Minggu, 20 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

AFRIKA SELATAN
Kamis, 15 Februari 2018 08:49 WIB

Dipaksa Partai Sendiri, Presiden Zuma Undurkan Diri


Zuma mengatakan bahwa dia mengundurkan diri dengan segera (AFP)

Bisnisnews.id - Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengundurkan diri pada hari Rabu (14/2) karena partai ANC yang berkuasa akhirnya berbalik melawannya, setelah sembilan tahun ia melakukan skandal korupsi, ekonomi melambat dan popularitas menurun.

Zuma mencerca Kongres Nasional Afrika (ANC) karena menarik mundur dan mengancam akan menggulingkannya melalui sebuah mosi tidak percaya parlemen yang akan jatuh tempo pada hari Kamis 15 Februari.

Dalam sebuah pidato televisi nasional selama 30 menit, Zuma mengatakan bahwa dia memutuskan mengundurkan diri sebagai presiden republik dengan segera.

Zuma telah berada dalam perebutan kekuasaan dengan multi-jutawan Cyril Ramaphosa, wakil presiden yang sekarang menjadi presiden sementara.

Ramaphosa, yang terpilih sebagai pemimpin ANC pada bulan Desember, akan dipilih oleh anggota parlemen sebagai presiden baru Afrika Selatan pada hari Kamis atau Jumat.

Zuma, yang reputasinya telah ternoda oleh tuduhan korupsi selama bertahun-tahun, mengeluh bahwa partai ANC tidak pernah menjelaskan kepadanya mengapa dia harus meninggalkan jabatannya.

Dalam sebuah wawancara TV sebelumnya pada hari Rabu dia mengatakan bahwa dia telah menerima perlakuan sangat tidak adil dari partai yang dia ikuti pada tahun 1959 dan di mana dia telah bertempur selama bertahun-tahun melawan peraturan minoritas kulit putih apartheid.

Dilansir AFP, dia mengatakan bahwa dia marah atas cara keputusan tersebut diterapkan," Saya tidak setuju karena tidak ada bukti apakah saya telah melakukan kesalahan." (marloft)

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
INAPGOC
Asian Para Games 2018 Berjalan Aman

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengingatkan Ketua Umum Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC),  Raja Sapta  Oktohari  terkait persiapan keamanan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 20 Mei 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Runway Bandara Juanda Surabaya Amblas , puluhan Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Maskapai Lion Air mengumumkan, pelayanan penerbangan dari bandara Juanda Surabaya kembali normal setelah fasilitas landas pacu (runway) dinyatakan aman (safety) untuk proses lepas landas (take off) dan mendarat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
ASIAN PARA GAMES 2018
Menpora Apresiasi Kerja Keras INAPGOC

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). yang sejak tahun lalu telah menunjukan progress yang menggembirakan. . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
RESOLUSI PBB
AS dan Australia Menolak Penyelidikan Kejahatam Perang Israel Terhadap Palestina

Bisnisnews.id  -  Amerika Serikat  dan Australia menolak dlakukannya resolusi untuk mengirim tim investigasi  menyelididki pelanggaran yang dilakukan Israel di Palestina, khusunya Jalur Gaza. Rapat Dewan Khusus . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
SIDANG OKI
Wapres Jusuf Kalla Desak Hamas dan Fatah Bersatu dan Kompak

Bisnisnews.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Hamas dan Fatah bersatu dan mennyelesaikan konflik internal. Dengaan demikian, dukungan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara diplomatis akan semakin memperkuat . . .
Selengkapnya