Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

RAMBU SUAR
Kamis, 04 Januari 2018 09:30 WIB

Dirjen Hubla Resmikan Pelayaran Pedana KN Edam


Dirjen Hubla Agus Purnomo menandatangani prasasti pelayaran perdana KN Edam

Bisnisnews.id - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo  Kamis (4/1/2018) pagi menandatangani  prasasti, Life Jacket dan Peta Laut wilayah kerja Disnav Tanjung Priok sebagai tanda dimulai pengoperasian pelayaran perdana KN. Edam melintasi alur Pelabuhan Tanjung Priok.

KN. Edam merupakan salah satu dari lima Kapal Kelas I Kenavigasian yang dibangun oleh Galangan Kapal PT. Palindo Marine Batam pada Tahun Anggaran 2016-2017, yang telah resmi diserahterimakan kepada Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok. November 2017 yang lalu.

Direktur Kenavigasian, Sugeng Wibowo menjelaskan, KN. Edam merupakan kapal buatan anak bangsa yang diproduksi di industri galangan kapal dalam negeri.

"Kita patut berbangga dan saya yakin kualitasnya tak kalah dengan kapal buatan luar negeri,” ujar Sugeng.

Menurutnya, ini merupakan hal yang sangat positif yang dapat dijadikan sebagai modal untuk membangun negeri ini agar semakin hebat.

“Mari kita bangun negeri ini dengan membangkitkan industri-industri lokal sehingga perekonomian di daerah dapat terus tumbuh dan kesejahteraan masyarakat pun meningkat,” jelas Sugeng.

Sugeng mengatakan bahwa sesuai arahan Dirjen Hubla, ia meminta kepada Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok untuk dapat memanfaatkan dan merawat kapal kenavigasian ini dengan sebaik-baiknya.

“Pesan Dirjen Hubla agar Disnav Tanjung Priok dapat memanfaatkan kapal ini dengan sebaik-baiknya serta menjaga dan merawatnya dengan baik supaya kondisi teknisnya terus terjaga dan selalu laik laut sehingga dapat diandalkan ketika menjalankan tugas kenavigasian,” kata Sugeng.

Lebih lanjut, Sugeng juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan dan pengoperasian KN. Edam.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan KN. Edam hingga akhirnya kapal ini dapat beroperasi secara penuh dalam mendukung tugas kenavigasian pada wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok,” ujar Sugeng.

Di kesempatan yang sama, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Boedhi Setiadjid mengungkapkan, keberadaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) merupakan salah satu penunjang keselamatan pelayaran sehingga diperlukan armada kapal kenavigasian yang andal untuk mendukung operasionalnya.

“Kehadiran KN. Edam yang memiliki panjang 60 meter dan kecepatan 15 knot ini diharapkan akan semakin memperkuat peran armada kapal kenavigasian yang dimiliki oleh Disnav Kelas I Tanjung Priok khususnya dalam melakukan tugas perawatan SBNP yang berada di wilayah kerja Disnav Tanjung Priok,” jelasnya.(Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
PENGANGGURAN
Ciptakan Entrepreuner, Facebook Latih 65,000 Orang Perancis

Bisnisnews.id - Facebook mengatakan pada hari Senin 22 Januari bahwa mereka akan melatih 65.000 orang Prancis dalam keterampilan digital secara gratis, untuk membantu wanita dan pengangguran memulai bisnisnya dan bisa kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya