Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

MARITIM
Minggu, 19 Februari 2017 20:09 WIB

Bupati Pinrang Gandeng BMKG



Bisnisnews.id - Bupati Pinrang Aslan Patonangi gandeng Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk kepentingan data informasi terkait keselamatan transportasi laut.

Kerjasama informasi data cuaca itu ditandai penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum off Understanding/MoU) antara Bupati Pinrang Aslan Patonangi dengan Kepala BMKG Andi Eka Sakya, Minggu (19/8/2017) di halaman Bupati Pinrang tentang  'Pemanfaatan Data dan informasi Meteorologi Maritim Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pinrang'.

Ruang lingkup kerjasama itu meliputi pemanfaatan data informasi meteorologi maritim untuk mndukung pembangunan kabupten pinrang, pengelolaan sekolah lapang iklim untuk nelayan, pemberian pemahaman dasar berupa pelatihan di bidang meteorologi maritim, pemanfaatan sarana dan prasarana dan kegiatan lain yag masih dalam lingkup kesepakatan bersama.

Aslan mengatakan  informasi cuaca dan iklim dari BMKG sangatlah penting sebagai referensi bagi para nelayan dalam peningkatan hasil panen ikan dan udang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pinrang kata Aslan.

Informasi cuaca dan iklim juga dijadikan andalan dalam menunjang sektor sektor unggulan dan untuk pelaksanaan mitigasi bencana di kabupaten Pinrang.

Dijelaskan, partisipasi BMKG sejak 2016
dalam pelaksanan kegiatan Sekolah Lapang Phronima Suppa kepada para nelayan yang mampu meningkatkan produksi udang windu organik sekitar 350 persen yang diekspor ke Jepang. (Ari)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
SERANGAN KABUL
Taliban Serang Hotel Intercontinental, Enam Tewas

Bisnisnews.id - Orang-orang bersenjata menyerbu sebuah hotel mewah di Kabul dan membunuh setidaknya 6 orang dalam pertempuran 12 jam yang membuat sebagian bangunan terbakar. Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan di . . .
Selengkapnya