Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

Rabu, 21 Maret 2018 21:14 WIB

Upaya Kemenpora Selamatkan Generasi Muda



 
Bisnisnews.id – Kemenpora resmi membuka peluang kerjasama dengan Yayasan Plan International Indonesia dalam upaya berjejaring, bersinergi, berikhtiar dan melakukan kebaikan mengenai masalah anak dan kepemudaan di Indonesia.
 
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, saat menghadiri peresmian Yayasan Plan International Indonesia, di Goethe Institute, Jakarta, Rabu (21/3/2018).
 
Yayasan Plan International Indonesia merupakan lembaga pemenuhan hak anak dan kesetaraan untuk anak perempuan yang telah berkarya di Indonesia selama 48 tahun lalu. Beberapa isu menurut Asrorun yang dapat disinergikan yakni tentang literasi pemanfaatan media sosial agar dapat disesuaikan dengan pengembangan anak dan pengembangan kepemudaan serta mencegah kasus kekerasan anak dan pemuda pada wilayah cyber. 
 
"Langkah pengembangan kepemudaan didahului oleh kondisi optimal penyelenggaraan perlindungan anak baik pada level pemenuhan hak dasar seperti hak partisipasi, bermain, kesehatan, beragama dan tercegah dari kasus kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi sebagai modal pengembangan kepemudaannya," ujar Asrorun.
 
Ada transisi irisan usia antara UU Perlindungan Anak dengan UU Kepemudaan pada rentang dua tahunan yakni 16 hingga 18 tahun. 
 
"Transisi usia inilah harus dioptimalkan untuk memperkuat dan memperkokoh kerjasama dengan elemen masyarakat seperti kampanye bersama, pemberian asistensi, koordinasi lintas sektoral, review program tentang perlindungan anak dan pengembangan kepemudaan seperti Day Care di Kemenpora," tambah Asrorun yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (2014-2017).
 
Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia Dini Widiastuti berharap dengan berbentuk yayasan pihaknya mampu menjangkau lebih banyak anak, khususnya anak perempuan di Indonesia. 
 
"Peluncuran Yayasan Plan International Indonesia diharapkan mampu menjangkau lebih banyak dan lebih luas anak perempuan Indonesia bersama pihak terkait mengatasi masalah kekerasan anak perempuan sehingga hak anak dapat terpenuhi secara maksimal," kata Dini.
 
Sementara, Chairman International Board, Plan International Inc., Joshua Liswood asal Kanada yang turut hadir merasa senang dan mendukung proses transisi Plan International menjadi Yayasan Plan International Indonesia agar lebih banyak anak Indonesia bisa terakses di wilayah yang lebih luas. 
 
"Ada empat pilar program Yayasan Plan International Indonesia yakni Lead, Learn, Decide dan Thrive," tutup Joshua. (Rayza)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 23 April 2018
PILPRES
Jokowi: Jangan Recoki Degan Urusan Elektabilitas

Bisnisnews.id - Presiden Joko Widodo menngatakan, dirinya masih sangat fokus memimpin pemerintahan dan meneyelesaikan pekerjaan yang belum selesai dan jangan direcoki oleh beragam elektabilitas. "Saya masih fokus konsentrasi pada . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
7.000 Personil Polri Diterjunkan Amankan Demo Ojek Daring di DPR/MPR

Bisnisnews.id - Polda Metro Jaya menurunkan 7.000 personil untuk mengamankan aksi unjuk rasa pengemudi ojek daring (online) di depan Gedung DPR/MPR RI Senin (23/4/2018). Kelompok massa bernama Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia . . .
Selengkapnya