Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

PROYEK NEGARA
Rabu, 10 Januari 2018 18:36 WIB

Proyek Kereta Api Jakarta Bandung Stagnan, Pemerintah Lakukan Evaluasi


Presiden RI Joko Widodo meresmikan proyek KCIC tanda dimulai pelaksanaan Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung.

Bisnisnews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah perlu meninjau kembali proyek infrastruktur kereta cepat Jakarta - Bandung.

Stagnasi tersebut, kata Luhut bukan  disebabkan  masalah pembiayaan, karena China  sebagai investor utama masih berkomitmen terhadap kesepakatan yang telah ditandatangani oleh pemerintah kedua negara.

"Jadi bukan masalah pembiayaan. Masalahnya adalah diri kita sendiri. Kita perlu tahu, misalnya, apakah rel kereta api berkecepatan tinggi antara Bandung-Jakarta yang jaraknya hanya 140 kilometer merupakan proyek yang perlu, "kata Luhut seperti dilansir dari tempo.co.

Oleh karena itu, pemerintah akan mengevaluasi proyek tersebut sesuai permintaan Presiden Joko Widodo, kata Luhut, menambahkan bahwa evaluasi akan selesai dalam waktu satu bulan.

"Presiden telah memerintahkan saya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong untuk mengevaluasi proyek kecepatan tinggi Jakarta-Bandung. Minggu depan, kita akan mulai berkoordinasi, "tambahnya.

Luhut mengatakan tidak ada perubahan skema pembiayaan karena dana tersebut masih akan berasal dari China seperti yang disepakati sebelumnya. "Kita harus menghormati kesepakatan," menteri tersebut menambahkan.

Presiden Jokowi memimpin upacara ground breaking proyek tersebut pada bulan Januari 2016. Pemerintah telah memberikan usaha patungan Indonesia-Cina, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yaitu masa konsesi 50 tahun mulai dari batas waktu penyelesaian proyek tanggal 31 Mei 2019. (Adhitio)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
Ribuan Pengemudi Ojek Online Menuntut Kesejahteraan dan Pengakuan

Bisnisnews.id - Ribuan pengemudi ojek online melakukan orasi di depan gedung DPR/MPR RI, Senin (23/4/2018). Mereka menuntut mendorong para wakil rakyat ikut berperan mendorong diberikan subsidi, sehingga penumpang tetap bisa menikmati . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya