Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Budaya / Berita

KESENIAN
Kamis, 07 September 2017 00:09 WIB

Indonesia Segera Memiliki Gedung Bank Musik


Gedung Bank Musik yang menyerupai gitar ini akan dibangun di Taman Mini Indonesia Indah

Bisnisnews.id - Indonesia akan segera memiliki Bank Musik. Gedung Bank Musik yang menyerupai gitar ini akan dibangun di Taman Mini Indonesia Indah, menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementrain Pemuda Dan Olahraga sebesar Rp 28 miliar.

"Bank musik dimaksudkan sebagai pusat kegiatan dalam upaya membangkitkan potensi dan peran aktif pemuda menuju kebudayaan kreatif, mandiri dan berdaya saing di bidang musik nasional maupun internasional," kata Menpora Imam Nahrawi.

Pembangunan Bank Musik itu sebagai pengimplementasian dari Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga No. 12 Tahun 2017 Tentang Bank Musik. Disebutkan, Bank Musik merupakan lembaga atau wadah berupa ruang publik  sebagai tempat berinteraksi dan belajar bagi para pemuda kreatif, produktif dan kreator musik dalam menghasilkan karya seni musik Nusantara dan global.

Mulai dari penciptaan nada atau suara hingga terbentuk keharmonisan irama yang dilengkapi dengan alat-alat musik dan seluruh perangkat pendukung seperti, pakaian, lighting, software, elektronik, dll.

Dimana nantinya hasil karya tersebut dapat ditampilkan di panggung terbuka, disimpan, didokumentasikan serta dapat ditransaksikan sesuai dengan sistem marketing profesional. Sehingga nantinya akan lahir para pemusik-pemusik yang tidak hanya handal dan profesional, namun juga kreatif dan kompetitif pada bidang musik.

Adapun ruang-ruang yang disediakan pada bank musik berupa, panggung terbuka untuk pemuda dengan akses mudah, dapat menyelenggarakan pertunjukan musik, perpustakaan musik, tempat koleksi alat musik mulai dari jenis musik hingga sejarah atau memori musisi ternama, tempat komunikasi dan publikasi musik, tempat transaksi terkait musik, tempat rekaman untuk pemuda pemula pelaku musik, tempat pelatihan berbagai aktifitas terkait musik, tempat diadakan coaching klinik alat musik, tempat festival atau konser musik, tempat pameran dalam bidang musik dan yang terakhir sebagai tempat wisata musik.

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Eny Budi Sri Haryani mengatakan, dalam menyikapi fenomena yang terjadi saat ini bahwa dimana banyak sekali anak muda yang lebih mengenal lagu dan musik dari negara lain dibandingkan mengenal lagu daerah dan alat musik tradisional. Oleh karena itu, tujuan dari Bank Musik sendiri adalah sebagai pendorong dalam peningkatan kreatif pemuda dibidang musik, pelestarian dibidang musik dan berpotensi sebagai sarana menciptakan sumber ekonomi baru.

"Sudah seharusnya kita bersama-sama mengutamakan pemuda. Karena pembangunan pemuda itu  adalah tanggungjawab seluruh stakeholder. Oleh Karenanya pengembangan kreativitas generasi muda nantinya dapat menjadi modal utama untuk melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia," ujar Eny Budi Sri Haryani. (Rayza Nirwan)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya