Sabtu, 21 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hukum / Berita

IMPOR
Selasa, 20 Maret 2018 23:28 WIB

Kartel Bawang Putih Untung Rp 4 Triliun ? DPR Segera Bentuk Panja



Bisnisnews.id -  Anggota Komisi lll DPR RI Arteria Dahlan mengungkapkan segera membentuk panitia kerja (panja) penyelundupan bawang putih dan temuan adanya bibit bawang putih yang diedarkan di masyarakat .

"Dalam waktu dekat kita akan bentuk panja, kita tidak akan berhenti begitu saja harus tuntas," tutur Arteri di sela-sela rapat paripurna, Selasa (20/3).
     
Dia menyebutkan,  adanya  dugaan keterlibatan kementerian terkait dalam praktik kartel impor bawang putih ini.
 "Saya dapat informasi ada yang memainkan permufakatan jahat dalam tata niaga impor bawang putih," bebernya.
      
Dijelaskan, yang mengajukan aplikasi Surat Persetujuan Impor (SPI) bawang putih ke Kementerian Perdagangan sudah ada lebih dari 40 perusahaan importir. Namun pada tanggal 28 Februari 2018, pemerintah mengeluarkan  SPI hanya kepada 13 perusahaan importir,.

Dari jumlah tersebut kata Arteria ada setidaknya empat importir atau afiliasi nya yang dikenakan sanksi oleh KPPU karena terbukti kartel bawang putih di tahun 2013 lalu tetapi tetap mendapatkan SPI.

Di akhir Februari 2018, salah satu dari 13 perusahaan itu, juga diduga menggunakan ijin impor bibit dari Kementerian Pertanian untuk meng-impor bawang putih konsumsi dan menjualnya di pasar.

Dia  minta Kapolri harus mengungkap permufakatan jahat dan kartel terhadap tata niaga impor di Kementerian Perdagangan.
      
"Polri harus menjadi polisi pejuang untuk mengungkap ini demi kepentingan rakyat," imbuh Arteria, menegaskan.
     
Diindikasikan keuntungan importir bawang putih cukup besar,  triliunan rupiah, bila tahun 2018 ini ada 13 importir mendapatkan SPI sebanyak 126 ribu ton dan harga bawang putih impor di China hingga sampe ke gudang di Indonesia bermodalkan dibawah Rp. 10 ribu per kilogram lalu dijual di dalam negeri Rp 40 ribu, maka keuntungannya Rp 30 ribu/kg.

Dengan keuntungan Rp 30 ribu per kilo dan dikalikan 126 ribu ton, kartel bawang putih ini berpotensi meraup keuntungan sebesar Rp 4 triliun angka yang fantastis.(Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ATLET
10 Pesenam Indonesia Siap Turun di JAGAC 2018

Bisnisnews.id – Sebagai tuan rumah Junior Artistic Gymanstic Asian Championship 2018 (JAGAC) yang diselenggarakan pada 25-26 April 2018 mendatang. Indonesia tentu bersungguh-sungguh untuk dapat meraih hasil maksimal. Dalam . . .
Selengkapnya