Senin, 25 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Pariwisata / Berita

Sabtu, 15 Juli 2017 03:47 WIB

Kapal Pesiar Jenis Yacht Milik Wisman Asal Australia Hangus Terbakar di Maumere



Kapal pesiar mini atau Yacht, milik sepasang wisatawan manca negara asal Australia, Jumat (14/7/2017) sekitar pukul 10.15 wita hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa, karena sang suami Longhurst Mark Aidan (55) berhasil melompat sedangkan istrinya tengah mengurus dokumen kedatangan di kantor imigrasi. (foto: ist)

 

Bisnisnews.id-Kapal pesiar jenis Yacht Next Chapter milik sepasang suami istri asal Australia, yaitu Longhurst Mark Aidan (55) dan istrinya Olds Jennie Lee (47) tiba-tiba terbakar di Pelabuhan Lorens Say Maumere, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok Kabupaten Sikka atau sekitar 1 kilo meter arah laut dari dermaga III pelabuhan lorens say.

Ledakan yang diikuti semburan api itu terjadi pada hari Jumat (14/7/2017), pukul 10.15 Wita. Beruntung, Longhurst Mark Aidan (55) yang ada di dalam kapal itu berhasil mennyelamatkan diri dengan cara melompat dan diselamatkan petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Maumere dibantu para nelayan.

Dalam peristiwa itu, Longhurst Mark Aidan mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit Tc.Hillers Maumere untuk dilakukan pengobatan. Namun kapal jenis yacht Next Chapter yang digunakan bersama istrinya yang saat itu tengah melaporkan kedatangannya di Imigrasi kelas II dan KSOP Maumere tidak bisa diselamatkan karena seluruh badan kapal terkurung api dan sekitar pukul 11.30 wita tenggelam.

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnisnews.id dari petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Maumere menyebutkan, kapal yang ditumpangi sepasang suami istri asal negeri Kaguru itu tiba di Maumere pada hari Kamis 13 Juli 2017 sekitar pukul 18.30 Wita. Selanjutnya kapal berlabuh jangkar di perairan pelabuhan Lorens Say. Rencananya, keesokan harinya akan melanjutkan pelayarannya menuju Dili Timor Leste.

Jumat pagi, 14 Juli 2017 sekitar pukul 10.15 Wita kapal tersebut mengalami kebakaran dan sumber api berasal dari dapur tempatya memasak.

Api itu pertama kali dilihat oleh Longhurst Mark Aidan (suami) saat dirinya tengah menarik jangkar. Pada saat kejadian, ang istri, yaitu Olds Jennie Lee tidak berada di kapal melainkan sedang melapor kedatangannya di Imigrasi kelas II dan KSOP Maumere.

Saat diketahui ada kobaran api, Longhurst Mark Aidan mencoba memadamkan dengan mengambil alat pemadam kebakaran (Apar) tetapi sudah terlambat, karen dalam waktu singkat api semakin membesar. Beruntung dirinya berhasil melompat dari kapal serta berusaha mengambil Speed kecil yang berada di belakang kapal.

Longhurst Mark Aidan bergegas menjauhi kapal dan meminta pertolongan kepada nelayan yang berada disekitar lokasi kebakaran tersebut. Para petugas KSOP dibantu nelayan melakukan evakuasi Longhurst Mark Aidan dan segera melarikannya ke rumah sakit Tc.Hillers Maumere untuk diberikan penanganan medis.(Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 25 September 2017
TRAGEDI KEMANUSIAAN
Memberi Makan Ribuan Pengungsi,  Bangladesh Berharap Bantuan Internasional

Bisnisnews.id-Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi mengatakan, saat ini Bangladesh sangat membutuhkan bantuan internasional, untuk memberi makan dan melindungi 436.000 orang Rohingya yang telah meninggalkan Myanmar . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 24 September 2017
AIRNAV INDONESIA
Gunung Agung Status AWAS, Sejumlah Penerbangan ke Bali Akan Dialihkan 

Bisnisnews.id-Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia) akan mengalihkan sejumlah rute penerbangan tujuan bandara I Gusti Ngurahrai Bali ke sejumlah bandara, menyusul ancaman letusan . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Minggu, 24 September 2017
Nobar Pertandingan  KPK Vs DPR,  Makin Tegang ....

Oleh: Baba Makmun Penulis adalah wartawan senior, tinggal di kawasan Pejaten Timur Jaksel. Bisnisnews.id-Ibarat tengah nonton bareng (nobar) pertandingan sepakbola, 'duel' Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lawan Komisi Pemberantasan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 24 September 2017
SATWA LANGKA
Tiongkok  Pinjamkan  Giant Panda ke  Indonesia Untuk Dikembangbiakan

Bisnisnews.id-Tiongkok pinjamkan sepasang satwa Giant Panda kepada pemerintah Indonesia untuk dikembangbiakan di Taman Safari Indonesia. Giant Panda merupakan salah satu satwa kategori Appendix I CITES yang merupakan satwa endemik . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 24 September 2017
TES RUDAL
AS Tuduh Iran Dan Korut Kerjasama Kembangkan Nuklir

Bisnisnews.id - Presiden Trump menuduh Iran berkolaborasi dengan Korea Utara untuk memperkuat teknologi rudal mereka dalam tweet-nya pada Sabtu 23 Agustus, mengkritik kesepakatan nuklir 2015 antara AS, Iran dan lima negara kuat . . .
Selengkapnya