Sabtu, 21 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Berita

KRIMINAL
Sabtu, 17 Maret 2018 15:40 WIB

Awas, Hacker Pembobol Uang Nasabah di Mesin ATM


ilustrasi


Bisnisnews.id - Hati-hati mengambil uang melalui mesin ATM di tempat sepi yang jauh dari keramaian. Untuk mengantisipasi sasaran para sindikat pembobol saldo nasabah melaluI ATM,  cari tempat mesin  ATM  yang dilengkapi dengan kamera  CCTV dan ada petugas keamanan.

Baru-baru ini Polda Metro Jaya telah membongkar dan menangkap jaringan sindikat hacker spesialis pembobol rekening melalui mesin ATM dengan teknik skimming yang melibatkan tiga warga Rumania, seorang Warga Hungaria dan seorang Warga Negara Indonesia (WNI).

Kelompok yang telah beroperasi sejak 2017 itu, Petugas Kepolisian telah menemukan sejumlah deepskimmer dan 1.447 kartu ATM serta encorder. Melalui alat itu, pembobol merekam PIN kartu debit pada slot kartu mesin ATM yang telah dipasang alat skimmer.

Dalam operasinya, para pelaku mencari target mesin-mesin ATM yang tidak ada penjagaan keamanan, jauh dari keramaian, dan di dalam ruangan ATM tidak dilengkapi perangkat monitor atau  kamera CCTV

Skimming

Apa itu skimming ? Dan bagaimana cara kerjanya ? Situs howstuffworks.com, melansir,  modus ini menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetic kartu kredit atau kartu debit secara ilegal. Setelah menggandakan PIN, pelaku leluasa mengambil uang para nasabah.

Pita magnetic itu sendiri adalah garis lebar hitam di belakang kartu debit atau kredit. Fungsinya sama seperti kaset tape. Yaitu menyimpan berbagai data seperti suara, gambar, atau bit biner.

Laman BankTech, Jumat (15/3/2018), menyebutkan ada beberapa cara yang dilakukan para hacker itu untuk menguras  uang nasabah di mesin ATM.

Pertama, si hacker memasan skimmer di mesin ATM yang telah mereka anggap aman. Lalu pelaku mengganti mulut kartu padaATM dengan serupa aslinya. Mereka tentu juga telah memasang alat skimmer guna merekam data pin ATM para nasabah.

Kedua adalah, mengkloning, dan itu terjadi ketika nasabah memasukan kartu debit, maka alat skimmer langsung bekerja mengkloning data-data yang terdapat pita magnetik.

Ada dua cara dalam proses menduplikasinya. Pertama adalah cara manual yang dilakukan  setelah korban selesai bertransaksi di ATM. Si pelaku kembali ke mesin ATM dan mengambil chip data yang sudah disiapkan sebelumnya.

Cara kedua lebih canggih. Dari skimmer itu pelaku hanya mendapatkan data pin kartu korban melalui SMS kemudian dibobol dari rekan pelaku di negara lain.

Bukan hanya perekam data, pelaku pun menambahkan alat semacam kamera pengintai (CCTV) untuk merekam  gestur tangan si korban ketika memencet keypad untuk memasukkan pin kartu. Maka dari itu, ketika akan bertransaksi di ATM sebaiknya menutup dengan tangan satunya. (Syam S)

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ATLET
10 Pesenam Indonesia Siap Turun di JAGAC 2018

Bisnisnews.id – Sebagai tuan rumah Junior Artistic Gymanstic Asian Championship 2018 (JAGAC) yang diselenggarakan pada 25-26 April 2018 mendatang. Indonesia tentu bersungguh-sungguh untuk dapat meraih hasil maksimal. Dalam . . .
Selengkapnya