleh perusahaan konstruksi Brasil, Odebrecht. Mosi yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
BENCANA ALAM
Badai Kai-Tak Sambangi Filipina, 3 Nelayan Hilang Puluhan Ribu Mengungsi

Bisnisnews.id - Puluhan ribu orang terdampar karena banjir dan tiga nelayan hilang Sabtu 16 Desember saat Badai Tropis Kai-Tak mengarah ke timur Filipina, kata beberapa pejabat. Badai Kai-Tak berhembus hingga 100 kilometer per . . .
Selengkapnya