Selasa, 20 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Berita

PENELITIAN
Jumat, 19 Januari 2018 19:32 WIB

Ilmuwan Uji Coba Tes Darah Untuk Deteksi Dini Kanker


Kanker payudara bisa dideteksi dengan tes darah ini (BBC)

Bisnisnews.id - Para ilmuwan telah mengambil langkah tujuan terbesar dalam pengobatan yaitu tes darah universal untuk kanker.

Sebuah tim di Universitas Johns Hopkins telah menguji sebuah metode untuk mendeteksi delapan bentuk umum dari penyakit ini.

Harapan mereka adalah tes darah tahunan yang dirancang untuk mendeteksi kanker lebih awal dan menyelamatkan nyawa.

Namun, ada yang mengatakan bahwa lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk menilai keefektifan tes ini dalam mendeteksi kanker stadium awal.

Tumor biasanya melepaskan jejak DNA dan protein yang bermutasi ke dalam aliran darah.

Tes CancerSEEK akan mencari mutasi pada 16 gen yang secara teratur akan muncul pada kanker dan delapan protein yang sering dilepaskan

Ini telah diujicobakan pada 1.005 pasien dengan kanker di ovarium, hati, perut, pankreas, kerongkongan, usus besar, paru-paru atau payudara yang belum menyebar ke jaringan lain.

Secara keseluruhan, tes tersebut menemukan 70 persen kanker.

Dr Cristian Tomasetti, dari Universitas Johns Hopkins mengatakan kepada BBC: "Deteksi dini ini sangat penting. Semakin dini kanker ditemukan, semakin besar kesempatan untuk bisa mengobatinya."

Lima dari delapan kanker yang diteliti tidak memiliki program skrining untuk deteksi dini. Kanker pankreas memiliki sedikit gejala dan terdeteksi sangat lambat sehingga empat dari lima pasien meninggal pada tahun mereka didiagnosis.

CancerSEEK sekarang sedang diujicobakan pada orang-orang yang belum pernah didiagnosis menderita kanker. Ini akan menjadi ujian sesungguhnya dari kegunaannya.

Harapannya adalah bisa melengkapi alat skrining lainnya seperti mammogram untuk kanker payudara dan kolonoskopi untuk kanker kolorektal.

Dr Tomasetti mengatakan kepada BBC: "Visi kami adalah tes darah yang bisa digunakan setahun sekali." (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Garuda Dari dan Ke Bandara Kualanamu Normal

Bisnisnews.id -  Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani umumkan, letusan Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara tidak akan mengganggu pelayanan. Penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu dan sekitarnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 19 Februari 2018
PASCA LETUSAN
Penerbangan Dilarang Melintas Di Kawasan Gunung Sinabung

Bisnisnews.id - Pasca letusan Gunung Api Sinabung Senin pagi (19/2/2018) ,  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (VPMBG) menaikkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dari Orange menjadi Merah. Artinya penerbangan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Bos AirAsia Group Usulkan PSC Diturunkan dan T2 Soetta Khusus LCC

Bisnisnews.id - CEO Air Asia Group Tony Fernandes mengusulkan agar tarif airport tax atau Passenger Service Charge (PSC)  diturunkan bagi penumpang  Low Cost Carrier (LCC) terkait rencananya membuka rute baru ke destinasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PENERBANGAN
Transportasi Udara Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bisnisnews.id - Sektor transportasi udara memiliki dampak ganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik makro maupun mikro. Secara makro diukur dari sumbangan nilai tambahnya dalam pembentukan Produk Domestik . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 19 Februari 2018
PELAYANAN
PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3

Bisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. . . .
Selengkapnya