Jumat, 23 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

WONDERFUL INDONESIA
Selasa, 22 Agustus 2017 23:56 WIB

AP I : Biaya Pendaratan Gratis, Labuan Bajo Siap Diakuisisi



Bisnisnews.id - Operator bandara PT Angkasa Pura (AP) I telah mengeluarkan kebijakan baru, biaya pendaratan gratis untuk maskapai yang membuka atau menambahkan rute baru ke wilayah Jawa Timur. Selain itu, AP I berencana mengakuisisi Bandara Labuan Bajo yang terletak di Nusa Tenggara Timur

Kebijakan baru tersebut muncul setelah perusahaan sejenis, PT Angkasa Pura (AP) II mengeluarkan kebijakan diskon untuk 12 bandara di Indonesia.

Direktur komersial dan pengembangan AP I, Moch. Asrori mengatakan bahwa kebijakan baru ini bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas turis ke Jawa Timur dan terbukti berhasil dengan meningkatnya pergerakan lalu lintas dari 25 menjadi 27 per jam.

Tujuan lainnya adalah mengurangi lalu lintas padat yang terjadi saat musim ramai.

Asrori percaya bahwa perusahaan akan dapat mencapai target satu juta turis internasional ke Jawa Timur yang telah ditetapkan oleh kementerian pariwisata.

"Jumlah wisatawan mancanegara pada 2015 meningkat secara signifikan hingga 54 persen. Tahun lalu kami telah mencatat 612.412 kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur melalui Bandara Internasional Juanda, naik 32 persen dari 2015 yang mencapai 463.596 persen," kata Asrori.

Bandara Komodo

Selain itu, AP I berencana mengakuisisi Bandara Labuan Bajo yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Bandara itu saat ini dimiliki oleh Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama AP I, Danang S Baskoro mengatakan bahwa mereka telah melakukan pembicaraan dengan menteri mengenai akuisisi tersebut, sebelum aset tersebut dirubah menjadi bandara internasional untuk melayani lebih banyak wisatawan.

"Akuisisi ditargetkan untuk tahun ini," katanya.

AP I dan Kementrian, lanjutnya, juga dalam negosiasi akuisisi empat bandara lagi yaitu Sentani di Papua; Juwata di Tarakan, Kalimantan Utara; Mutiara di Palu, Sulawesi Tengah; dan Syukuran Aminuddin Amir di Luwuk, Sulawesi Tengah.

Labuan Bajo adalah satu dari 10 destinasi yang diprioritaskan pemerintah untuk pengembangan pariwisata hingga 2019. Bandara Labuan Bajo perlu direnovasi dan diperluas untuk mendapat status bandara internasional.

Sembilan destinasi lainnya dalam prioritas pemerintah (10 Bali Baru) adalah Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku, Tanjung Lesung di Banten, Tanjung Kelayang di Belitung, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur, Kepulauan Seribu di Jakarta, Danau Toba di Utara Sumatra, Borobudur di Jawa Tengah dan Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

Hanya 4 dari 10 destinasi yang berada dekat bandara internasional, yaitu Borobudur, Mandalika, Danau Toba dan Tanjung Kelayang. (syam s)

Baca Juga

 

Internasional  -  Jumat, 23 Februari 2018
INDEKS KORUPSI
Peringkat 96, Indonesia Masih Masuk Kategori Negara Korup

Bisnisnews.id - Transparency International merilis Indeks Persepsi Korupsi 2017  dan hasil penemuannya adalah sebagian besar negara di dunia hanya membuat sedikit atau tidak ada kemajuan dalam mengakhiri korupsi. Indonesia . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 23 Februari 2018
EXPO
Kemenpora Pamerkan Industri Olahraga di Kemenkeu

Bisnisnews.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ikut berpatisipasi pada Pameran Capain Kinerja Kementerian dan Lembaga yang di gelar di Kantor Kementeria Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Kamis (22/2/2018). Pada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 22 Februari 2018
Jurgen Klopp Ingin Kembali ke Era Bill Shankly

Bisnisnews.id – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan, klub yang dilatihnya tersebut sarat akan sejarah yang besar dan pelatih-pelatih hebat di masa lampau salah satunya, Klopp menyebut Liverpool era Bill Shankly sebagai . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 22 Februari 2018
KLUB BOLA
AC Milan Bangkrut, Bos Asal Tiongkok Yonghong Li Teriak

Bisnisnews.id – Pemilik AC Milan Yonghong Li akhirnya buka suara dan membantah semua kabar yang menyebutkan bahwa dirinya mengalami masalah finansial dan jatuh bangkrut, Rabu (22/2/2010). Sebelumnya, keuangan Li disebut  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 22 Februari 2018
ASIAN GAMES
Asian Games 2018 Akan Diliput 2000 Wartawan

Bisnisnews.id – Buka hanya ribuan atlet dan ofisial yang bakal menyerbu Palembang, tapi awak media juga akan membanjiri Bumi Sriwijaya guna meliput perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Diperkirakan 2.000 wartawan akan . . .
Selengkapnya