Garuda Indonesia Tawarkan Layanan Kargo Aplikasi Tauberes
Rabu, 11 September 2019, 22:56 WIBBisnisnews.id - PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI) anak usaha Garuda Indonesia tawarkan fasilitas aplikasi layanan kargo udara kepada masyarakat yang terkoneksi langsung kepada agen pengiriman.
Aplikasi Tauberes tersebut dapat diakses seluruh masyarakat (pemilik barang) dan menentukan sendiri agen pengiriman sebagai mitranya.
Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha PT Garuda Indonesia Tbk, Mohammad Iqbal menjelaskan, aplikasi tersebut merupakan platform e-commerce yang menyediakan jasa pemesanan logistik. Baik untuk kurir, air cargo gateway, dan sistem pembayaran.
Iqbal menuturkan, program layanan digital yang diluncurkan ini sejalan dengan upaya berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam memenuhi kebutuhan para pemilik barang.
"Ini adalah inovasi pengembangan layanan digital yang dapat menjawab kebutuhan pengguna jasa dalam memenuhi kebutuhan pengiriman barang secara cepat, tepat, dan efisien serta adaptif terhadap perkembangan teknologi Informasi," jelas Iqbal, di celah-celah peluncuran Aplikasi Tauberes, Rabu (11/9/2019) di Jakarta.
Aplikasi tersebut menggunakan konsep smart logistic services, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara daring dengan basis layanan kargo udara yang terpercaya mulai dari akurasi waktu pengiriman, keamanan paket, hingga tarif yang kompetitif.
Aplikasi Tauberes yang ditawarkan ini,
berbasis Progressive Web Application (PWA) tersebut telah tersedia di seluruh platform gawai, baik iOS maupun Android.
Direktur Utama GTI Albert Burhan menjelaskan, aplikasi ini berbeda dengan yang sudah ada dan biasa digunakan masyarakat. Layanan digital ini didesain khusus sebagai one-stop logistic solution yang memiliki tiga fitur utama, yaitu Kirim Paket, Kargo Udara, dan Belanja Online.
Dia mencontohkan, setiap pemilik barang memgakses aplikasi Tauberes dapat memilih penyedia jasa pengiriman barang yang telah bekerja sama. Yakni, J&T Express, Lion Parcel, Aero Express, SAP dan Si Cepat serta akan diikuti mitra-mitra lain, dengan pilihan metode pembayaran melalui LinkAja maupun pembayaran tunai.
"Melalui fitur tracking antar pulau yang terkoneksi dengan sistem maskapai, akan memudahkan pengguna jasa untuk memonitor pergerakan paket kiriman secara real time," kata Albert.
Berbeda dengan aplikasi lainnya, melalui Tauberes paket juga akan dapat dimonitor pada saat di bandara dan di pesawat, sehingga pengiriman barang akan dapat dipantau secara penuh.
Albert mengaku sedang mengembangkan fitur marketplace sebagai salah satu pilar utama pada aplikasi ini. Selanjutnya, diharapkan tidak hanya akan memberikan kemudahan untuk berbelanja produk e-commerce, tetapi juga menjadi solusi one stop shopping bagi pengguna jasa.
CEO Lion Parcel, yang menjadi mitra Aplikasi Tauberes mengakui, dengan konsep yang ada, pengiriman barang dapat lebih cepat tanpa harus menunggu kuota paket yang akan dikirim.
Dijelaskan, kalau sekarang ini bila barang belum memenhhi kuota harus dikumpul dan dikirim setelah kuota terpenuhi tapi dengan Aplikasi Tauberes, barang langsung dikirim. (Syam S).