PT Pelni Akan Memasang Mesin Transaksi EDC di 52 Loket Kantor Cabang
Senin, 07 Mei 2018, 14:23 WIBBisnisnews.id - PT.Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan memasang mesin Electronic Data Capture (EDC) di loket kantor pusat dan 52 loket kantor cabang yang tersebar di Belawan hingga Jayapura.
Direktur Utama PT Pelni, Insan Purwarisya L Tobing mengatakan, dengan perangkat EDC, masyarakat pengguna jasa angkutan kapal Pelni tidak perlu dibikin repot membawa banyak uang ke loket.
Pemasangan EDC itu dilakukan secara bertahap. Pada Triwulan III/2018, akan terpasang di dua loket. Yaitu loket Kantor Pusat dan loket Kantor Cabang Utama Tanjung Priok.
Selanjutnya pada Triwulan IV/2018, akan dilakukan pemasangan di dua loket Kantor Cabang Utama lainnya. Yaitu, Surabaya dan Makassar. Ditargetkan pemasagan EDC ini selesai pada awal tahun 2019.
"Sudah saatnya layanan pembayaran cashless atau non tunai diimplementasikan dalam transaksi pemesanan dan pembelian tiket kapal Pelni. Dengan menggunakan mesin EDC yag disediakan oleh Bank HIMBARA, pelanggan Pelni tidak perlu membawa uang tunai ke loket," kata Insan, usai menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Layanan Pembayaran Non Tunai dengan perangkat EDC Bank HIMBARA di seluruh loket Pelni, dengan Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar serta Direktur Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar, Senin (7/5/2018) di Jakarta.
EDC berfungsi untuk menerima pembayaran dari pelanggan ke toko atau loket pembayaran menggunakan kartu, baik itu kartu kredit maupun kartu debit. Perangkat lunak jenis ini sudah menjamur dan marak digunakan kalangan pelaku usaha di berbagai sektor, bahkan di sektor usaha kecil pun telah memanfaatkannya.
"Diharapkan pada tanggal 01 Januari 2019 pembelian tiket para pelanggan Pelni dengan menggunakan mesin EDC Bank HIMBARA ini telah berjalan sepenuhnya di 53 loket Pelni," jelasnya.
Direktur Keuangan PT Pelni Tri Andayani menambahkan, manfaat penggunaan mesin EDC dalam melakukan pembayaran bagi pelanggan antara lain, efisiensi waktu dan kemudahan dalam bertransaksi. Karena pelanggan tidak perlu menyiapkan uang tunai, dan meminimalisir risiko menjadi korban kejahatan.
Pada kesempatan yang sama juga diluncurkan aplikasi layanan Pelni Mobile berbasis andoid dan iOS. Aplikasi ini diharapkan lebih mempermudah pengguna jasa dalam melakukan reservasi tiket melalui smartphone. (Syam S)