Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

KECELAKAAN AWAL TAHUN
Senin, 01 Januari 2018 13:33 WIB

Djoko: Transportasi Perairan Perlu Pembenahan Total



Bisnisnews.id - Peristiwa kecelakaan speedboat Anugerah Express, rute Tanjung Selor - Tarakan, Senin (1/1/2018), yang menewaskan delaoan oenumpangnya di perairanTanjung Selor, Kalimantan Utara seperti mengulang kecelakaan serupa Juli 2017.

Peneliti dan penggiat keselamatan transportasi Djoko Setijowarno mencatat, pada hari  Selasa (25/7/2017), speedboat Rezeki Baru Kharisma terbalik di perairan Tarakan, Kaltara.

Speedboat terbalik, sekitar 200 meter dari Pelabugan Tengkayu. Sebanyak 10 penumpang tewas, 11 selamat dan emlat diperkirakan hilang.

Awal tahun 2018, terulang lagi kecelakaan perairan. Speedboat Anugerah Express, data sementara 8 meninggal.

Dua speedboat tersebut melayani rute Tarakan-Tanjung Selor. Rute ini cukup ramai dengan frekuensi penyeberangan yang cukup tinggi.

Melihat kondisi pelabuhan tempat penumpang berangkat dan tiba, masih minim pelayanan yang menyangkut aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Dermaga tidak steril, semua orang dan ragam kendaraan bisa masuk tanpa ada pengawasan yang ketat dari petugas.

"Memang pelabuhan ini dikelola pemda, namun standar keselamatan, keamanan dan kenyamanan jangan sampai terabaikan," kata djoko.

Pengelolaan angkutan sungai yang juga melintasi laut, saat ini kewenangan ada di Pemda. "Bagaimana peran Pemerintah Pusat, dalam hal inj Ditjen Perhubungan Laut," jelasnya.

Kementerian Perhubungan perlu campur tangan menangani transportasi perairan di daerah yang madoh banyak masalah, agar publik yang menggunakan speedboat tidak menjadi korban sia-sia berikutnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 24 April 2018
TRANSPORTASI UDARA
Bandara Jenderal Soedirman Ditargetkan Selesai 2019

Bisnisnews.id  - Dirjen Perhubungan Udara  Agus Santoso mengatakan,  Bandara Jenderal Besar Soedirman yang terletak di kawasan pangkalan TNI AU Wirasaba Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah sangat strategis karena . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya