Kamis, 21 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

INFRASTRUKTUR
Sabtu, 24 Februari 2018 15:19 WIB

Blusukan ke Lokasi Banjir, Dirjen KA: Pelayanan Harus Tetap Jalan


Dirjem KA Zulfikri bersama rombongan blusukan ke lokasi banjir yang merendam rel antar stasiun Tanjung dan Losari.

Bisnisnews.id - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri  mengatakan, kerusakan jalur kereta api akibat terendam banjir antara stasiun Tanjung -  stasiun Losari di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat sepanjang 1,1 km diprediksi selesai dikerjakan malam ini.

Kerusakan akibat banjir itu bukan hanya terjadi pada jalur Utara tapi juga jalur Selatan, terutama di Ciledug. banjir menggenangi rel sehingga tidak bisa dilewati kereta.

Dirjen KA Zulfikri bersama Direktur Keselamatan Edi Nursalam meninjau lokasi kerusakan yang tengah diperbaiki. Di lokasi banjir,  lintasan tidak bisa dilewati kereta sejak Kamis, sebab tanah penyanggah terbawa arus sungai Cisanggarung yang meluap sejak Kamis malam, sehingga rel menggantung sepanjang 700 meter.

Operasional kereta di jalur Utara,  dihentikan sementara dan dialihkan ke Selatan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.  Khusus jalir Selatan, kerusakan  di Ciledug sudah diperbaiki dan  satu jalur  sudah bisa dilewati kereta dengan kecepatan terbatas .

"Kami telah meninjau langsung ke lokasi, track memang berbahaya untuk dilewati kereta. Kami bersama operator PT KAI berusaha maksimal melakukan perbaikan untuk menormalisasi prasarana jalur utama kereta api (main line) pada lintas Utara dan Selatan yang mengalami kerusakan akibat luapan Sungai Cisanggarung sejak kemarin malam," kata Zulfikri kepada Bisnisnews.id melalui pesa singkatnya Sabtu (24/2/2018).

Perbaukan di jalur Utara maupun Selatan diharapkan selesai dan kereta dapat melewati dua lintasan dengan kecepatan terbatas pada titik longsor.
"Insya Allah nanti sore sudah bisa dioperasikan kedua jalurnya. Jalur utara melalui Losari hingga jam 09:00 tadi masih terendam sepanjang 400 merer dengan titik terdalam 20 cm dari kepala rel. Namun kerusakan jalur tidak separah di Ciledug. Saat ini sudah dikerahkan tenaga dan peralatan umtuk perbaikannya. Diperkirakan sore nanti juga sudaj bisa dioperasikan," jelas Zulfikri

Rekayasa jalur telah dilakukan PT. KAI sejak  Jumat malam  (23/2/2018). Sebagian  perjalanan kereta  ke Jawa Tengah dan Jawa Timur diarahkan melalui Bandung - Kroya.

"Kami berusaha maksimal,  agar pelayanan tidak terganggu," jelasnya.

Dirjen KA dan rombongan sempat blusukan menelusuri rel sepanjang tiga kilo meter dari Stasiun Losari. Semha titik rawan diperhatikan untuk diwaspadai. Dari lokasi banjir, rombongan menggunakan truk ke stasiun Losari. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Okupansi Mudik Gratis Menccapai 70 Persen

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, okupansi peserta mudik gratis dalam arus balik ini sudah mencapai 75 persen "Saya bersyukur ada gelombang ketiga daripada mudik gratis, menggunakan kapal dari Jawa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
ANGUTAN LEBARAN
Arus Balik Melalui Penyeberangan Bakauheni Baru Mencapai 40 Persen

Bisnisnews.id - Sebanyak 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak atau sekitar 40 persen dari total jumlah penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Total penumpang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
SIDAK
Pelabuhan Wajib Melaksanakan Standar Keselamatan

Bisnisnews.id - Pasca tragedi Danau Toba yang menenggelamkan para penumpang KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan seluruh pelabuhan di Indonesia wajib melaksanakan ketentuan berlayar. Instrksi itu . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 20 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Pihak Yang Terlibat Kecelakaan KM Sinar Bangun Akan Dipidanakan, Ratusan Korban Belum Ditemukan

 " Para Korban KM Sinar Bangun diperkirakan sudah bergeser tiga sampai empat kilo meter dari lokasi kejadian.Tim penyelam Basarnas  mengalami kesulitan karena pada kedalaman 50 meter belum menemukan para korban. Air . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 20 Juni 2018
BOLA
Beruang Merah Hentikan Lajur Salah

Bisnisnews.id - Timnas Rusia menjadi mimpi buruk Mohamed Salah, setelah tim Beruang Merah berhasil menekuk timnas Mesir 3-1 pada pertandingan fase Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (20/6/2018).   Gol . . .
Selengkapnya