Rabu, 26 Juli 2017

Home/ Industri / Maritim / Berita

Minggu, 19 Februari 2017 20:09 WIB

Bupati Pinrang Gandeng BMKG



Bisnisnews.id - Bupati Pinrang Aslan Patonangi gandeng Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk kepentingan data informasi terkait keselamatan transportasi laut.

Kerjasama informasi data cuaca itu ditandai penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum off Understanding/MoU) antara Bupati Pinrang Aslan Patonangi dengan Kepala BMKG Andi Eka Sakya, Minggu (19/8/2017) di halaman Bupati Pinrang tentang  'Pemanfaatan Data dan informasi Meteorologi Maritim Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pinrang'.

Ruang lingkup kerjasama itu meliputi pemanfaatan data informasi meteorologi maritim untuk mndukung pembangunan kabupten pinrang, pengelolaan sekolah lapang iklim untuk nelayan, pemberian pemahaman dasar berupa pelatihan di bidang meteorologi maritim, pemanfaatan sarana dan prasarana dan kegiatan lain yag masih dalam lingkup kesepakatan bersama.

Aslan mengatakan  informasi cuaca dan iklim dari BMKG sangatlah penting sebagai referensi bagi para nelayan dalam peningkatan hasil panen ikan dan udang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pinrang kata Aslan.

Informasi cuaca dan iklim juga dijadikan andalan dalam menunjang sektor sektor unggulan dan untuk pelaksanaan mitigasi bencana di kabupaten Pinrang.

Dijelaskan, partisipasi BMKG sejak 2016
dalam pelaksanan kegiatan Sekolah Lapang Phronima Suppa kepada para nelayan yang mampu meningkatkan produksi udang windu organik sekitar 350 persen yang diekspor ke Jepang. (Ari)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
IKLIM INVESTASI
Bank Dunia Minta Pemerintah Kurangi Hak Istimewa BUMN 

Bisnisnews.id - Bank Dunia meminta Indonesia memperbaiki iklim investasinya untuk menarik lebih banyak investasi ke dalam pembangunan infrastruktur. Saran yang diberikan bagi pemerintah cukup banyak, salah satunya adalah mengurangi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
INDUSTRIAL
Regulator dan Pengguna Jasa Gelisah Hadapi Rencana Aksi Mogok SP JICT

Bisnisnews.id-Ancaman mogok massal para pekerja pelabuhan di Tanjung Priok yang diinisiasi Serikat Pekerja Jakarta International Countainer terminal (SP-JICT) membuat gundah para pelaku usaha dan pemerintah. Pasalnya, bila benar . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
NILAI TUKAR
Rupiah Makin Tersudut di Level 13. 322 dan Resisten 13.297

Bisnisnews.id-Nilai tukar Rupiah makin tersudut dengan terus menguatnya dolar AS. Prgerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan berada pada level support 13.322 dan resisten 13.297. Walau terlihat masih lebih baik dari sebelumnya, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
 Komisi X  DPR RI Tetap Minta INASGOC Transparan

Bisnisnews.id - Komisi X DPR-RI menyetujui usulan anggaran dana triwulan kedua sebesar Rp1,5 triliun yang diajukan panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) untuk persiapan penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. "Ya, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
KERJA SAMA
Indonesia Tuan Rumah Konferensi Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara

49th SEAMEO Council Conference membahas tujuh prioritas bidang pendidikan Bisnisnews.id – Kemendikbud Indonesia menjadi tuan rumah dalam Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 atau 49th SEAMEO Council . . .
Selengkapnya