Sabtu, 16 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

ANGKUTAN MASSAL
Rabu, 06 Desember 2017 09:03 WIB

KA Bandara Internasional Minangkabau Siap Operasi 2018




Bisnisnews.id - Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri menyatakan pembangunan kereta api Bandara Internasional Minangkabau (KA BIM) Sumatera Barat terus dikebut pengerjaannya. Dia juga optimis, proyek angkutan massal berbasis rel itu selesai 2018.

Proyek KA BIM sepanjang 22 kilo meter yang menyedot anggaran senilai Rp 300 miliar itu saat ini telah memasuki pekerjaan badan jalan dan pemasangan rel sepanjang 3,9 kilo meter antara Stasiun Duku - Stasiun BIM, pembangunan Stasiun Duku dan pekerjaan persinyalan mekanik.

"Pembangunan KA BIM ditujukan untuk mengintegrasikan pelayanan transportasi udara dengan moda kereta api serta meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan kereta api. Kami diinstruksikan oleh Menteri Perhubungan untuk melakukan pemantauan secara berkala ke lokasi sehingga pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu," jelas Zulkifli, Rabu (6/12/2017).

KA BIM membentang dari Stasiun Padang hingga Stasiun BIM melintasi empat stasiun sepanjang 18,1 kilo meter jalur KA eksisting antara Stasiun Padang - Stasiun Tabing - Stasiun Duku dan 3,9 kilo kilo meter jalur KA baru antara Stasiun Duku - Stasiun BIM.

Zulfikri menyebutkan, seluruh prasarana KA BIM saat ini tengah disiapkan uji rancang bangun dan safety assessment.

Sedagkan untuk persapan sarana, PT.KAI bersama PT. INKA sedang melakukan pengadaan satu trainset KRDE guna menunjang pengoperasian KA BIM, yang terdiri dari tiga kereta dengan total kapasitas 272 tempat duduk. (Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Kontroversi Yerusalem, 4 Warga Palestina Terbunuh

Bisnisnews.id - Empat orang Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka pada hari Jumat 15 Desember dalam bentrokan dengan pasukan Israel, saat puluhan ribu orang berdemonstrasi menentang pengakuan Washington terhadap Yerusalem . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Konflik Yerusalem Reda, AS Rencanakan Perdamaian Timur Tengah

Gedung Putih akan memperbarui upaya untuk mencapai kesepakatan damai Israel-Palestina, kata beberapa pejabat pada hari Jumat 15 Desember. Pejabat senior pemerintah mengatakan upaya untuk mendorong proses akan dihidupkan kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
AFRIKA SELATAN
ANC Pilih Pemimpin Gantikan Jacob Zuma

Bisnisnews.id - Kongres Nasional Afrika (ANC) di Afrika Selatan sedang bersiap untuk memilih pemimpin partai baru untuk menggantikan Presiden Jacob Zuma. Kandidat utamanya adalah wakil presiden saat ini, Cyril Ramaphosa, dan mantan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
PERU
Skandal Odebrecht: Presiden Kuczynski Hadapi Pemakzulan

Bisnisnews.id - Partai politik di Kongres Peru telah mengajukan sebuah mosi pemakzulan terhadap Presiden Pedro Pablo Kuczynski. Dia telah dituduh menerima pembayaran ilegal oleh perusahaan konstruksi Brasil, Odebrecht. Mosi yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
BENCANA ALAM
Badai Kai-Tak Sambangi Filipina, 3 Nelayan Hilang Puluhan Ribu Mengungsi

Bisnisnews.id - Puluhan ribu orang terdampar karena banjir dan tiga nelayan hilang Sabtu 16 Desember saat Badai Tropis Kai-Tak mengarah ke timur Filipina, kata beberapa pejabat. Badai Kai-Tak berhembus hingga 100 kilometer per . . .
Selengkapnya