Minggu, 20 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Berita

PENELITIAN
Jumat, 19 Januari 2018 19:32 WIB

Ilmuwan Uji Coba Tes Darah Untuk Deteksi Dini Kanker


Kanker payudara bisa dideteksi dengan tes darah ini (BBC)

Bisnisnews.id - Para ilmuwan telah mengambil langkah tujuan terbesar dalam pengobatan yaitu tes darah universal untuk kanker.

Sebuah tim di Universitas Johns Hopkins telah menguji sebuah metode untuk mendeteksi delapan bentuk umum dari penyakit ini.

Harapan mereka adalah tes darah tahunan yang dirancang untuk mendeteksi kanker lebih awal dan menyelamatkan nyawa.

Namun, ada yang mengatakan bahwa lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk menilai keefektifan tes ini dalam mendeteksi kanker stadium awal.

Tumor biasanya melepaskan jejak DNA dan protein yang bermutasi ke dalam aliran darah.

Tes CancerSEEK akan mencari mutasi pada 16 gen yang secara teratur akan muncul pada kanker dan delapan protein yang sering dilepaskan

Ini telah diujicobakan pada 1.005 pasien dengan kanker di ovarium, hati, perut, pankreas, kerongkongan, usus besar, paru-paru atau payudara yang belum menyebar ke jaringan lain.

Secara keseluruhan, tes tersebut menemukan 70 persen kanker.

Dr Cristian Tomasetti, dari Universitas Johns Hopkins mengatakan kepada BBC: "Deteksi dini ini sangat penting. Semakin dini kanker ditemukan, semakin besar kesempatan untuk bisa mengobatinya."

Lima dari delapan kanker yang diteliti tidak memiliki program skrining untuk deteksi dini. Kanker pankreas memiliki sedikit gejala dan terdeteksi sangat lambat sehingga empat dari lima pasien meninggal pada tahun mereka didiagnosis.

CancerSEEK sekarang sedang diujicobakan pada orang-orang yang belum pernah didiagnosis menderita kanker. Ini akan menjadi ujian sesungguhnya dari kegunaannya.

Harapannya adalah bisa melengkapi alat skrining lainnya seperti mammogram untuk kanker payudara dan kolonoskopi untuk kanker kolorektal.

Dr Tomasetti mengatakan kepada BBC: "Visi kami adalah tes darah yang bisa digunakan setahun sekali." (marloft)

Baca Juga

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
INAPGOC
Asian Para Games 2018 Berjalan Aman

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengingatkan Ketua Umum Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC),  Raja Sapta  Oktohari  terkait persiapan keamanan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 20 Mei 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Runway Bandara Juanda Surabaya Amblas , puluhan Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Maskapai Lion Air mengumumkan, pelayanan penerbangan dari bandara Juanda Surabaya kembali normal setelah fasilitas landas pacu (runway) dinyatakan aman (safety) untuk proses lepas landas (take off) dan mendarat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
ASIAN PARA GAMES 2018
Menpora Apresiasi Kerja Keras INAPGOC

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). yang sejak tahun lalu telah menunjukan progress yang menggembirakan. . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
RESOLUSI PBB
AS dan Australia Menolak Penyelidikan Kejahatam Perang Israel Terhadap Palestina

Bisnisnews.id  -  Amerika Serikat  dan Australia menolak dlakukannya resolusi untuk mengirim tim investigasi  menyelididki pelanggaran yang dilakukan Israel di Palestina, khusunya Jalur Gaza. Rapat Dewan Khusus . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
SIDANG OKI
Wapres Jusuf Kalla Desak Hamas dan Fatah Bersatu dan Kompak

Bisnisnews.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Hamas dan Fatah bersatu dan mennyelesaikan konflik internal. Dengaan demikian, dukungan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara diplomatis akan semakin memperkuat . . .
Selengkapnya