Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

SDM TRANSPORTASI
Kamis, 12 April 2018 22:25 WIB

Warga Kepulauan Talaud Dapat Pendidikan Transportasi Udara Gratis


Para taruna/i Diklat Udara asal Sangirtalaud (Ist)

Bisnisnews.id - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan kembali memberikan pendidikan keterampilan transportasi udara secara gratis kepada anggota Masyarakat Kepulauan Talaud, melalui Akademi Tekhnik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar.

Kegiatan diklat diselenggarakan selama 23 hari, Mulai 11 April sampai 3 Mei 2018 di Bandara Melonguane dengan komposisi 58 jam teori dan 120 jam praktik.

Diklat yanng dibuka Kepala BPSDM Perhubungan, Djoko Sasono ditandai dengan prosesi penyematan tanda Diklat kepada perwakilan peserta di Bandara Melonguane, kepulauan Talaud (11/4/2018).

Jenis pendidikan berupa, Basic Aviation Security ini diberikan kepada 20 peserta. Yaitu, enam peserta untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe (Bandara Naha Tahuna) dan 14 peserta untuk Kabupaten Kepulauan Talaud (8 peserta untuk Bandara Melonguane, dan 6 peserta untuk Bandara Miangas).

Kegiatan diklat sendiri diselenggarakan selama 23 hari dari tanggal 11 April sampai dengan 3 Mei 2018 di Bandara Melonguane dengan komposisi 58 jam teori dan 120 jam praktik.

Bupati Kab. Talaud, Petrus Tuangae mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas kesempatan diklat bagi masyarakat di perbatasan.

"Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan memberikan kesempatan kepada putra/i di wilayah perbatasan provinsi Sulawesi Utara." ucap Petrus.

Dia berharap, diklat ini dapat menghasilkan para Avsec yang berkompeten untuk menjamin keselamatan penerbangan di bandara-bandara yang berada di Talaud.

"Harapan kami dengan pelaksanaan diklat ini akan menghasilkan SDM pada posisi operasional sebagai seorang Aviation Security yang memiliki kompetensi untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi menjamin keamanan dalam penerbangan," ungkap Petrus.

Kepala BPSDM Perhubungan, Djoko Sasono mengungkapkan bahwa petugas Aviation Security merupakan salah satu keharusan agar bandara-bandara di wilayah indonesia dapat memenuhi standar internasional. “Ini menjadi suatu keharusan bahwa semua Bandara di wilayah Indonesia harus memenuhi standar Internasional, salah satu yang wajib dan harus disiapkan adalah tenaga untuk menangani masalah keamanan di Bandara yang biasa disebut dengan Aviation Security.” ungkap Djoko

Dengan adanya Diklat Basic Aviation Security ini, Djoko berharap bandara-bandara yang ada di Talaud juga dapat memenuhi standar keamanan bandara.

Diklat Basic Aviation Security yang dilaksanakan di Talaud ini, tambah Djoko merupakan pendidikan yang berstandar internasional.

"Pendidikan yang akan diberikan kepada peserta pelatihan ini adalah satu rangkaian yang berstandar internasional. Nanti akan diberikan materi-materi yang tentunya akan diterapkan dalam dunia kerja," tambah Djoko.

Selain itu, menurut Djoko Talaud memiliki satu potensi yang luar biasa di bidang perekonomian salah satunya adalah parawisata, yang sangat sensitif terhadap isu keselamatan penerbangan. Oleh karena itu, Djoko berharap melalui diklat ini dapat meningkatkan keselamatan penerbangan di Talaud untuk mendukung sektor parawisata. “Saya harapkan dengan diklat ini kita menambah energi, kekuatan dan tenaga untuk membangun keselamatan penerbangan di Talaud menjadi lebih baik lagi.” ungkap Djoko. (Rayza)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
7.000 Personil Polri Diterjunkan Amankan Demo Ojek Daring di DPR/MPR

Bisnisnews.id - Polda Metro Jaya menurunkan 7.000 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa pengemudi ojek daring (online) di depan Gedung DPR/MPR RI Senin (23/4/2018). Kelompok massa bernama Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia . . .
Selengkapnya