Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

PEMBATALAN PERDA
Rabu, 10 Januari 2018 18:35 WIB

Pengaturan Sepeda Motor Hemat Biaya Transportasi Rp 2, 3 Miliar


ilustrasi

Bisnisnews.id - Pengaturan sepeda motor pada delapan ruas jalan utama Jabodetabek akan memberikan dampak ekonomi cukup besar berupa penghematan biaya transportasi sekitar 2,3 miliar per hari atau 830 miliar per tahun.

Ketua Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Pri menjelaskan hal itu dalam Focus Group Discusion (FGD) di Jakarta Rabu (10/1/2018) tentang Penggunaan Sepeda Motor. Hadir dalam diskusi itu LSM penggugag Pergub 195/2014 ke MA, Rio Octaviano, Kepala Dishub DKI Jakarta Andriyansah, Mantan Kadishub M. Akbar (Kadishub Tahun 2014), Dirlantas Polda Metro Jaya Halim Panggara, dan dimoderatori oleh Pengamat Transportasi Darmaningtyas.

Pengaturan penggunaan sepeda motor yang diiringi dengan kebijakan transportasi yang berbasis angkutan umum massal akan membawa manfaat ekonomi bagi warga Jabodetabek.

“BPTJ saat ini sedang memikirkan bagaimana mengatur perjalanan orang, penumpang dan logistik. Dan bagaimana meningkatkan jumlah armada angkutan umum yang nyaman dan efisien, yang nantinya masyarakat yang tadinya naik angkutan pribadi mau perbindah ke angkutan umum,” kata Bambang
 
Dijelaskan, Keputusan MA ini menjadi pembelajaran bagi pemerintah dalam proses menetapkan kebijakan untuk berkoordinasi dan mencari masukan dari seluruh stakeholder, sehingga tidak ada hak masyarakat yang dilanggar.

Seirama dengan Bambang, Kadishub DKI  Andriyansah setuju kualitas angkutan umum di Jabodetabek harus ditingkatkan. Selain itu, infrastruktur yang ada harus dipercepat, diantaranya  pembangunan enam ruas fly over dan underpass (open traffic).

"Nantinya angkutan massal akan diperbanyak dan mengoptimalisasikan parkir dimana disediakan park and ride di stasiun-stasiun Jabodetabek," Kata Andriyansyah.

Kemacetan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini telah memunculkan banyak lelanggaran. Pada tahun 2017 angka pelanggaran 874 pelanggar, 404 pelanggar adalah roda dua.

Kombes Halim Panggara, Dirlantas Polda Metro Jaya menyampaikan bahwa tingkat kecelakaan dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Namun keterlibatan sepeda motor dalam kecelakaan masih dominan.

Jumlah kecelakaan pada tahun 2016 sebanyak 8.885 dan 5.626 peristiwanya melibatkan sepeda motor. Sedangkan pada tahun 2017 mengalami penurunan 10 persen menjadi 8.090 dan 5.043 diantaranya ada keterlibatan sepeda motor.

Sementara itu perwakilan  masyarakat difable Cucu menyampaikan, pencabutan pembatasan penggunaan sepeda motor di ruas jalan juga melanggar HAM.

"Kami tidak mendapatkan keleluasaan dalam beraktivitas di jalan, karena dengan pencabutan larangan ini, sepeda motor sering merampas hak pedestrian di trotoar juga. Ini artinya keselamatan, keamanan dan kenyamanan para pejalan kaki dan difabel kurang terjamin," ujar Cucu.

Selain itu, Cucu juga menyampaikan bahwa untuk memperoleh udara bersih dan sehat, tidak didapat karena sumber polusi terbesar di kota besar adalah dari asap gas buang kendaraan bermotor yang bergerak. (Adhitio)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
Ribuan Pengemudi Ojek Online Menuntut Kesejahteraan dan Pengakuan

Bisnisnews.id - Ribuan pengemudi ojek online melakukan orasi di depan gedung DPR/MPR RI, Senin (23/4/2018). Mereka menuntut mendorong para wakil rakyat ikut berperan mendorong diberikan subsidi, sehingga penumpang tetap bisa menikmati . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya