Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

KEDAULATAN RI
Jumat, 12 Januari 2018 03:32 WIB

Pemerintah Segera Mengambil Alih FIR Kawasan Natuna dan Riau



Bisnisnews.id – Otoritas penerbangan sipil Indonesia saat ini sudah sangat mampu melakukan pemantauan pesawat untuk ruang udara (Flight Information Region/FIR) di kawasan Natuna, Kepulauan Riau dan juga kawasan Kalimantan Utara yang sejak 1946 dikendalikan Singapura.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pemerintah Indonesia melalui lintas kementerian, terus melakukan koordinasi, seiring dilakukannya peningkatan perangkat navigasi di kawasan itu.

Bahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan, pegambilalihan FIR itu akan terus diperjuangkan dan meyakinkan pihak Singapura bahwa Indonesia sudah memiliki kemampuan melakukan pengawasan pesawat di kawasan itu.

Upaya pengambialihan FIR dari cengkeraman Singapura itu juga ditegaskan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah menjadi perhatian serius pemerintah.

"Pemerintah sangat serius untuk mengambil alih. Sampai saat ini, lintas kementerian yang ditugaskan terus berusaha untuk merealisasikan, agar FIR yanng sekarang masih dikuasai Sungapura bisa kita ambilalih."jelas Panglima, Kamis (11/1/2018) di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

FIR di kawasan Natuna dan Kepulauan Riau itu, bukan sekedar soal keselamatan penerbangan sipil, tapi yang lebih penting adalah kedaulatan wilayah Republik Indonesia, yang sudah puluhan tahun dikuasai Singapura dengan alasan untuk keselamatan penerbangan sipil.

Dari sisi penerbannan sipil, FIR diperlukan untuk memberikan perlindungan dan keselamatan. Bahkan, terkait keselamatan, Indonesia, juga mengelola FIR negara lain, seperti Christmas Island (Australia) dan Timor Leste. (Adhitio/Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya