Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Otomotif / Berita

OTOMOTIF
Rabu, 04 Oktober 2017 13:29 WIB

Nissan Dicurigai Palsukan Dokumen Inspeksi



Bisnisnews.id - Pabrik Nissan memalsukan dokumen inspeksi untuk kendaraan baru, laporan mengatakan pada hari Rabu 4 Oktober, lanjutan skandal untuk pabrik mobil terbesar kedua Jepang yang harus menarik jutaan mobil.

Nissan mengatakan Senin (2/10/2017) pihaknya akan menarik 1,21 juta mobil di pasar dalam negeri setelah diketahui bahwa pemeriksaan akhir terhadap kendaraan sebelum dikirim ke dealer dan konsumen telah diinspeksi oleh staf yang tidak memenuhi kualifikasi.

Asahi Shimbun melaporkan pada hari Rabu 4 Oktober bahwa pabrik-pabrik mengeluarkan dokumen dengan nama dan segel inspektur bersertifikat sehingga seolah-olah staf bersertifikat telah melakukan inspeksinya.

"Ini adalah masalah signifikan jika dokumen tersebut dipalsukan untuk menyembunyikan kesalahan," kata Asahi mengutip seorang pejabat kementerian transportasi.

Pemerintah menemukan bahwa produsen mobil Jepang tersebut telah menggunakan staf yang tidak bersertifikat untuk memeriksa kendaraan di enam pabrik dalam negerinya, kata Kyodo News.

"Jika pembuatan dokumen itu benar-benar terjadi, berarti pekerja di pabrik sengaja berusaha menutupi praktik tersebut, dan bukan peraturan terkait kualifikasi inspektur yang sengaja diabaikan," kata Kyodo.

Nissan mengatakan bahwa kementerian transportasi telah melakukan inspeksi di enam pabriknya di Jepang.

Namun juru bicara Nissan menolak untuk mengomentari isi laporan tersebut, dengan alasan penyelidikan internal perusahaan tersebut dapat memakan waktu satu bulan. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya