2019, MTF Salurkan Pembiayaan Baru Sebesar Rp28,8 Triliun
Kamis, 05 Maret 2020, 12:44 WIBBisnisNews.id -- PT Mandiri Tunans Finance (MTF) berhasil membukukan kenaikan baik dari sisi penyaluran pembiayaan, pendapatan, laba, maupun asset dengan tetap disertai kehati-hatian dengan menjaga rasio kredit bermasalah tetap di level yang aman pada tahun 2019.
Keberhasilan ini merupkan hasil kerja keras semua pihak, serta dukungan konsumen di Tanah Air. “Sepanjang tahun 2019, MTF telah menyalurkan pembiayaan baru sebesar Rp28,8 triliun atau naik 6,63% dibandingkan pembiayaan baru tahun 2018 sebesar Rp26,9 triliun," kata Direktur Utama MTF Arya Suprihadi di Jakarta, Kamis (4/3/2020).
Selain itu, lanjut dia, MTF juga berhasil mencatatkan perolehan pendapatan sebesar Rp3,44 triliun, naik 10,3% dibandingkan pendapatan tahun 2018 sebesar Rp3,12 triliun. "Dilihat dari segmennya, pendapatan tersebut terdiri atas 80,01% segmen retail dan 19,9% segmen fleet,“ kata Arya lagi.
Secara geografis, lanjut dia, kenaikan pendapatan tersebut terutama ditunjang oleh kenaikan pendapatan sebesar 28,78% di wilayah Kalimantan dan 15,82% Sumatera (Nangroe Aceh Darussalam, Riau, dan Sumatera Utara). Perusahaan juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp445,4 miliar atau naik 10,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2018.
Sementara, jelas Arya, aset tumbuh 4,68% dibandingkan periode yang sama tahun 2018, yakni mencapai Rp18,3 triliun per 31 Desember 2019 dibandingkan periode sebelumnya sebesar Rp17,5 triliun.
Kendati gencar mendorong pertumbuhan bisnis, MTF tetap berhasil menjaga kualitas kredit, yang tercermin dengan tingkat Non Performing Loan (NPL) mencapai 0,75%, yang mengalami perbaikan dari posisi NPL tahun lalu sebesar 0,83%.
Pencapaian Non Keuangan 2019
“Dari sisi non keuangan, MTF telah melaksanakan berbagai pencapaian, sesuai rencana perusahaan yakni focus pada business excellence, operational excellence, dan service excellence.
Di tahun 2019, menurut Arya, MTF melaksanakan peningkatan kualitas layanan pelanggan dengan membuka Customer Experience Lounge dan peluncuran chatbot Marsha. Marsha merupakan layanan digital chatbot yang berarti MTF Assistant Virtual Sahabat Anda.
Dengan adanya Marsha, sebut Arya, diharapkan konsumen akan dapat semakin mudah berinteraksi dan mendapatkan layanan pembiayaan dari MTF.
MTF juga gencar melakukan sosialisasi produk melalui partisipasi dalam event pameran otomotif seperti pameran yang rutin diadakan MTF di berbagai kota di tanah air yakni MTF Autofiesta. Untuk mendapatkan layanan pembiayaan bagi customer, MTF menyediakan berbagai channel, antara lain 102 cabang di seluruh Indonesia.
"Customer Care 1500059, email [email protected], account social media (antara lain Instagram, Facebook, Twitter), serta website www.mtf.co.id. Selain itu tersedia pula aplikasi MTF Go yang mempermudah konsumen mendapatkan berbagai informasi seputar layanan MTF," tandas Arya.(helmi)