Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / / Berita

KERETAKAN DIPLOMATIK
Minggu, 09 Juli 2017 22:22 WIB

Qatar Cari Kompensasi Akibat Isolasi Arab


Jaksa Agung Qatar. Ali bin Fetais al-Marri berbicara setelah peluncuran Komite Klaim Ganti Rugi dalam sebuah konferensi pers di Doha pada 9 Juli 2017. (AFP Photo)

Bisnisnews.id - Qatar pada hari Minggu 9 Juli 2017 mengatakan akan membentuk komite untuk mengupayakan kompensasi kerugian akibat blokade oleh beberapa negara Arab. Klaim kompensasi bisa bernilai miliaran dolar. Komite tersebut melibatkan menteri kehakiman dan urusan luar negeri Qatar.

Komite akan menangani semua klaim yang terkait dengan blokade tersebut, termasuk Qatar Airways yang izinnya dicabut oleh Saudi. 

Jaksa Penuntut Umum Qatar, Ali Al-Marri mengatakan dalam sebuah konferensi pers hari Minggu (9/7/2017) bahwa komite akan menangani klaim yang dibuat oleh perusahaan swasta, institusi publik dan perorangan.

Pada tanggal 5 Juni, Arab Saudi dan empat negara lainnya telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, mengklaim bahwa negara tersebut memfasilitasi terorisme. Tiga negara lain juga ikut.

Mereka telah mengajukan daftar tuntutan kepada Qatar pada 22 Juni 2017. Di antara tuntutannya, mereka bersikeras agar Qatar menutup Al Jazeera dan jaringan berita lainnya, memutuskan hubungan dengan Ikhwanul Muslimin dan semua hubungan dengan Iran yang memiliki perbedaan geo-politik dengan Arab Saudi. Tapi, Qatar menolak tuntutan tersebut, menyebut mereka tidak masuk akal dan tidak dapat ditindaklanjuti.

Negara-negara Arab belum memberikan bukti apapun atas tuduhan mereka bahwa Doha mendukung militansi, sementara Qatar telah berulang kali menolak tuduhan bahwa mereka mendukung terorisme apapun. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
SERANGAN KABUL
Taliban Serang Hotel Intercontinental, Enam Tewas

Bisnisnews.id - Orang-orang bersenjata menyerbu sebuah hotel mewah di Kabul dan membunuh setidaknya 6 orang dalam pertempuran 12 jam yang membuat sebagian bangunan terbakar. Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan di . . .
Selengkapnya