Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hukum / Berita

IMPOR
Selasa, 20 Maret 2018 23:28 WIB

Kartel Bawang Putih Untung Rp 4 Triliun ? DPR Segera Bentuk Panja



Bisnisnews.id -  Anggota Komisi lll DPR RI Arteria Dahlan mengungkapkan segera membentuk panitia kerja (panja) penyelundupan bawang putih dan temuan adanya bibit bawang putih yang diedarkan di masyarakat .

"Dalam waktu dekat kita akan bentuk panja, kita tidak akan berhenti begitu saja harus tuntas," tutur Arteri di sela-sela rapat paripurna, Selasa (20/3).
     
Dia menyebutkan,  adanya  dugaan keterlibatan kementerian terkait dalam praktik kartel impor bawang putih ini.
 "Saya dapat informasi ada yang memainkan permufakatan jahat dalam tata niaga impor bawang putih," bebernya.
      
Dijelaskan, yang mengajukan aplikasi Surat Persetujuan Impor (SPI) bawang putih ke Kementerian Perdagangan sudah ada lebih dari 40 perusahaan importir. Namun pada tanggal 28 Februari 2018, pemerintah mengeluarkan  SPI hanya kepada 13 perusahaan importir,.

Dari jumlah tersebut kata Arteria ada setidaknya empat importir atau afiliasi nya yang dikenakan sanksi oleh KPPU karena terbukti kartel bawang putih di tahun 2013 lalu tetapi tetap mendapatkan SPI.

Di akhir Februari 2018, salah satu dari 13 perusahaan itu, juga diduga menggunakan ijin impor bibit dari Kementerian Pertanian untuk meng-impor bawang putih konsumsi dan menjualnya di pasar.

Dia  minta Kapolri harus mengungkap permufakatan jahat dan kartel terhadap tata niaga impor di Kementerian Perdagangan.
      
"Polri harus menjadi polisi pejuang untuk mengungkap ini demi kepentingan rakyat," imbuh Arteria, menegaskan.
     
Diindikasikan keuntungan importir bawang putih cukup besar,  triliunan rupiah, bila tahun 2018 ini ada 13 importir mendapatkan SPI sebanyak 126 ribu ton dan harga bawang putih impor di China hingga sampe ke gudang di Indonesia bermodalkan dibawah Rp. 10 ribu per kilogram lalu dijual di dalam negeri Rp 40 ribu, maka keuntungannya Rp 30 ribu/kg.

Dengan keuntungan Rp 30 ribu per kilo dan dikalikan 126 ribu ton, kartel bawang putih ini berpotensi meraup keuntungan sebesar Rp 4 triliun angka yang fantastis.(Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya