Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

KAPAL TENGGELAM
Rabu, 21 Februari 2018 16:38 WIB

KPLP Siagakan Kapal Patroli , Mencari Satu ABK Yang Hilang



Bisnisnews.id  -  Dua Kapal  Patroli KPLP milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Palembang terus siaga dan masih melakukan pencarian satu orang Anak Buah Kapal (ABK) yang hilang akibat kandasnya kapal KM. Kayong Utara di perairan pelabuhan Tanjung Api-Api pada  Selasa dinihari (20/2/2018) pukul 05.30 WIB.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Capt. Jhonny R. Silalahi mengatakan  seluruh penumpang kapal KM Kayong Utara dipastikan selamat dan berhasil dievakuasi seluruhnya, namjn ada satu ABK (oiler) yang belum ditemukan.

"Kapal patroli KPLP KN.422 dan KN. 472 bersama dengan TNI AL Lanal Palembang, Basarnas, Polair serta anggota KPLP wilker Tanjung Api-Api KSOP Palembang terus melakukan pencarian satu  orang yang belum ditemukan," kata  Jhonny melalui keterang tertulisnya, Rabu (21/2/2018).

Sebelumnya diberitakan bahwa kapal KM. Kayong Utara yang berlayar dari Pelabuhan Muntok menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api Palembang mengalami kandas dengan jarak 2 mil dari dermaga Pelabuhan Tanjung Api-Api ke Timur pada hari Selasa (20/2) pukul 05.30 WIB.

Kapal KM. Kayong Utara milik PT. Atosim Lampung Pelayaran membawa 12 orang penumpang (10 dewasa dan 2 anak-anak) dan 9 orang ABK (termasuk Nakhoda), mengangkut muatan kendaraan truk sedang sebanyak 8 unit, kendaraan kecil (1 unit) dan sepeda motor (2 unit).

Kapal KM. Kayong Utara berbendera Indonesia dengan ukuran 130 GT yang dinakhodai Achmad Wurry Priyoto merupakan kapal angkutan penumpang (Ro-Ro).

"Akibat kapal mengalami kandas sehingga ada kebocoran menyebabkan Kapal akhirnya tenggelam," kata Jhonny.

Terkait kecelakaan itu Jhonny mengingatkan semua pihak khususnya para nakhoda agar selalu berhati-hati di setiap melakukan pelayaran dan mengutamakan keselamatan pelayaran.

"Saya mengapresiasi Nakhoda kapal dan ABK-nya yang telah menjalankan prosedur penyelamatan penumpang sesuai aturan keselamatan sehingga seluruh penumpang kapal dapat diselamatkan. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi di masa yang akan datang,"  jelasnya.

Semenyara itu,  Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhidin M.Said menegaskan, akan segera memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan direktoratnya.

Kemenhub, ungkap Muhidin harus menjelaskan, kenapa kecelakaan transportasi  seringkali terjadi. Dia bahkan mengatakan, pihak Kemenhub harus  terbuka kepada publik.

Terlebih sekarang ini pemerintah melalui delegasinya tengah berjuang di sidang  Sub-Committee on Navigation, Communication, Search & Rescue (NCSR) ke-5 di Markas Besar International Maritime Organization (IMO) pada 19 -  23 Februari 2018 London, Inggris terkait Selat Sunda dan Selat Lombok.

" Ya katanya mengejar pengakuan sebagai poros maritim dunia, ya harus dibenahi. Kami dukung itu, makanya kecelakaan sekecil apapun itu harus dihilangkan dan dijelaskan kepada publik, agar kublik yakin dan percaya" tegasnya.

Kecelakaan seperti ini, lanjutnya menambah panjang keprihatinan. " Harusnya cepat direspon dan cepat diatasi dan tidak boleh terulang," jelasnya. (Syam S)


Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya