Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

WONDERFUL INDONESIA
Selasa, 22 Agustus 2017 23:56 WIB

AP I : Biaya Pendaratan Gratis, Labuan Bajo Siap Diakuisisi



Bisnisnews.id - Operator bandara PT Angkasa Pura (AP) I telah mengeluarkan kebijakan baru, biaya pendaratan gratis untuk maskapai yang membuka atau menambahkan rute baru ke wilayah Jawa Timur. Selain itu, AP I berencana mengakuisisi Bandara Labuan Bajo yang terletak di Nusa Tenggara Timur

Kebijakan baru tersebut muncul setelah perusahaan sejenis, PT Angkasa Pura (AP) II mengeluarkan kebijakan diskon untuk 12 bandara di Indonesia.

Direktur komersial dan pengembangan AP I, Moch. Asrori mengatakan bahwa kebijakan baru ini bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas turis ke Jawa Timur dan terbukti berhasil dengan meningkatnya pergerakan lalu lintas dari 25 menjadi 27 per jam.

Tujuan lainnya adalah mengurangi lalu lintas padat yang terjadi saat musim ramai.

Asrori percaya bahwa perusahaan akan dapat mencapai target satu juta turis internasional ke Jawa Timur yang telah ditetapkan oleh kementerian pariwisata.

"Jumlah wisatawan mancanegara pada 2015 meningkat secara signifikan hingga 54 persen. Tahun lalu kami telah mencatat 612.412 kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur melalui Bandara Internasional Juanda, naik 32 persen dari 2015 yang mencapai 463.596 persen," kata Asrori.

Bandara Komodo

Selain itu, AP I berencana mengakuisisi Bandara Labuan Bajo yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Bandara itu saat ini dimiliki oleh Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama AP I, Danang S Baskoro mengatakan bahwa mereka telah melakukan pembicaraan dengan menteri mengenai akuisisi tersebut, sebelum aset tersebut dirubah menjadi bandara internasional untuk melayani lebih banyak wisatawan.

"Akuisisi ditargetkan untuk tahun ini," katanya.

AP I dan Kementrian, lanjutnya, juga dalam negosiasi akuisisi empat bandara lagi yaitu Sentani di Papua; Juwata di Tarakan, Kalimantan Utara; Mutiara di Palu, Sulawesi Tengah; dan Syukuran Aminuddin Amir di Luwuk, Sulawesi Tengah.

Labuan Bajo adalah satu dari 10 destinasi yang diprioritaskan pemerintah untuk pengembangan pariwisata hingga 2019. Bandara Labuan Bajo perlu direnovasi dan diperluas untuk mendapat status bandara internasional.

Sembilan destinasi lainnya dalam prioritas pemerintah (10 Bali Baru) adalah Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku, Tanjung Lesung di Banten, Tanjung Kelayang di Belitung, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur, Kepulauan Seribu di Jakarta, Danau Toba di Utara Sumatra, Borobudur di Jawa Tengah dan Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

Hanya 4 dari 10 destinasi yang berada dekat bandara internasional, yaitu Borobudur, Mandalika, Danau Toba dan Tanjung Kelayang. (syam s)

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya