Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

RAMBU SUAR
Kamis, 04 Januari 2018 09:30 WIB

Dirjen Hubla Resmikan Pelayaran Pedana KN Edam


Dirjen Hubla Agus Purnomo menandatangani prasasti pelayaran perdana KN Edam

Bisnisnews.id - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo  Kamis (4/1/2018) pagi menandatangani  prasasti, Life Jacket dan Peta Laut wilayah kerja Disnav Tanjung Priok sebagai tanda dimulai pengoperasian pelayaran perdana KN. Edam melintasi alur Pelabuhan Tanjung Priok.

KN. Edam merupakan salah satu dari lima Kapal Kelas I Kenavigasian yang dibangun oleh Galangan Kapal PT. Palindo Marine Batam pada Tahun Anggaran 2016-2017, yang telah resmi diserahterimakan kepada Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok. November 2017 yang lalu.

Direktur Kenavigasian, Sugeng Wibowo menjelaskan, KN. Edam merupakan kapal buatan anak bangsa yang diproduksi di industri galangan kapal dalam negeri.

"Kita patut berbangga dan saya yakin kualitasnya tak kalah dengan kapal buatan luar negeri,” ujar Sugeng.

Menurutnya, ini merupakan hal yang sangat positif yang dapat dijadikan sebagai modal untuk membangun negeri ini agar semakin hebat.

“Mari kita bangun negeri ini dengan membangkitkan industri-industri lokal sehingga perekonomian di daerah dapat terus tumbuh dan kesejahteraan masyarakat pun meningkat,” jelas Sugeng.

Sugeng mengatakan bahwa sesuai arahan Dirjen Hubla, ia meminta kepada Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok untuk dapat memanfaatkan dan merawat kapal kenavigasian ini dengan sebaik-baiknya.

“Pesan Dirjen Hubla agar Disnav Tanjung Priok dapat memanfaatkan kapal ini dengan sebaik-baiknya serta menjaga dan merawatnya dengan baik supaya kondisi teknisnya terus terjaga dan selalu laik laut sehingga dapat diandalkan ketika menjalankan tugas kenavigasian,” kata Sugeng.

Lebih lanjut, Sugeng juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan dan pengoperasian KN. Edam.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan KN. Edam hingga akhirnya kapal ini dapat beroperasi secara penuh dalam mendukung tugas kenavigasian pada wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok,” ujar Sugeng.

Di kesempatan yang sama, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Boedhi Setiadjid mengungkapkan, keberadaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) merupakan salah satu penunjang keselamatan pelayaran sehingga diperlukan armada kapal kenavigasian yang andal untuk mendukung operasionalnya.

“Kehadiran KN. Edam yang memiliki panjang 60 meter dan kecepatan 15 knot ini diharapkan akan semakin memperkuat peran armada kapal kenavigasian yang dimiliki oleh Disnav Kelas I Tanjung Priok khususnya dalam melakukan tugas perawatan SBNP yang berada di wilayah kerja Disnav Tanjung Priok,” jelasnya.(Syam S)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
Ribuan Pengemudi Ojek Online Menuntut Kesejahteraan dan Pengakuan

Bisnisnews.id - Ribuan pengemudi ojek online melakukan orasi di depan gedung DPR/MPR RI, Senin (23/4/2018). Mereka menuntut mendorong para wakil rakyat ikut berperan mendorong diberikan subsidi, sehingga penumpang tetap bisa menikmati . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya