AP II Dinobatkan Sebagai Perusahaan Paling Inovatif
Selasa, 26 Februari 2019, 16:47 WIBBisnisnews.id – Millennial Airport Travel Experience Lounge (iMATE Lounge) di bandara Internasional Soekarno-Hatta mengantarkan
PT Angkasa Pura II (Persero) - AP II sebagai perusahaan paling inovatif di Indonesia.
iMATE Lounge merupakan terobosan AP II guna mengakomodir kebutuhan perjalanan zaman now di Bandara Internasonal Soekarno-Hatta, dan membawa AP II meraih penghargaan Innovative Company in Building Airport Digital Lounge dari Majalah Warta Ekonomi.
Penghargaan ini didasari dari terpenuhinya tiga kriteria. Yakni, Digital Innovation (produk atau jasa baru yang berbasis digital), lalu Process (menilai bisnis proses dan dampaknya ke perusahaan), dan People (menilai kepuasan konsumen).
Keberadaaan iMATE Lounge sendiri berangkat dari kesadaran AP II dalam mengakomodir kebutuhan para penumpang pesawat, yang 68% berasal dari generasi milenial.
Di lounge tersebut traveller generasi milenial dapat menemukan berbagai pelayanan berbasis digital seperti virtual assistant melalui chat bot, co-working space, digital wayfinding, hingga melakukan reservasi perjalanan atau akomodasi.
Lebih dari itu, iMATE Lounge kini juga menyediakan area bermain game online yang disebut dengan AirSport. Di area ini, gamer akan merasa betah berlama-lama duduk di kursi yang didesain khusus untuk bermain game, ditambah juga dengan tersedianya WiFi berkecepatan tinggi (Wi-Shock) yang menjamin kelancaran bermain game online.
Lounge tersebut juga diperkuat personil robot pintar bernama DILO yang dapat menghibur para pengunjung bandara dan penumpang pesawat. DILO memiliki fitur multimedia (music, video, dokumen).
President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan iMATE Lounge merupakan contoh pelayanan modern dan berbasis digital yang seharusnya sudah menjadi standar di bandara-bandara nasional pada era Revolusi Industri 4.0.
“Perkembangan teknologi begitu cepat dan kita sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa publik harus dapat beradapatasi cepat untuk dapat mengimbangi kebutuhan generasi milenial yang memang melek teknologi.”
“Saat ini iMATE Lounge ditemui di Terminal 3 dan 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan pada April ada di Terminal 1. Ke depannya, iMATE Lounge dihadirkan di seluruh bandara-bandara AP II guna memberikan pelayanan zaman now dan mewujudkan millennial travel experience yang sebenarnya.”
Adapun iMATE Lounge merupakan salah satu produk transformasi digital yang dijalankan AP II, setelah sebelumnya juga lahir Airport Operation Control Center (AOCC), aplikasi iMATE dan iPerform, serta infrastruktur digital lainnya.(Syam S)