Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Arena / Berita

ASIAN GAMES 2018
Jumat, 12 Januari 2018 00:25 WIB

Tiga Elemen Tentukan Sukses


Perwakilan dari OCA Abdulla Al Mulla sebagai OCA Protocol Director

Bisnisnews.id - Intensitas antara Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) di awal tahun 2018 kian tinggi. Hal itu tergambar saat digelar OCA Protocol Coordination Meeting II yang berlangsung di Markas INASGOC, Wisma Serbaguna, Senayan, Kamis (11/1/2018).

Dalam rapat yang dipimpin Koordinator International Relations INASGOC, Indra Kartasasmita dihadiri pula oleh perwakilan dari OCA, Abdulla Al Mulla sebagai OCA Protocol Director dan Abdulhadi Mohammed (OCA Protocol Officer). Ketentuan menggelar OCA Protocol Coordination Meeting ini termuat dalam Host City Contract (HCC) dan OCA Constitution & Rules untuk mengatur protokoler para pejabat negara tuan rumah, OCA, dan juga tamu negara dengan berdasarkan sports protocol OCA. Rapat OCA Protocol pertama digelar di Jakarta, Maret 2017.

“Tiga elemen yang dapat menentukan keberhasilan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, yakni atlet sebagai aset sesungguhnya dari pertandingan. Lalu venue sebagai arena pertandingan, dan ketiga, upaya untuk meminimalisir kemacetan di Jakarta,” jelas Abdulla Al Mulla, Direktur Protocol OCA.

Beberapa poin dibahas dalam rapat tersebut, antara lain protokoler mengenai posisi seating, akomodasi, transportasi, catering, arrival hospitality, opening & closing ceremony, dan lain-lain.
"Rapat OCA Protocol II ini krusial untuk semakin mematangkan panitia pelaksana dalam mempersiapkan Games Times, serta meminimalisir kesalahan, terutama yang berkaitan dengan tata cara protokoler untuk VIP/VVIP yang sesuai arahan sports protocol OCA," kata Ketua Pelaksana, Erick Thohir.

Berkaitan dengan kekhawatiran OCA mengenai kemacetan, departemen transportasi dan keamanan menyatakan telah menyiapkan langkah antisipasi, terutama untuk tamu VVIP dan VIP,  menyangkut alur perjalanan dari hotel atau athlete village menuju competition venue.

Saat Games Times, para atlet dan ofisial akan memiliki jalur khusus di jalan tol dalam kota dan beberapa titik jalan yang akan dijaga ketat oleh pihak keamanan. INASGOC memastikan perjalanan para duta-duta olahraga akan lebih memperhatikan ketepatan waktu.

Sementara itu, untuk akomodasi para tamu VVIP dan VIP, OCA menyarankan penggunaan Hotel Mulia, Fairmont, dan Four Season. Hotel-hotel tersebut harus memenuhi kriteria seperti memiliki lift khusus yang tidak dapat diakses oleh publik.

Selain membahas protokol, pihak OCA juga melakukan kunjungan ke Stadion Utama GBK dan secara khusus mengadakan inspeksi Royal Box yang akan digunakan para VVIP saat upacara pembukaan dan penutupan Asian GAmes 2018 nanti. (Gungde Ariwangsa)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya