Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

PELAYANAN BANDARA
Minggu, 07 Januari 2018 13:17 WIB

Baru Satu Pekan Diresmikan Presiden, Skytrain Alami Gangguan


Presiden Jokowi bersama rombongan, menikmati KA Bandara Selasa (2/1/2018)

Bisnisnews.id - Skytrain atau kereta antar terminal Bandara Soekarno-Hatta yang baru satu pekan diresmikan Presiden Joko Widodo, Minggu (7/1/2018) tiba-tiba rusak. Para penumpang yang ada di dalam kereta terpaksa dievakuasi dan dilayani dengan shutle bus ke terminal tujuan.

Belum diketahui penyebab kerusakan, namun menurut Sekjen INACA Tengku Burhanudin, kejadian itu sangat memalukan, harusnya kereta yang sudah lama dilakukan ujicoba dan menjadi kebanggaan pemerintah kualitasnya dijaga.

Pihak pengelola juga disarankan meneliti dan mengevaluasi secara menyeluruh, agar peristiwa serupa tidak kembali terulang. "Kita memang belum tahu, apakah ada orang yang usil, kereta itu kan katanya modern, padat teknologi, harusnya sesuai namanya," jelas Tengku.

Direktur AIAC, Arista Atmadjati menilai layanan Skytrain yang terlalu dibangga-banggakan itu, tidak sesuai dengan namanya. Bila gangguan seperti itu terus terulang, bukan saja memalukan tapi juga membuat susah para penumpang pesawat.

"Kenapa si buru-buru mau diresmikan dan dioperasikan, pencitraan aja tuh. Pastikan kereta itu laik operasi, sebelum dioperasikan," tegasnya.

Kata Arista, kereta layanan antar terminal itu beroperasinya di bandara internasional Soekarno-Hatta yang menjadi pintu gerbang negara, harusnya kwalitas dan kelaikannya betul-betul dijaga. Kerusakan itu juga berdampak negatif terhadap citra Indonesia. "Kan yang dilayani bukan cuma warga negara Indonesia, bisa saja di dalamnya juga turis asing," jelasnya.

Pada sisi lain Arista juga menyoroti operasional track skytrain. Idealnya lewat bawah tanah. " yang bagus dari luar patut kita tiru. Saya bangga dengan pelayanan Skytrain, Indonesia menjadi hebat dimata dunia, tapi kalau suka ada gangguan, kita juga malu,"tambahnya.

Presiden Joko Widodo bersama rombongan, diantaranya Menko Polhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat itu (Selasa 2/1/2018) sempat manaiki skytrain dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Terkait gangguan Skytrain, Branch Communication Manager Bandara Soetta Chaerul Anwar menjelaskan, gangguan itu kini tengah diteliti. "Informasinya ada trauble kabelnya. Saat ini sedang dilakukan mitigasi dan perbaikan oleh teknisi," kata Chaerul. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya