Kamis, 19 Oktober 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

KECELAKAAN KAPAL
Kamis, 29 Desember 2016 23:32 WIB

Dua Kapal Patroli  Milik KPLP Evakuasi Penumang KM Karamando



Bisnisnews.id-Dua kapal patroli milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, yaitu KNP 5001 UPP Jailolo dan KPLP KNP.358 KSOP Kelas II Ternate berhasil mengevakuasi korban kapal penumpang KM Karamando 104 GT yang tenggelam setelah bertolak dari pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Jailolo Kamis (29/12/2016) sekitar pukul 11.30 WIT.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Antpnius Tonny Budiono menyebutkan, sesuai data manifest, kapal kayu yang naas tersebut membawa 60 penumpang, lima awak dengan kapasitas 120 orang. Hasil pemeriksaan, kapal dipastikan laik laut, kecelakaan itu sendiri lebih disebabkan faktor cuaca yang buruk.

" Kapal dipastikan laik laut dan saat bertolak sedang hujan sedang," kata Tonny.

KM.Karamando yang dinakhodai, La Musa, bertolak dari Ternate pada Kamis pagi (29/12) pukul 08.30 WIT tujuan Jailolo dengan waktu tempuh, sekitar dua jam. Namun saat kapal berlayar sekitar 4 mil dari dermaga pelabuhan Jailolo, tiba-tiba kapal mengalami gangguan mesin.

Dalam kondisi mesin mati, kapal kayu itu terapung-apunh di tengah hempasan gelombang setingga dua hingga empat meter, ditambah guyuran hujan dan hantaman petir, sehingga penumpang menjadi sangat panik. Ada sebagian penumpang yang nekat lompat ke laut tanpa menggunakan life jacket.

Sekitar pukul 12.00 WIT, kapal patroli KPLP KNP. 5001 dan kapal patroli KPLP KNP.358 bersama kapal Basarnas Ternate, kapal nelayan rakyat setempat dan kapal speed boat dari jailolo tiba lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban. 

" Pukul 14.00 WIT, pada saat KM. Karamando terbawa arus, air laut masuk ke kapal dan akhirnya tenggelam. 62 orang selamat dan dievakuasi ke pelabuhan Jailolo sedangkan tiga orang meninggal, satu diantaranya anak-anak," kata Tonny.

Terkait kondisi cuaca yang kadang kurang bersahabat itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, sebelumnya telah mengeluarkan Maklumat Pelayaran No: 196/XII/ DN-16 tanggal 27 Desember 2016 tentang Waspada Cuaca Ekstrem Selama Sepekan Mendatang.

" Saya selalu ingatkan kepada Nakhoda dan juga pemilik kapal untuk selalu memperhatikan laporan prakiraan cuaca dan Maklumat Pelayaran, utamakan keselamatan pelayaran tanpa kompromi apapun agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali,"jelas Tonny. (Syam Sk)


Baca Juga

 

Internasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
REFERENDUM CATALONIA
Spanyol Akan Tangguhkan Otonomi Catalonia

Bisnisnews.id - Spanyol akan mulai menangguhkan otonomi Catalonia mulai hari Sabtu, karena pemimpin wilayah tersebut mengancam untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Pemerintah mengatakan akan mengaktifkan Pasal 155 undang-undang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
SIMULASI
Gangguan Teroris di Kereta,  Berikut Penanganannya ....

Bisnisnews.id-Tangkal teoris di kereta api hari ini, Kamis (19/10/2017) disimulasikan, dengan melibatkan unsur Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tujuannya, bila terjadi  gangguan, petugas sudah siap, terutama pengamanan . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 19 Oktober 2017
Ini kata Jaya Suprana Soal Istilah "PRIBUMI" 

Bisnisnews.id-Soal istilah "pribumi" yang diucapkan satu kali dalam pidato Gubernur DKI Anies R Baswedan menurut seniman dan budayawan, pendiri Pusat Studi Kelirumologi dan Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan Jaya Suprana dalam Opininya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 19 Oktober 2017
KESELAMATAN PENERBANGAN
Insiden AirAsia Indonesia  Dikhawatirkan Memperburuk  Hasil Audit ICAO 

Bisnisnews.id-Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso khawatir, insiden yang dialami pesawat AirAsia Indonesia QZ-535 dalam penerbangan dari Australia ke Bali akan mempengaruhi penilaian tim audit . . .
Selengkapnya

 

Gaya Hidup  -  Kamis, 19 Oktober 2017
RATU DUNIA
Menuju  Miss World 2017

Bisnisnews.id-Miss Indonesia 2017, Achintya Nilsen siap-siap masuk karantia bersama 120 peserta dari negara lain selama empat pekan sebelum menjalani penilaian di malam puncak, Grand Final Miss World 2017 di Sanya Tiongkok, 18 . . .
Selengkapnya