Senin, 24 Juli 2017

Home/ Internasional / / Berita

Minggu, 09 Juli 2017 22:22 WIB

Qatar Cari Kompensasi Akibat Isolasi Arab


Jaksa Agung Qatar. Ali bin Fetais al-Marri berbicara setelah peluncuran Komite Klaim Ganti Rugi dalam sebuah konferensi pers di Doha pada 9 Juli 2017. (AFP Photo)

Bisnisnews.id - Qatar pada hari Minggu 9 Juli 2017 mengatakan akan membentuk komite untuk mengupayakan kompensasi kerugian akibat blokade oleh beberapa negara Arab. Klaim kompensasi bisa bernilai miliaran dolar. Komite tersebut melibatkan menteri kehakiman dan urusan luar negeri Qatar.

Komite akan menangani semua klaim yang terkait dengan blokade tersebut, termasuk Qatar Airways yang izinnya dicabut oleh Saudi. 

Jaksa Penuntut Umum Qatar, Ali Al-Marri mengatakan dalam sebuah konferensi pers hari Minggu (9/7/2017) bahwa komite akan menangani klaim yang dibuat oleh perusahaan swasta, institusi publik dan perorangan.

Pada tanggal 5 Juni, Arab Saudi dan empat negara lainnya telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, mengklaim bahwa negara tersebut memfasilitasi terorisme. Tiga negara lain juga ikut.

Mereka telah mengajukan daftar tuntutan kepada Qatar pada 22 Juni 2017. Di antara tuntutannya, mereka bersikeras agar Qatar menutup Al Jazeera dan jaringan berita lainnya, memutuskan hubungan dengan Ikhwanul Muslimin dan semua hubungan dengan Iran yang memiliki perbedaan geo-politik dengan Arab Saudi. Tapi, Qatar menolak tuntutan tersebut, menyebut mereka tidak masuk akal dan tidak dapat ditindaklanjuti.

Negara-negara Arab belum memberikan bukti apapun atas tuduhan mereka bahwa Doha mendukung militansi, sementara Qatar telah berulang kali menolak tuduhan bahwa mereka mendukung terorisme apapun. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 24 Juli 2017
PANSUS KPK
Mengagetkan, Komisioner KPK Terima Uang Rp 1 Miliar ?

Wakil Direktur Keuangan Permai Group Yulianis saat diambil sumpahnya agar memberikan keterangan sejujurnya sebelum dimulainya Rapat Dengar pendapat Umum (RDPU) dengan Pansus Hak Angket KPK di ruang KK 1, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 24 Juli 2017
MEGA KORUPSI
Soal Pelindo II, Prima Tuntut Menneg BUMN Ditangkap

Bisnisnews.id - Perhimpunan Masyarakat Madani (PRIMA) akan melakukan aksi demo terkait kasus mega korupsi Pelindo II hari Selasa 25 Juli 2017 di Gedung KPK. Menurut Syaroni, Ketua Presidium PRIMA bahwa demo "Segera Tangkap Rini . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 24 Juli 2017
MILITER DAN INTELIJEN
1.200 Tentara Dari 22 Negara Tiba Untuk Olimpiade Militer Rusia 2017

Bisnisnews.id - Pasukan dari 22 negara telah tiba di Rusia untuk Olimpiade Internasional Militer Rusia. Sekitar 1.200 tentara dari China, India, Iran dan beberapa negara sekutu Rusia atau netral diperkirakan akan ambil bagian, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 24 Juli 2017
OBOR
China Harap Pembangunan Kereta Api Thailand Dipercepat

Bisnisnews.id - Menteri luar negeri China mengatakan dia berharap pembangunan perkeretaapian Thailand yang baru dapat segera dimulai sehingga Thailand akan memiliki akses yang lebih baik ke pasar China. Wang Yi sedang dalam kunjungan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 24 Juli 2017
LAYANAN
Hasil Survei, Tiga Bandara AP I Masuk 10 Besar Dunia

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, raih peringkat II jumlah penumpang terbanyak oleh lembaga pemeringkat ACI Bisnisnews.id-Tiga bandara PT Angkasa Pura I masuk peringkat 10 besar dunia kategori jumlah penumpang, hasil survei penilaian . . .
Selengkapnya