Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Properti / Berita

PROPERTI
Senin, 31 Juli 2017 11:16 WIB

Ditjen KA Setujui Penggunaan Lahan Ke Pemkot Solo


Pasar Sangkrah, yang berada di diatas lahan milik Ditjen KA akan diserahkan pemanfaatannya ke Pemkot Solo

Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dukung penuhi usulan Pemkot Solo untuk memanfaatkan lahan-lahan milik Ditjen Perkeretapian sebagai kawasan terbuka hijau dan meneruskan pasar tradisional yang sudah ada.

"Ini adalah format bagus. Seperti kita tahu tanah-tanah milik Ditjen Perkeretaapian banyak dikuasai oleh pihak lain dan ada juga yang tidak termanfaatkan dengan baik,"kata Menhub.

Dari empat lokasi lahan yang diusulkan, yaitu Pasar Tradisional Sangkrah, Pasar Tradisional Jebres, Pasar Tradisional Sidomulyo dan Tanah Ex SPBU Ledoksari. Ada dua yang telah disepakati untuk dimanfaatkan Pemkot Solo, diantaranya penggunaan lahan untuk Pasar Tradisional Jebres dan Tanah Ex SPBU Ledoksari.

"Nantinya kita akan kita akan membuat suatu settlement antara Ditjen Perkeretaapian, PT. KAI, Badan Pertanahan dan Pemkot Solo, prinsipnya ini tinggal masalah administras," kata Menhub

Sedangkan Pasar Sangkrah dan Pasar Sidomulyo, Menhub menginstruksikan kedepannya kedua lahan tersebut agar segera diselesaikan administrasinya sehingga dapat segera dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

"Pasar Sangkrah sore ini akan dilakukan pengukuran oleh tim Ditjen Perkeretaapian dan tim Pemkot Solo hingga dapat diketahui berapa lahan yang masih dapat dibangun, prinsipnya saya memberikan kesempatan Pemkot Solo untuk membangun daripada dipakai untuk yang tidak jelas. Sedangkan untuk Pasar Sidomulyo akan dilakukan kajian dan inventarisasi lebih besar lagi sehingga bisa lebih bermanfaat," tambah Menhub.

Walikota Solo F.X Hadi Rudyatmo mengatakan, lahan ex-SPBU Ledoksari akan dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau. Sedangkan lahan di Pasar Tradisional Jebres akan direvitalisasi dan dibangun pasar modern. Lantai satu untuk pedagang tradisional dan lantai dua pedagang souvernir.

Menurut Hadi, tujuan utama dari permintaan pemanfaatan lahan adalah untuk menyelamatkan para pedagang yang sudah berdagang di pasar-pasar tersebut, jauh sebelum terbitnya sertifikat tanah atas nama Kemenhub. (Adhitio)

 

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya