Sabtu, 18 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Pariwisata / Berita

Sabtu, 15 Juli 2017 03:47 WIB

Kapal Pesiar Jenis Yacht Milik Wisman Asal Australia Hangus Terbakar di Maumere



Kapal pesiar mini atau Yacht, milik sepasang wisatawan manca negara asal Australia, Jumat (14/7/2017) sekitar pukul 10.15 wita hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa, karena sang suami Longhurst Mark Aidan (55) berhasil melompat sedangkan istrinya tengah mengurus dokumen kedatangan di kantor imigrasi. (foto: ist)

 

Bisnisnews.id-Kapal pesiar jenis Yacht Next Chapter milik sepasang suami istri asal Australia, yaitu Longhurst Mark Aidan (55) dan istrinya Olds Jennie Lee (47) tiba-tiba terbakar di Pelabuhan Lorens Say Maumere, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok Kabupaten Sikka atau sekitar 1 kilo meter arah laut dari dermaga III pelabuhan lorens say.

Ledakan yang diikuti semburan api itu terjadi pada hari Jumat (14/7/2017), pukul 10.15 Wita. Beruntung, Longhurst Mark Aidan (55) yang ada di dalam kapal itu berhasil mennyelamatkan diri dengan cara melompat dan diselamatkan petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Maumere dibantu para nelayan.

Dalam peristiwa itu, Longhurst Mark Aidan mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit Tc.Hillers Maumere untuk dilakukan pengobatan. Namun kapal jenis yacht Next Chapter yang digunakan bersama istrinya yang saat itu tengah melaporkan kedatangannya di Imigrasi kelas II dan KSOP Maumere tidak bisa diselamatkan karena seluruh badan kapal terkurung api dan sekitar pukul 11.30 wita tenggelam.

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnisnews.id dari petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Maumere menyebutkan, kapal yang ditumpangi sepasang suami istri asal negeri Kaguru itu tiba di Maumere pada hari Kamis 13 Juli 2017 sekitar pukul 18.30 Wita. Selanjutnya kapal berlabuh jangkar di perairan pelabuhan Lorens Say. Rencananya, keesokan harinya akan melanjutkan pelayarannya menuju Dili Timor Leste.

Jumat pagi, 14 Juli 2017 sekitar pukul 10.15 Wita kapal tersebut mengalami kebakaran dan sumber api berasal dari dapur tempatya memasak.

Api itu pertama kali dilihat oleh Longhurst Mark Aidan (suami) saat dirinya tengah menarik jangkar. Pada saat kejadian, ang istri, yaitu Olds Jennie Lee tidak berada di kapal melainkan sedang melapor kedatangannya di Imigrasi kelas II dan KSOP Maumere.

Saat diketahui ada kobaran api, Longhurst Mark Aidan mencoba memadamkan dengan mengambil alat pemadam kebakaran (Apar) tetapi sudah terlambat, karen dalam waktu singkat api semakin membesar. Beruntung dirinya berhasil melompat dari kapal serta berusaha mengambil Speed kecil yang berada di belakang kapal.

Longhurst Mark Aidan bergegas menjauhi kapal dan meminta pertolongan kepada nelayan yang berada disekitar lokasi kebakaran tersebut. Para petugas KSOP dibantu nelayan melakukan evakuasi Longhurst Mark Aidan dan segera melarikannya ke rumah sakit Tc.Hillers Maumere untuk diberikan penanganan medis.(Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
DOPING
WADA Tetap Suspensi Rusia

Bisnisnews.id - Badan Anti-Doping Dunia tetap suspensi sementara Rusia pada hari Kamis (16/11/2017), meningkatkan kemungkinan larangan untuk ikut pada Olimpiade Musim Dingin Februari di Pyeongchang. Pertemuan Dewan WADA di Seoul . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 18 November 2017
LIBANON
Tuduh Saudi Tahan PM, Hariri Lakukan Perjalanan Ke Prancis

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri akan berkunjung ke Prancis dalam beberapa hari mendatang, sebuah sumber kepresidenan Prancis mengatakan pada hari Rabu (15/11/2017), setelah Beirut menuduh Arab Saudi menahannya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 17 November 2017
INFRASTRUKTUR
KEMENKEU: Tiga Sumber Pendanaan Pembangunan

Bisnisnews.id -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan sumber pembiayaan infrastruktur nasional bukan melulu bertumpu pada APBN namun juga dari BUMN dan swasta.  Diperlukan inovasi pembiayaan agar publik bisa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 17 November 2017
POLITIK
Inggris Dukung Papua Tetap Bagian NKRI

Bisnisnews.id - Pemerintah Inggris mendukung wilayah Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, di Sorong, Kamis, mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 17 November 2017
KUDETA
Sang Istri Grace, Pemicu Jatuhnya Robert Mugabe

Bisnisnews.id - Presiden tertua di dunia, Robert Mugabe akhirnya turun tahta juga setelah militer mengambil alih kekuasaan secara paksa dan langsung mengendalikan pemeritahan Zinbabwe. Sedangkan Mugabe dan keluarganya dijamin . . .
Selengkapnya