Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Berita

PROYEK NEGARA
Rabu, 10 Januari 2018 18:36 WIB

Proyek Kereta Api Jakarta Bandung Stagnan, Pemerintah Lakukan Evaluasi


Presiden RI Joko Widodo meresmikan proyek KCIC tanda dimulai pelaksanaan Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung.

Bisnisnews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah perlu meninjau kembali proyek infrastruktur kereta cepat Jakarta - Bandung.

Stagnasi tersebut, kata Luhut bukan  disebabkan  masalah pembiayaan, karena China  sebagai investor utama masih berkomitmen terhadap kesepakatan yang telah ditandatangani oleh pemerintah kedua negara.

"Jadi bukan masalah pembiayaan. Masalahnya adalah diri kita sendiri. Kita perlu tahu, misalnya, apakah rel kereta api berkecepatan tinggi antara Bandung-Jakarta yang jaraknya hanya 140 kilometer merupakan proyek yang perlu, "kata Luhut seperti dilansir dari tempo.co.

Oleh karena itu, pemerintah akan mengevaluasi proyek tersebut sesuai permintaan Presiden Joko Widodo, kata Luhut, menambahkan bahwa evaluasi akan selesai dalam waktu satu bulan.

"Presiden telah memerintahkan saya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong untuk mengevaluasi proyek kecepatan tinggi Jakarta-Bandung. Minggu depan, kita akan mulai berkoordinasi, "tambahnya.

Luhut mengatakan tidak ada perubahan skema pembiayaan karena dana tersebut masih akan berasal dari China seperti yang disepakati sebelumnya. "Kita harus menghormati kesepakatan," menteri tersebut menambahkan.

Presiden Jokowi memimpin upacara ground breaking proyek tersebut pada bulan Januari 2016. Pemerintah telah memberikan usaha patungan Indonesia-Cina, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yaitu masa konsesi 50 tahun mulai dari batas waktu penyelesaian proyek tanggal 31 Mei 2019. (Adhitio)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya