Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

KECELAKAAN LAUT
Kamis, 14 Juni 2018 04:00 WIB

Belasan Penumpang KM Arista Meninggal, KPLP Syahbandar Makassar Kerahkan Dua Kapal Patroli


Penumpang KM Arista Yang berhasil diselamatkan (Ist).

Bisnisnews.id -  Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP)  Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, hingga Rabu (13/6/2018)  malam terus mencari korban tenggelamnya kapal nelayan KM. Arista yang diperkirakan mengangkut 30 orang .

 Seperti diketahui, Kapal KM. Arista jenis Jolloro berat GT.6 yang bertolak dari Pelabuhan Paotere tujuan Pulau Barrang Lompo pada  hari Rabu 13 Juni 2018 pukul 13.30 WITA  mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan Pulau Khayangan.

Kepala Syahbandar Utama Makassar, Victor Viki Subroto mengatakan,  hingga pukul 18.00 WITA,  dua unit Kapal Patroli KPLP yang telah tergabung dengan tim SAR terus melakukan pencarian korban yang hilang namun dikarenakan waktu maka pencarian korban tersebut dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali, Kamis  (14/6/2018).

Victor menegaskan, kapal tersebut merupakan kapal  yang biasanya memuat ikan namun pada saat kejadian mengangkut penumpang yang akan berbelanja keperluan Lebaran ke Makassar.

"Tentunya karena KM. Arista itu bukan kapal penumpang maka tidak ada manifest penumpang  sehingga kapal tersebut berangkat tanpa Surat Persetujuan Berlayar (SPB). "Berangkatnya tanpa sepengetahuan kami selaku regulator di Pelabuhan," ujar Victor.

Pihak Kesyahbandaran Utama Makassar, ungkap Victor sangat menyesalkan kejadian tersebut terus terjadi mengingat selama ini Pemerintah terus menerus mensosialisasikan pentingnya keselamatan pelayaran kepada masyarakat.

Adapun jumlah penumpang yang diangkut belum dapat dipastikan namun informasi dari pemilik kapal pada saat itu memuat sekitar 30 penumpang.

"Kami tidak tahu berapa kepastian jumlah penumpang yang diangkut oleh kapal tersebut karena tidak adanya manifest. Namun demikian, kami terus melakukan pencarian korban kapal tersebut yang belum ditemukan," ujar Victor.

Selanjutnya, Victor mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan pengawasan terhadap aspek keselamatan kapal-kapal di Pelabuhan Makassar dan tidak ada toleransi terhadap kekurangan dalam pemenuhan aspek keselamatan pelayaran sebelum berangkat.

"Dengan adanya kejadian ini, tentunya kami prihatin dan menyampaikan turut berduka cita atas jatuhnya korban tenggelamnya kapal KM. Arista. Semoga kedepan tidak lagi ada kecelakaan serupa. Tidak bosan-bosannya kami memberitahukan kepada masyarakat agar selalu taati peraturan, jangan menggunakan kapal yang bukan peruntukannya dan laporkan kepada petugas dilapangan bila ditemukan adanya kendala atau permasalahan," kata Victor.

Speedboat KM. Albert Dievakuasi

Sementara itu, speedboat KM. Albert yang juga mengalami kecelakaan laut  Rabu pagi (13/6/2018) di Pulau Maspari, Sumatera Selatan berhasil dievakuasi.

Direktur KPLP, Junaidi mengatakan, kapal speedboat tersebut mengangkut 30 orang termasuk nakhoda dan  dua awak kapal bertolak dari Dermaga Speedboat Kampung Suka Damain, Toboali Kabupaten Bangka Selatan dengan tujuan Dusun Sungai Pasir, Ogan Sumatera Selatan.

Adapun para penumpang diselamatkan nelayan Sungai Kong, Sumatera Selatan dan kapal KM Albert sudah ditarik ke Kampung Sungan Pasir, Sumatera Selatan.

"Adapun 25 orang  penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat, Nakhoda berserta dua orang awak kapal juga berhasil diselamatkan dan dua orang penumpang meninggal dunia," kata Junaidi.

Junaidi mengatakan bahwa pada saat kejadian cuaca sedang buruk dan ombak tinggi terjadi di perairan tersebut. Oleh karena itu, Junaidi mengingatkan agar Nakhoda kapal harus memperhatikan cuaca sebelum berangkat.

"Ditjen Perhubungan Laut rutin mengeluarkan maklumat pelayaran tentang cuaca. Oleh karena itu, kami meminta semua pihak terutama Nakhoda kapal agar memperhatikan cuaca sebelum berangkat agar kejadian serupa dapat dihindari dikemudian hari," jelasnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya