Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

PENGEMBANGAN BANDARA
Jumat, 12 Januari 2018 10:22 WIB

Bandara Notohadinegoro Jember Akan Melayani Penerbangan Haji



Bisnisnews.id -  Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mendukung penuh rencana Pemda Jember Jawa Timur mengembangkan Bandara Notohadinegoro sehingga dapat didarati pesawat Boeing B737 - 800NG/900 ER dan Airbus A320.

Bandara Notohadinegoro yang terletak di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, Jawa Timur dibahas dalam Rapat koordinasi yang dihadiri Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso dan Bupati Jember Hj. Faida MMR termasuk UPTD Bandara Notohadinegoro, perwakilan dari PT. Angkasa Pura II, perwakila PTPN XII dan Otoritas Bandara III dan UPBU Bandara Trunojoyo.

Dalam rapat itu,  Dirjen  Agus menyampaikan, pengembangan bandara dapat menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi daerah sekitarnya. Namun2, pembangunan bandar udara juga harus memperhatikan daerah sekitarnya sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

" Pengembangan bandara harus memperhatikan daerah sekitar, seperti akses jalannya, sarana transportasi darat serta pembebasan lahannya harus clear.  Dengan demikian tidak timbul permasalahan di kemudian hari," ujar Agus.

Bupati Jember Hj. Faida dan UPTD  Bandara Notohadinegoro meminta pedoman kepada Dirjen Agus terkait pengembangan bandara yang saat ini pengelolaannya masih dibawah UPTD Kabupaten Jember  sehingga lebih berkembang dan menjadi pemicu perkembangan ekonomi daerah sekitarnya.

Menurut Bupati, pihaknya juga mempunyai keinginan menjadikan Bandara Notohadinegoro menjadi sub embarkasi untuk penerbangan Jamaah Haji dari wilayah Jember dan sekitarnya.

"Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan beberapa pihak agar pengembangan bandara menjadi sub embarkasi penerbangan haji bisa cepat terwujud. Antara lain kami berkoordinasi dengan Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM serta Ditjen Imigrasi. Kami juga melakukan pendekatan  dengan pihak PTPN XII selaku pemilik lahan di sekitar bandara untuk pelebaran akses jalan menuju dan dari bandara yang menjadi concern kami,” ujarnya.

Selain itu pihak Pemda Jember juga melakukan koordinasi dengan PT Angkasa Pura II terkait pengembangan dan pengelolaan bandara setelah pembangunan.

Menurut Hj. Faida, saat ini di Jember dan sekitarnya sudah ada 17 kloter jamaah haji tiap tahunnya. Selama ini para jamaah haji tersebut selalu menggunakan transportasi darat menuju Bandara Juanda Surabaya sebagai embarkasi utama untuk kemudian diterbangkan menuju tanah suci.

Dengan dijadikannya Bandara Notohadinegoro sebagai sub embarkasi, nantinya para jamah haji tidak lagi menggunakan transportasi darat, namun menggunakan pesawat untuk menuju dan balik dari Bandara Juanda Surabaya sehingga tidak melelahkan dan mempersingkat waktu tempuh.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Pramintohadi Sukarno menyatakan, pembangunan Bandara Notohadinegoro akan bersamaan dengan pembangunan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya dan Bandara Wirasaba Purbalingga.

"Teknis pembangunannya nanti akan diawasi oleh Direktorat Bandara Udara Ditjen Perhubungan Udara. Untuk itu saya minta PT. Angkasa Pura II melakukan pengecekan timeschedule pengembangan bandara-bandara tersebut," ujar Pramintohadi.(Adhitio)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya