Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Pariwisata / Berita

Sabtu, 15 Juli 2017 03:47 WIB

Kapal Pesiar Jenis Yacht Milik Wisman Asal Australia Hangus Terbakar di Maumere



Kapal pesiar mini atau Yacht, milik sepasang wisatawan manca negara asal Australia, Jumat (14/7/2017) sekitar pukul 10.15 wita hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa, karena sang suami Longhurst Mark Aidan (55) berhasil melompat sedangkan istrinya tengah mengurus dokumen kedatangan di kantor imigrasi. (foto: ist)

 

Bisnisnews.id-Kapal pesiar jenis Yacht Next Chapter milik sepasang suami istri asal Australia, yaitu Longhurst Mark Aidan (55) dan istrinya Olds Jennie Lee (47) tiba-tiba terbakar di Pelabuhan Lorens Say Maumere, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok Kabupaten Sikka atau sekitar 1 kilo meter arah laut dari dermaga III pelabuhan lorens say.

Ledakan yang diikuti semburan api itu terjadi pada hari Jumat (14/7/2017), pukul 10.15 Wita. Beruntung, Longhurst Mark Aidan (55) yang ada di dalam kapal itu berhasil mennyelamatkan diri dengan cara melompat dan diselamatkan petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Maumere dibantu para nelayan.

Dalam peristiwa itu, Longhurst Mark Aidan mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit Tc.Hillers Maumere untuk dilakukan pengobatan. Namun kapal jenis yacht Next Chapter yang digunakan bersama istrinya yang saat itu tengah melaporkan kedatangannya di Imigrasi kelas II dan KSOP Maumere tidak bisa diselamatkan karena seluruh badan kapal terkurung api dan sekitar pukul 11.30 wita tenggelam.

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnisnews.id dari petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Maumere menyebutkan, kapal yang ditumpangi sepasang suami istri asal negeri Kaguru itu tiba di Maumere pada hari Kamis 13 Juli 2017 sekitar pukul 18.30 Wita. Selanjutnya kapal berlabuh jangkar di perairan pelabuhan Lorens Say. Rencananya, keesokan harinya akan melanjutkan pelayarannya menuju Dili Timor Leste.

Jumat pagi, 14 Juli 2017 sekitar pukul 10.15 Wita kapal tersebut mengalami kebakaran dan sumber api berasal dari dapur tempatya memasak.

Api itu pertama kali dilihat oleh Longhurst Mark Aidan (suami) saat dirinya tengah menarik jangkar. Pada saat kejadian, ang istri, yaitu Olds Jennie Lee tidak berada di kapal melainkan sedang melapor kedatangannya di Imigrasi kelas II dan KSOP Maumere.

Saat diketahui ada kobaran api, Longhurst Mark Aidan mencoba memadamkan dengan mengambil alat pemadam kebakaran (Apar) tetapi sudah terlambat, karen dalam waktu singkat api semakin membesar. Beruntung dirinya berhasil melompat dari kapal serta berusaha mengambil Speed kecil yang berada di belakang kapal.

Longhurst Mark Aidan bergegas menjauhi kapal dan meminta pertolongan kepada nelayan yang berada disekitar lokasi kebakaran tersebut. Para petugas KSOP dibantu nelayan melakukan evakuasi Longhurst Mark Aidan dan segera melarikannya ke rumah sakit Tc.Hillers Maumere untuk diberikan penanganan medis.(Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Kedutaan Amerika Pindah Ke Yerusalem Akhir 2019

Bisnisnews.id - Wakil Presiden AS Mike Pence berjanji untuk memindahkan kedutaan besar Amerika ke Yerusalem pada akhir 2019 dalam sebuah pidato hari Senin 22 Januari ke parlemen Israel. Saat Pence berbicara, Presiden Palestina . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
EKONOMI GLOBAL
Terdorong Reformasi Pajak AS, IMF Revisi Prospek Ekonomi Dunia

Bisnisnews.id - Perekonomian global pulih secara bersamaan dengan kecepatan lebih kuat, dan akan mendapatkan dorongan jangka pendek dari pemotongan pajak AS, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan Senin 22 Januari. Dalam . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 22 Januari 2018
UMKM
AP I Gelar Pameran dan Peragaan Busana Daerah

Bisnisnews.id – Manajemen PT Angkasa Pura I menggelar  peragaan busana  pakaian daerah yang berasal dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Peragaan  busana diselenggarakan di ruang tunggu domestik Bandara . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 22 Januari 2018
KONGRES
Menhub Ajak Mahasiswa Membangun Indonesia

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak pemuda membangun seluruh daerah di Indonesia secara bersama-sama. Oleh karenanya konektivitas menjadi suatu keharusan agar Indonesia tetap menjadi Negara Kesatuan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 22 Januari 2018
BPIH
Biaya Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Naik 2,58 Persen

Bisnisnews.id - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini diperkirakan bakal naik sebesar 2,58 persen. Usulan kenaikan itu disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada rapat kerja antara Komisi VIII DPR RI dengan . . .
Selengkapnya