Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

KECELAKAAN AWAL TAHUN
Senin, 01 Januari 2018 13:33 WIB

Djoko: Transportasi Perairan Perlu Pembenahan Total



Bisnisnews.id - Peristiwa kecelakaan speedboat Anugerah Express, rute Tanjung Selor - Tarakan, Senin (1/1/2018), yang menewaskan delaoan oenumpangnya di perairanTanjung Selor, Kalimantan Utara seperti mengulang kecelakaan serupa Juli 2017.

Peneliti dan penggiat keselamatan transportasi Djoko Setijowarno mencatat, pada hari  Selasa (25/7/2017), speedboat Rezeki Baru Kharisma terbalik di perairan Tarakan, Kaltara.

Speedboat terbalik, sekitar 200 meter dari Pelabugan Tengkayu. Sebanyak 10 penumpang tewas, 11 selamat dan emlat diperkirakan hilang.

Awal tahun 2018, terulang lagi kecelakaan perairan. Speedboat Anugerah Express, data sementara 8 meninggal.

Dua speedboat tersebut melayani rute Tarakan-Tanjung Selor. Rute ini cukup ramai dengan frekuensi penyeberangan yang cukup tinggi.

Melihat kondisi pelabuhan tempat penumpang berangkat dan tiba, masih minim pelayanan yang menyangkut aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Dermaga tidak steril, semua orang dan ragam kendaraan bisa masuk tanpa ada pengawasan yang ketat dari petugas.

"Memang pelabuhan ini dikelola pemda, namun standar keselamatan, keamanan dan kenyamanan jangan sampai terabaikan," kata djoko.

Pengelolaan angkutan sungai yang juga melintasi laut, saat ini kewenangan ada di Pemda. "Bagaimana peran Pemerintah Pusat, dalam hal inj Ditjen Perhubungan Laut," jelasnya.

Kementerian Perhubungan perlu campur tangan menangani transportasi perairan di daerah yang madoh banyak masalah, agar publik yang menggunakan speedboat tidak menjadi korban sia-sia berikutnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya