Jumat, 25 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Arena / Berita

DESTINASI
Senin, 23 April 2018 20:36 WIB

Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia



Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai potensi dari 18 provinsi di Indonesia.

Keterlibatan dan kordinasi  para pemangku kepentingan di daerah, mulai dari Sekretaris Daerah di bawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta Dinas Pemuda dan Olahraga yang berada dalam lingkup Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) perlu dipererat agar dapat bersninergi dalam mensukseskan Asian Games 2018.
 
“Empat sukses yang menjadi tujuan pelaksanaan Asian Games 2019, yakni sukses pelaksanaan, prestasi, administrasi, dan pemberdayaan ekonomi bukan hanya tugas pemerintah pusat, pemerintah daerah yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan, atau panitia pelaksana. Tapi juga harus melibatkan dan meminta peran penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Kegiata kirab obor ini bisa menjadi momen penting agar seluruh masyarakat Indonesia mengetahui dan mendukung Asian Games 2018,” ujar Erick Thohir Ketua INASGOC di Jakarta, Senin (23/4/2018) di tengah-tengah acara Rapat Koordinasi antara Panitia Pelaksana Asian Games 2018 dengan beberapa Dirjen Kemendagri dan Kemenpora.

Dalam rakor yang membahas terkait mekanisme pelaksanaan kirab obor Asian Games 2018 yang menyebar di 53 kota di  seluruh Indonesia dengan Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Kemendagri akan menjadi mitra dari Panitia Pelaksana Asian Games 2018.

Sekretaris Jenderal Mendagri. Hadi Prabowo menuturkan, merujuk surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor:426.3/1398/SJ tentang dukungan pelaksanaan pergerakan obor (Torch Relay) Asian Games 2018 dan nomor 426/3./1399/SJ tentang dukungan pelaksanaan pengarakan obor yang ditujukan kepada Bupati/Walikota dari daerah yang akan dilintasi oleh Torch Relay.

" Secara subtansi surat edaran tersebut mengintruksikan kepada daerah agar melakukan kegiatan persiapan, antara lain,  pengerahan masyarakat dan pelajar, penyediaan acara, mengadakan festival budaya, kemudahan ijin dll. selain itu perlu digarisbawahi bahwa kegiatan Torch Relay Asian Games 2018 ini adalah ajang sosialisasi bagi masyarakat Indonesia dan diliput oleh media luar negeri juga, sehingga daerah perlu menangkap peluang untuk mempromosikan destinasi pariwisata, seni budaya, serta potensi-potensi lainnya bagi masyarakat Indonesia lainnya dan juga dimata dunia, sehingga nantinya diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi daerah dan Indonesia,” Kata Hadi.

Perjalanan torch relay, atau kirab obor Asian Games 2018 akan bermula di India, yang merupakan tuan rumah Asian Games satu tahun 1951. Api akan diambil dari api abadi Asian Games yang tersimpan di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, yang menjadi arena  pelaksanaan perdana 1951.

Usai pengambilan api dari India pada 15 Juli, api akan tiba di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah pada 18 Juli, dan setelah itu kirab obor akan melintasi Pulau Jawa, lalu ke Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua Barat. Setelah itu, kirab obor akan melanjutkan perjalanan ke Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan menyeberang ke Pulau Sumatera,bermula dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, hingga Lampung. Kirab obor akan kembali ke Pulau Jawa dan melintasi Banten, Jawa Barat, akan tiba di DKI Jakarta pada 15 Agustus.

“Melihat rute torch relay yang melintasi seluruh pulau di Nusantara, saya yakin Asian Games 2018 akan punya dampak luas untuk juga mensosialisasikan eksplorasi budada dan pariwisata Indonesia sehingga masyarakat dunia akan tahu lebih jauh tentang negeri kita. Ini bisa berdampak positif bagi peningatan jumlah wisata manca Negara di Indonesia dan meningkatkan perekonomian rakyat,” jelas Erick. (Rayza)

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 24 Mei 2018
PEMUDA
Kirab Pemuda 2018 Siap Bergulir 5 Septermber Mendatang

Bisnisnews.id – Untuk mematangkan persiapan Kirab Pemuda 2018, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kirab Pemuda 2018 bersama perwakilan 34 provinsi, dan 100 perwakilan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 24 Mei 2018
ATLET
Menpora Berjanji Tambahkan Anggaran Peralatan Layar

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyetujui penambahan anggaran perlatan untuk Pengurus Besar Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PB Porlasi) jelang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.   "Kami . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 24 Mei 2018
TRANSPORTASI
Naik Transjakarta Gratis Selama Asian Games 2018

Bisnisnews.id – Panitia pelaksana Asian Games (INASGOC) berserta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggelar rapat progres persiapan pesta olahraga bangsa Asia yang akan bergulir 86 hari lagi.   Rapat yang dipimpin . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 24 Mei 2018
INVESTIGASI
Rusia Bertanggung Jawab Di Balik Serangan MH17

Bisnisnews.id - Peneliti internasional telah menyimpulkan bahwa rudal yang menyerang Malaysia Airlines MH17 empat tahun lalu berasal dari unit militer yang berbasis di Rusia. Misil ditembakkan oleh angkatan bersenjata Rusia yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 24 Mei 2018
DIPLOMASI
Trump Tarik Diri Dari KTT Korut

Bisnisnews.id - Presiden AS Donald Trump telah membatalkan pertemuan KTT dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, mengatakan dunia telah "kehilangan peluang besar untuk perdamaian abadi". Dia mengatakan keputusannya adalah karena . . .
Selengkapnya