Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Budaya / Berita

KESENIAN
Kamis, 07 September 2017 00:09 WIB

Indonesia Segera Memiliki Gedung Bank Musik


Gedung Bank Musik yang menyerupai gitar ini akan dibangun di Taman Mini Indonesia Indah

Bisnisnews.id - Indonesia akan segera memiliki Bank Musik. Gedung Bank Musik yang menyerupai gitar ini akan dibangun di Taman Mini Indonesia Indah, menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementrain Pemuda Dan Olahraga sebesar Rp 28 miliar.

"Bank musik dimaksudkan sebagai pusat kegiatan dalam upaya membangkitkan potensi dan peran aktif pemuda menuju kebudayaan kreatif, mandiri dan berdaya saing di bidang musik nasional maupun internasional," kata Menpora Imam Nahrawi.

Pembangunan Bank Musik itu sebagai pengimplementasian dari Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga No. 12 Tahun 2017 Tentang Bank Musik. Disebutkan, Bank Musik merupakan lembaga atau wadah berupa ruang publik  sebagai tempat berinteraksi dan belajar bagi para pemuda kreatif, produktif dan kreator musik dalam menghasilkan karya seni musik Nusantara dan global.

Mulai dari penciptaan nada atau suara hingga terbentuk keharmonisan irama yang dilengkapi dengan alat-alat musik dan seluruh perangkat pendukung seperti, pakaian, lighting, software, elektronik, dll.

Dimana nantinya hasil karya tersebut dapat ditampilkan di panggung terbuka, disimpan, didokumentasikan serta dapat ditransaksikan sesuai dengan sistem marketing profesional. Sehingga nantinya akan lahir para pemusik-pemusik yang tidak hanya handal dan profesional, namun juga kreatif dan kompetitif pada bidang musik.

Adapun ruang-ruang yang disediakan pada bank musik berupa, panggung terbuka untuk pemuda dengan akses mudah, dapat menyelenggarakan pertunjukan musik, perpustakaan musik, tempat koleksi alat musik mulai dari jenis musik hingga sejarah atau memori musisi ternama, tempat komunikasi dan publikasi musik, tempat transaksi terkait musik, tempat rekaman untuk pemuda pemula pelaku musik, tempat pelatihan berbagai aktifitas terkait musik, tempat diadakan coaching klinik alat musik, tempat festival atau konser musik, tempat pameran dalam bidang musik dan yang terakhir sebagai tempat wisata musik.

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Eny Budi Sri Haryani mengatakan, dalam menyikapi fenomena yang terjadi saat ini bahwa dimana banyak sekali anak muda yang lebih mengenal lagu dan musik dari negara lain dibandingkan mengenal lagu daerah dan alat musik tradisional. Oleh karena itu, tujuan dari Bank Musik sendiri adalah sebagai pendorong dalam peningkatan kreatif pemuda dibidang musik, pelestarian dibidang musik dan berpotensi sebagai sarana menciptakan sumber ekonomi baru.

"Sudah seharusnya kita bersama-sama mengutamakan pemuda. Karena pembangunan pemuda itu  adalah tanggungjawab seluruh stakeholder. Oleh Karenanya pengembangan kreativitas generasi muda nantinya dapat menjadi modal utama untuk melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia," ujar Eny Budi Sri Haryani. (Rayza Nirwan)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI
Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia

Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai . . .
Selengkapnya