Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

PELAYANAN BANDARA
Minggu, 07 Januari 2018 13:17 WIB

Baru Satu Pekan Diresmikan Presiden, Skytrain Alami Gangguan


Presiden Jokowi bersama rombongan, menikmati KA Bandara Selasa (2/1/2018)

Bisnisnews.id - Skytrain atau kereta antar terminal Bandara Soekarno-Hatta yang baru satu pekan diresmikan Presiden Joko Widodo, Minggu (7/1/2018) tiba-tiba rusak. Para penumpang yang ada di dalam kereta terpaksa dievakuasi dan dilayani dengan shutle bus ke terminal tujuan.

Belum diketahui penyebab kerusakan, namun menurut Sekjen INACA Tengku Burhanudin, kejadian itu sangat memalukan, harusnya kereta yang sudah lama dilakukan ujicoba dan menjadi kebanggaan pemerintah kualitasnya dijaga.

Pihak pengelola juga disarankan meneliti dan mengevaluasi secara menyeluruh, agar peristiwa serupa tidak kembali terulang. "Kita memang belum tahu, apakah ada orang yang usil, kereta itu kan katanya modern, padat teknologi, harusnya sesuai namanya," jelas Tengku.

Direktur AIAC, Arista Atmadjati menilai layanan Skytrain yang terlalu dibangga-banggakan itu, tidak sesuai dengan namanya. Bila gangguan seperti itu terus terulang, bukan saja memalukan tapi juga membuat susah para penumpang pesawat.

"Kenapa si buru-buru mau diresmikan dan dioperasikan, pencitraan aja tuh. Pastikan kereta itu laik operasi, sebelum dioperasikan," tegasnya.

Kata Arista, kereta layanan antar terminal itu beroperasinya di bandara internasional Soekarno-Hatta yang menjadi pintu gerbang negara, harusnya kwalitas dan kelaikannya betul-betul dijaga. Kerusakan itu juga berdampak negatif terhadap citra Indonesia. "Kan yang dilayani bukan cuma warga negara Indonesia, bisa saja di dalamnya juga turis asing," jelasnya.

Pada sisi lain Arista juga menyoroti operasional track skytrain. Idealnya lewat bawah tanah. " yang bagus dari luar patut kita tiru. Saya bangga dengan pelayanan Skytrain, Indonesia menjadi hebat dimata dunia, tapi kalau suka ada gangguan, kita juga malu,"tambahnya.

Presiden Joko Widodo bersama rombongan, diantaranya Menko Polhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat itu (Selasa 2/1/2018) sempat manaiki skytrain dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Terkait gangguan Skytrain, Branch Communication Manager Bandara Soetta Chaerul Anwar menjelaskan, gangguan itu kini tengah diteliti. "Informasinya ada trauble kabelnya. Saat ini sedang dilakukan mitigasi dan perbaikan oleh teknisi," kata Chaerul. (Syam S)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI
Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia

Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai . . .
Selengkapnya