Jumat, 25 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

PENERBANGAN
Rabu, 16 Mei 2018 15:00 WIB

Waspada, Cyber Attack di Transportasi Udara


ilustrasi

Bisnisnews.id - Airport, airline, AirNav Indonesia dan badan hukum terkait diperintahkan segera membentuk unit cyber security untuk melaksanakan langkah-langkah mitigasi atau upaya pencegahan  mengurangi resiko bencana.

Terkait cyber ini, menurut Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus
Santoso,  tercantum dalam aturan keamanan penerbangan global dan diturunkan dalam aturan nasional. Yaitu ngacu pada annex 17 dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Aturan global tersebut kemudian diturunkan dalam beberapa pasal pada Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 80 tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional (PKPN).

Dalam aturan itu disebutkan bahwa  penyelenggara bandar udara, maskapai nasional dan asing, AirNav dan badan hukum yang mendapat pendelegasian harus membuat langkah-langkah untuk melindungi kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan sistem teknologi informasi dan komunikasi serta data yang bersifat rawan terkait penerbangan dari cyber  attack yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Langkah-langkah perlindungan tersebut, ungkap Agus  dibuat  paling  lambat 6 bulan  sejak peraturan ini berlaku pada 8 September 2017.

Mengutip pernyataan Dirjen Agus pada
acara Focus Group Discussion bertema Membangun Sinergitas Sektor Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional Guna Mewujudkan Ketahanan Siber Nasional yang telah diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara pada Senin (14/ 05/2018),  menjelaskan, penggunakan pendekatan aviation cyber security untuk menangkal cyber attack di Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan menggunakan internet (siber) pada saat ini sudah merupakan suatu keharusan.

Semua hal dalam  penerbangan seperti bisnis penerbangan, operasional, ground service, Communication- Navigation & Surveillance (CNS), infrastruktur bandara, manajemen lalu lintas udara (Air Traffic Management /ATM), hingga rantai pasokan ( supply chain) sekarang sudah menggunakan sistim cyber.

Penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi  ini dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas sehingga menghasilkan banyak manfaat seperti  peningkatan keamanan, peningkatan efisiensi  dan mengurangi biaya.

Dirjem Agus juga menyebutkan di teansportasi udara terdapat kerentanan? karena memiliki konektivitas yang besar dan peluang sistem untuk dieksploitasi yang disebut cyber attack.

Agus mencontohkan, cyber attack bisa terjadi di sistem reservasi tiket maskapai, sistem TIK bandara dan sebagainya yang sangat  merugikan bahkan bisa membahayakan. Untuk itulah diperlukan cyber security dalam penerbangan sehingga cyber attack bisa ditangkal sedini mungkin dan bisa diperbaiki dengan cepat.

Pendekatan ini untuk memahami ancaman siber dan kerentanan di sektor penerbangan serta mengurangi risiko dan mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi aset-aset utama dan  menanggapi insiden siber dengan efektif.

"Kami juga mempromosikan perubahan budaya, meningkatkan kesadaran dan meningkatkan kemampuan di bidang siber. Selain itu kami juga bekerjasama dengan instansi lain terkait siber ini,” ujarnya.

Ditambahkan,  jika terjadi cyber attack harus dilaporkan ke Ditjen Perhububgan Udata dan membuat prosedur penanganannya. Langkah-langkah perlindungan dan mitigasi terhadap sistim dan data TIK serta prosedur penanganan cyber attack harus  dimuat dalam program keamanan. (Syam S)



 

 

Arena  -  Kamis, 24 Mei 2018
PEMUDA
Kirab Pemuda 2018 Siap Bergulir 5 Septermber Mendatang

Bisnisnews.id – Untuk mematangkan persiapan Kirab Pemuda 2018, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kirab Pemuda 2018 bersama perwakilan 34 provinsi, dan 100 perwakilan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 24 Mei 2018
ATLET
Menpora Berjanji Tambahkan Anggaran Peralatan Layar

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyetujui penambahan anggaran perlatan untuk Pengurus Besar Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PB Porlasi) jelang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.   "Kami . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 24 Mei 2018
TRANSPORTASI
Naik Transjakarta Gratis Selama Asian Games 2018

Bisnisnews.id – Panitia pelaksana Asian Games (INASGOC) berserta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggelar rapat progres persiapan pesta olahraga bangsa Asia yang akan bergulir 86 hari lagi.   Rapat yang dipimpin . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 24 Mei 2018
INVESTIGASI
Rusia Bertanggung Jawab Di Balik Serangan MH17

Bisnisnews.id - Peneliti internasional telah menyimpulkan bahwa rudal yang menyerang Malaysia Airlines MH17 empat tahun lalu berasal dari unit militer yang berbasis di Rusia. Misil ditembakkan oleh angkatan bersenjata Rusia yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 24 Mei 2018
DIPLOMASI
Trump Tarik Diri Dari KTT Korut

Bisnisnews.id - Presiden AS Donald Trump telah membatalkan pertemuan KTT dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, mengatakan dunia telah "kehilangan peluang besar untuk perdamaian abadi". Dia mengatakan keputusannya adalah karena . . .
Selengkapnya