Senin, 18 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Politik / Berita

DUA EVEN BESAR
Senin, 07 Mei 2018 02:36 WIB

Masyarakat Diminta Menjaga Kondusifitas Jelang Asian Games dan Pertemuan IMF



Bisnisnews.id  -  Ketua DPR RI Bambang Soesatyo  mengatakan , tahun ini ada dua even besar di Indonesia,   yaitu  Asian Games 2018 pada bulan Agustus di Jakarta dan Palembang  serta  Pertemuan Tahunan IMF - Bank Dunia pada Oktober yang berlangsung di Denpasar Bali.

Bambang dalam pernyataan tertulisnya Minggu (6/5/2018) mengajak masyarakat menjaga kondusifitas. Salah satunya menjaga keamanan dan ketertiban umum.

"DPR mengajak masyarakat menjaga suasana kondusif agar Indonesia sukses menggelar kedua acara tersebut sehingga agar berjalan lancar maka suasana dalam negeri harus kondusif," kata Bambang

Dua even besar tersebut membutuhkan dukungan penuh masyarakat dan Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah yang baik sehingga diperlukan partisipasi semua elemen masyarakat khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum.

Bambang menjelaskan, dua even itu akan menghadirkan puluhan ribu tamu atau delegasi dari ratusan negara, misalnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, akan ada 40 cabang olahraga yang melibatkan lebih dari 15.000 atlet.

"Pertemuan tahunan Bank Dunia-IMF di Bali akan dihadiri delegasi dari 189 negara. Forum internasional itu memang dikhususkan bagi para petinggi IMF, Bank Dunia, para menteri keuangan dan para gubernur bank sentral namun total pesertanya diperkirakan lebih dari 15.000 orang karena para menteri keuangan dan gubernur bank sentral akan didampingi para staf," ujarnya.

Pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia itu menurut Bambang sangat strategis karena akan dihadiri para pemimpin lembaga keuangan, para bankir dan pimpinan perusahaan-perusahaan besar lainnya, termasuk para peninjau.

Dia meyakini kedua even itu menjadi momentum bagi semua elemen masyarakat untuk menunjukkan citra Indonesia yang bersahabat dan humanis sehingga semua elemen masyarakat di berbagai daerah hendaknya terdorong menciptakan suasana kondusif di dalam negeri.

"Ragam kegiatan atau aksi komunitas yang berpotensi menimbulkan gesekan atau bentrokan hendaknya dihindari. Terutama adalah aksi-aksi bernuansa politik yang dikaitkan dengan Pilpres 2019," katanya.

Bambang mendorong Polri dan TNI agar sejak dini mengantisipasi dan mewaspadai berbagai potensi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban umum.

Dia menilai Indonesia harus kondusif sepanjang periode waktu menuju bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri 2018, Pilkada serentak 2018, Asian Games 2018 hingga even pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali pada Oktober 2018. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Mexico Sukses Patahkan Rekor Jerman

Bisninews.id - Menyandang status sebagai sang juara bertahan Piala Dunia 2014. Tim Panser Jerman harus mengakui kekuatan Meksiko dalam laga perdana mereka di Grup F Piala Dunia 2018 Russia, Minggu (17/6/2018).   Timnas Jerman . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik di Penyeberangan Terjadi Pada 19 dan 20 Juni 2018

Bisnisnews.id - Arus balik pemudik lebaran 2018 melalui sejumlah titik penyeberangan terjadi Minggu H+2 dan puncaknya pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu, (20/6/2018). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Mudik Lebaran Mulai Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus balik lebaran mulai terjadi malam ini atau H+2 dan Senin H+3. Kepadatan lalulintas diperkirakan terjadi di sepanjang ruas Tol Cipali hingga Cikampek menuju Jakarta. Customer & Employee Relations Manager . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 17 Juni 2018
PENYEBERANGAN
KSOP Muara Angke Diperintahkan Perhatikan Kapasitas Angkut Kapal

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan, Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke memperhatikan kapal penumpag agar tidak melebihi kapasitas angkut (over). "Hari ini saya memastikan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 17 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik, Menhub Budi Berjongkok Saat Berdialog Dengan Penumpang

Bisnisnews.id - Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta Pusat sampai H+1 Lebaran 2018 masih dipadati para pemudik yang akan ke kampung halamannya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke stasiun itu langsung . . .
Selengkapnya