Kamis, 23 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Otomotif / Berita

SEPEDA MOTOR
Rabu, 14 Juni 2017 02:02 WIB

Sepeda Motor Sport Masih mendapat Tempat



Bisnisnews.id - Peluangnya besar, peminatnya juga banyak, karena itu pasar sepeda motor sport di tanah air tetap stabil. Walau diakui munculnya  si matik menjadi ancaman penjualan bebek, tapi sepeda motor jenis sport tidak bergeming. Malah market share-nya kini ada di 10 persen dari total penjualan sepeda motor nasional.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pad 2012 menunjukan total penjualan sepeda motor nasional yang mencapai 6.025.697 unit. 58,46 persennya atau 3.522.514 unit adalah matik, sedang bebek tinggal 30,82 persen atau sekitar 1.857.127 unit. Sedang sport, porsinya mencapai 10,27 persen atau sekitar 646.056 unit.

Dari total penjualan sepeda motor sport anggota AISI, Yamaha masih mendominasi. Penjualannya mencapai 385.606 unit atau lebih dari setengah penjualan sepeda motor sport di Indonesia. Sekaligus mengukuhkan Yamaha V-Ixion sebagai motor sport paling digemari di Indonesia.

Sedang Kawasaki menjadi pabrikan dengan varian motor sport paling besar di Indonesia. Totalnya ada 15 model yang dipasarkan. Dari motor sport 150 cc, trail hingga moge 600 cc. Lengkap! Honda yang secara total penjualan menduduki peringkat ke tiga di bawah Kawasaki tetap mengandalkan New MegaPro sebagai model dengan penjualan tertinggi.

Hampir di semua pabrikan, motor sport 150 cc masih mendominasi. Totalnya, mulai dari Honda dengan New MegaPro, Kawasaki yang menawarkan Ninja 150RR, KLX 150S hingga D-Tracker 150, juga Yamaha dengan V-Ixion dan Byson, penjualan sepeda motor sport 150 cc mencapai 578.701 unit.

Kedepannya, pasar motor sport di Indonesia dipastikan bakal lebih bergairah. Honda sudah pasti akan menjual CB150R, begitu juga dengan Yamaha yang telah memperkenalkan New V-Ixion dan berjanji untuk segera memasarkannya. Sedang Suzuki, penjualan Inazuma-nya belum terlalu terlihat karena baru diluncurkan akhir Oktober 2012. Kawasaki juga sudah siap dengan global produknya.(**)


Baca Juga

 

Internasional  -  Kamis, 23 November 2017
CANBERRA
Paksa Pengungsi Pergi, Polisi PNG Masuki Kamp Manus

Bisnisnews.id - Polisi Papua Nugini masuk ke kamp pengungsian yang dikelola oleh Australia pada hari Kamis 23 November dan memaksa ratusan orang meninggalkan pusat penahanan di pulau tersebut. Pencari suaka, yang telah dibarikade . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
KECELAKAAN
Delapan Selamat Setelah Pesawat AL AS Jatuh DI Laut Jepang

Bisnisnews.id - Tim penyelamat telah menyelamatkan delapan orang ke tempat yang aman di selatan Jepang setelah sebuah pesawat Angkatan Laut AS dengan 11 orang di kapal jatuh di Laut Filipina. Pasukan Jepang dan Amerika bergegas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
TERORIS
Pakistan Bebaskan Dalang Serangan Mumbai

Bisnisnews.id - Pengadilan Pakistan pada hari Rabu 22 November memerintahkan pembebasan salah satu dalang dugaan serangan Mumbai 2008 yang menewaskan lebih dari 160 orang, setelah berbulan-bulan AS menekan Islamabad atas dugaan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
ZIMBABWE
Mugabe Keluar, Buaya Pulang Ambil Alih

Bisnisnews.id - Wakil presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa akan terbang pulang pada hari Rabu 22 November untuk mengambil alih kekuasaan setelah pengunduran diri Robert Mugabe yang mengakhiri masa pemerintahan 37 tahun yang otoriter. Dia . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
SERBIA
Dipenjara Seumur Hidup, Penjagal Bosnia Dinyatakan Bersalah Atas Genosida

Bisnisnews.id - Juri PBB pada hari Rabu 22 November menghukum mantan komandan Serbia Bosnia, Ratko Mladic untuk menjalani hukuman penjara seumur hidup setelah menemukannya bersalah melakukan genosida dan kejahatan perang dalam . . .
Selengkapnya