Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

KEDAULATAN RI
Jumat, 12 Januari 2018 03:32 WIB

Pemerintah Segera Mengambil Alih FIR Kawasan Natuna dan Riau



Bisnisnews.id – Otoritas penerbangan sipil Indonesia saat ini sudah sangat mampu melakukan pemantauan pesawat untuk ruang udara (Flight Information Region/FIR) di kawasan Natuna, Kepulauan Riau dan juga kawasan Kalimantan Utara yang sejak 1946 dikendalikan Singapura.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pemerintah Indonesia melalui lintas kementerian, terus melakukan koordinasi, seiring dilakukannya peningkatan perangkat navigasi di kawasan itu.

Bahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan, pegambilalihan FIR itu akan terus diperjuangkan dan meyakinkan pihak Singapura bahwa Indonesia sudah memiliki kemampuan melakukan pengawasan pesawat di kawasan itu.

Upaya pengambialihan FIR dari cengkeraman Singapura itu juga ditegaskan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah menjadi perhatian serius pemerintah.

"Pemerintah sangat serius untuk mengambil alih. Sampai saat ini, lintas kementerian yang ditugaskan terus berusaha untuk merealisasikan, agar FIR yanng sekarang masih dikuasai Sungapura bisa kita ambilalih."jelas Panglima, Kamis (11/1/2018) di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

FIR di kawasan Natuna dan Kepulauan Riau itu, bukan sekedar soal keselamatan penerbangan sipil, tapi yang lebih penting adalah kedaulatan wilayah Republik Indonesia, yang sudah puluhan tahun dikuasai Singapura dengan alasan untuk keselamatan penerbangan sipil.

Dari sisi penerbannan sipil, FIR diperlukan untuk memberikan perlindungan dan keselamatan. Bahkan, terkait keselamatan, Indonesia, juga mengelola FIR negara lain, seperti Christmas Island (Australia) dan Timor Leste. (Adhitio/Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya