Minggu, 22 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Properti / Berita

PROPERTI
Senin, 31 Juli 2017 11:16 WIB

Ditjen KA Setujui Penggunaan Lahan Ke Pemkot Solo


Pasar Sangkrah, yang berada di diatas lahan milik Ditjen KA akan diserahkan pemanfaatannya ke Pemkot Solo

Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dukung penuhi usulan Pemkot Solo untuk memanfaatkan lahan-lahan milik Ditjen Perkeretapian sebagai kawasan terbuka hijau dan meneruskan pasar tradisional yang sudah ada.

"Ini adalah format bagus. Seperti kita tahu tanah-tanah milik Ditjen Perkeretaapian banyak dikuasai oleh pihak lain dan ada juga yang tidak termanfaatkan dengan baik,"kata Menhub.

Dari empat lokasi lahan yang diusulkan, yaitu Pasar Tradisional Sangkrah, Pasar Tradisional Jebres, Pasar Tradisional Sidomulyo dan Tanah Ex SPBU Ledoksari. Ada dua yang telah disepakati untuk dimanfaatkan Pemkot Solo, diantaranya penggunaan lahan untuk Pasar Tradisional Jebres dan Tanah Ex SPBU Ledoksari.

"Nantinya kita akan kita akan membuat suatu settlement antara Ditjen Perkeretaapian, PT. KAI, Badan Pertanahan dan Pemkot Solo, prinsipnya ini tinggal masalah administras," kata Menhub

Sedangkan Pasar Sangkrah dan Pasar Sidomulyo, Menhub menginstruksikan kedepannya kedua lahan tersebut agar segera diselesaikan administrasinya sehingga dapat segera dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

"Pasar Sangkrah sore ini akan dilakukan pengukuran oleh tim Ditjen Perkeretaapian dan tim Pemkot Solo hingga dapat diketahui berapa lahan yang masih dapat dibangun, prinsipnya saya memberikan kesempatan Pemkot Solo untuk membangun daripada dipakai untuk yang tidak jelas. Sedangkan untuk Pasar Sidomulyo akan dilakukan kajian dan inventarisasi lebih besar lagi sehingga bisa lebih bermanfaat," tambah Menhub.

Walikota Solo F.X Hadi Rudyatmo mengatakan, lahan ex-SPBU Ledoksari akan dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau. Sedangkan lahan di Pasar Tradisional Jebres akan direvitalisasi dan dibangun pasar modern. Lantai satu untuk pedagang tradisional dan lantai dua pedagang souvernir.

Menurut Hadi, tujuan utama dari permintaan pemanfaatan lahan adalah untuk menyelamatkan para pedagang yang sudah berdagang di pasar-pasar tersebut, jauh sebelum terbitnya sertifikat tanah atas nama Kemenhub. (Adhitio)

 

 

Industri  -  Sabtu, 21 April 2018
PESAWAT DELAY
Berikut Penjelasan Lion Group Soal Keterlambatan Puluhan Penerbangannya

Bisnisnews.id -   Puluhan penerbangan  Lion Air Group Sabtu (21/4/201) memgalami keterlambatan  (delayed) dari dan ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan (PLM) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya