Minggu, 18 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

PERTANIAN
Jumat, 02 Februari 2018 11:18 WIB

Indonesia - Australi Akan Jalin Kerjasama Pengembangan Bawang Putih



Bisnsisnews.id - menggenjot hasil pertanian, Indonesia bersama Australia menjajagi upaya kerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan komoditas bawang putih di kedua negara.

Kerja sama tersebut rencananya dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) bersama Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR).

Kepala Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Catur Hermanto melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa dengan adanya kerja sama penelitian tersebut, diharapkan permasalahan utama dalam komoditas bawang putih, seperti ketersediaan varietas unggul, perbenihan, teknik budi daya dapat tertangani dengan baik.

Sudah sejak lama para petani khususnya yang dulu wilayahnya sebagai sentra penghasil bawang putih tidak tertarik menanam, karena harganya selalu anjlok sehingga para petani merugi.

Akhirnya para petani beralih ke tanaman lain yang lebih menjanjikan keuntungan, dan benih bawang putih yang biasanya disisihkan untuk benih akhirnya dijual untuk konsumsi atau rusak.

Kini pemerintah menggulirkan program peningkatan produksi bawang putih, karena hingga akhir 2017 realisasi program penanaman bawang putih yang dibiayai melalui APBNP baru tercatat 1.720 ha atau 55 persen dari target 3.150 ha.

Padahal untuk mengejar target tersebut, para importir bawang putih yang mendapat kuota impor diwajibkan memproduksi 5 persen dari total impor belum dapat dipenuhi pula. Dari 2.868 ha luas wajib tanam dari para importir, baru terealisasi 865 ha pada akhir 2017. (Adhitio)

Baca Juga

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Cuaca Ekstrim, Sektor Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso  mengingatkan  semua pihak di sektor penerbangan bersatu mentaati peraturan dalam menghadapi cuaca ekstrim di bulan Februari ini. Semua pihak . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
KOMPETENSI
Pekerja Perkeretaapian Wajib Memiliki Sertifikat Keterampilan

Bisnisnews.id  -  Para petugas perkeretaapian diwajibkan mengikuti uji kelaikan  sesuai bidangnya masing-masing. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  mentargetkan, tahun ini sebanyak 2000 orang akan mendapatkan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Sabtu, 17 Februari 2018
IMO
Biaya Perawatan Prasana Kereta Api Tahun Ini Rp 1,3 Triliun

Bisnisnews.id - Ditjen Perkeretaapian Kemenhub  tahun ini alokasikan anggaran Rp 1.3 triliun untuk biaya perawatan prasarana perkeretaapian atau  Infrastructure Maintenance and Operation (IMO). Biaya yang bersumber . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 16 Februari 2018
FASILITAS BANDARA
Area Parkir TOD M1 Soetta Beroperasi Maret 2018

Bisnisnews.id - PT Anglasa Pura II rampungkan pembangunan kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang dan  akan  beroperasi 1 Maret 2018 . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 16 Februari 2018
BOLA
Indosiar Kejar Rating Siaran Langsung Final Piala Presiden

Bisnisnews.id – Sebagai pemegang hak siar turnamen Piala Presiden, Indosiar telah memiliki target rating mencapai 40 persen. Mengingat animo masyarkat yang sangat tinggi terhadap laga penutup Piala Presiden 2018.   . . .
Selengkapnya